AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mitsubishi Umumkan Rencana Perubahan Struktur Bisnis di Indonesia

Mitsubishi Umumkan Rencana Perubahan Struktur Bisnis di Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dariMitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) umumkan rencana untuk perubahan struktur bisnis di Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari
Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada 13 Oktober 2016 umumkan rencana untuk perubahan struktur bisnis di Indonesia. Pengumuman ini disampaikan oleh Presiden Direktur KTB, Hisashi Ishimaki. Rencana perubahan struktur bisnis didorong oleh pemintaan untuk memperluas Bisnis Kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

KTB, didirikan di Indonesia pada tahun 1970. Sejak itu, kegiatan bisnisnya di jalankan terutama oleh
PT. Krama Yudha (KY) dengan mitranya Mitsubishi Corporation (MC). KTB secara cepat berkembang dan telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk Commercial Vehicle (CV) / kendaraan niaga sejak tahun berdirinya. Juga dalam merespon pemintaan pasar, KTB telah melakukan berbagai upaya dalam bisnis Passenger Car (PC) / mobil penumpang.

Di Bawah 2 Merek

Pada saat pasar otomotif Indonesia berkembang dengan pesat dan diprediksi akan terus meningkat, KTB
bersama dengan para pemegang saham telah mempelajari bermacam kebijakan untuk mengoptimalkan
bisnis, agar dapat memperluas bisnis kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini,
menunjukkan bahwa hasil bisnis yang optimal akan dapat dicapai melalui pembagian operasional bisnis
dibawah 2 merk menjadi;
· Merk MFTBC untuk bisnis CV.
· Merk MMC untuk bisnis PC dan Light Commercial Vehicle (LCV).

Secara rinci, saat ini KTB adalah perusahaan manufaktur dan distributor untuk merk MFTBC dan MMC,
rencananya bisnis yang terkait dengan MMC (PC dan LCV) akan dialihkan dari KTB saat ini, ke entitas lain
sebagai berikut:
· Mengalihkan Bisnis Manufaktur MMC ke PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)
· Mengalihkan Bisnis Distribusi MMC ke Perusahaan baru yang sedang dipersiapkan.
· Melakukan re-organisasi bisnis KTB saat ini, menjadi perusahaan yang hanya bergerak di bisnis MFTBC,
memiliki 2 fungsi, sebagai manufaktur dan distributor.

Mitsubishi berharap dapat memulai operasi dengan entitas bisnis baru yang akan dimulai pada April 2017, dengan struktur kepemilikan sebagai berikut:
· Perusahaan baru sebagai distributor MMC : MC 40%, KY 30% dan MMC 30%.
· Untuk KTB saat ini, sebagai manufaktur dan distributor dari MFTBC : KY 40%, MC 30% dan MFTBC 30%.

Pemisahan dari 2 merk Mitsubishi ini merupakan bentuk kegiatan bisnis yang bertujuan agar fokus
pada setiap segmen pasar masing-masing dan untuk merespons dan berkontribusi pada setiap pemintaan
dari masing – masing segmen pasar, dengan cepat dan flexible. Melalui perubahan struktur organisasi ini,
Mitsubishi bertujuan untuk terus berkembang dan memperluas produk dan layanan dengan kualitas yang
lebih baik, yang tentunya hal ini diperuntukkan bagi konsumen setia kendaraan Mitsubishi dan juga
masyarakat Indonesia.

Tags mitsubishi

Komentar