AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Dongkrak Penjualan Mobil Nasional

Foto : Akbar Keimas

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Dongkrak Penjualan Mobil Nasional

Pertumbuhan hingga akhir tahun diprediksi melampaui target 1.050.000 unit. Ini karena Daihatsu Sigra dan Toyota Calya dongkrak penjualan mobil Nasional

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di pasar domestik pada kuartal ketiga tahun ini hanya tumbuh 2,4 persen menjadi 783 ribu unit. Meski demikian, pertumbuhan hingga akhir tahun diprediksi melampaui target 1.050.000 unit. Ini karena Daihatsu Sigra dan Toyota Calya dongkrak penjualan mobil Nasional.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengakui, pasar otomotif nasional masih tumbuh terbatas. Hingga akhir September, pertumbuhan pasar otomotif nasional hanya 2,4 persen.

“Kalau melihat banyaknya model baru, kami masih yakin bisa tumbuh 5 persen hingga akhir tahun,” ujar Amelia saat dihubungi Auto Bild.

Duet LCGC

Salah satu faktor pendorong pertumbuhan pasar mobil hingga kuartal ketiga adalah meluncurnya duet low cost green car (LCGC), Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Dua mobil yang menjadi buah bibir sejak pertengahan 2016 itu disinyalir mampu mencegah terpuruknya pasar otomotif domestik.

“Seandainya tanpa LCGC, mungkin penjualan otomotif nasional masih negatif hingga sekarang,” terang Amel.

Senada dengan Amelia, Marketing and Customer Relation Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, Daihatsu Sigra yang baru meluncur pada Agustus lalu langsung menjadi kendaraan terlaris Daihatsu.

“Pada Juli, pesanan baru 2.000 unit. Tapi, Agustus dan September sudah 5.700 unit per bulan. Jauh di atas Xenia, Gran Max, dan lainnya,“ tuturnya.

13.469 Unit Dalam 2 Bulan

Karena Sigra baru mengaspal pada Agustus, penjualan Daihatsu sepanjang Januari hingga September masih ditopang Xenia, Gran Max, dan Ayla. Xenia masih memimpin penjualan Daihatsu dengan total 35.172 unit, lalu Ayla 32.809 unit, Gran Max Pickup 31.112 unit, dan Terios 10.817 unit. Sisanya disumbang Gran Max Mini Bus 10.457 unit, Sigra 9.277 unit, Luxio 3.292 unit, dan Sirion 2.320 unit.

“Dalam dua bulan, penjualan Sigra telah mencapai 13.469 unit,” ungkap Hendra.

Hingga kuartal ketiga tahun ini, permintaan pasar ritel Daihatsu telah melampaui pasokan. Pada periode Januari hingga September 2016, wholesales Daihatsu mencapai 133.556 unit. Retail sales mencapai 135.257 unit. Pangsa pasar Daihatsu pada sembilan bulan tahun ini sebesar 17,4 persen.

“Target market kami sebenarnya 15 persen, tapi malah tercapai 17,4 persen,” tutup Hendra.

 

Komentar