AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Geneva International Motor Show

Foto : Bebin Djuana

Range Rover Velar Tampil Gagah di Geneva Motor Show



Range Rover Velar menjadi perbincangan hangat di Geneva Motor Show 2017. Ia seakan menjawab tantangan dari BMW X6 dan juga Porsche Macan Turbo. Tampilan yang sporti membuatnya semakin menggugah. Auto Bild pun langsung melihat langsung Range Rover Velar di Geneva Motor Show.

Ia hadir sebagai mobil keempat dalam line up Range Rover, dan menjembatani antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Range Rover Velar lebih pendek 5 cm dengan bentangan 4.803 mm dari Range Rover Sport tapi lebih tinggi 5 mm dari Evoque. Desain kupe membuatnya diklaim siap untuk bersaing dengan BMW X6, ditambah porsinya sebagai SUV ia tampak lebih gagah.

Namun dalam hal performa, Velar bakal menjadi penantang bagi Porsche Macan Turbo atau Jaguar F-Pace. Bagaimana tidak dalam debut pertamanya, Velar menawarkan beberapa varian mesin. Bahkan untuk kelas entry levelnya saja, ia dihadiahi mesin diesel empat silinder bertenaga 178 dk dengan torsi puncak hingga 430 Nm.

Diklaim mesin tersebut dapat membantunya bergerak dari keadaan diam hingga menyentuh kecepatan 100 km/jam ditempuh dalam tempo 8,4 detik, dengan emisi 142 g/km. Adapun mesin yang lebih kuat, dengan ingenium motor yang serupa namun memiliki tenaga sebesar 237 dk dan torsi 500 Nm serta emisi 154 g/km.

Tapi itu bukan yang terbaik, sebab varian yang lebih kuat ada pada unit diesel V6 yang mampu menghasilkan 296 dan torsi sebesar 700 Nm dengan emisi 167 g/km. Untuk sekelas SUV, ia punya kinerja yang mempesona dalam tempo 6,1 detik saja ia mampu melahap kecepatan dari 0-100 km/jam.

Sebagai opsi, mesin bensin juga ditawarkan oleh Range Rover Velar dengan teknologi ingenium empat silinder dapat memproduksi tenaga sebsar 247 dk dan torsi 365 Nm. Untuk kelas menengahnya, ada mesin bensin bertenaga 296 dk dan torsi 400 Nm. Unit terkuatnya ada pada unit besutan JLR (Jaguar Land Rover) dengan mesin bensin 3.000 cc V6 Supercharger yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 375 dk dan torsi 450 Nm.

Masuk ke kabin, ia menampilkan Bahasa desain baru Land Rover dengan beberapa teknologi baru. Kemewahannya, hadir lewat layar TFT 12,3 inci pada kokpit maya dengan set up triple screen. Untuk panel pusat, dilengkapi fitur hiuran seperti, musik, telepon, serta data navigasi. Menariknya, Land Rover telah mengganti tombol manual fitur dengan fungsi layar sentuh, seperti kursi penghangat, suspensi dan juga transmisi.

Perlengkapan pun dibuat lebih bervariasi, bahkan untuk pilihan ia menawarkan opsi pelek dari 18-22 inci sesuai dengan variannya. Urusan harga, Range Rover Velar bakal diniagakan diantara harga Range Rover Evoque dan Range Rover Sport dengan banderol harga sekitar Rp 729,3 jutaan.

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 9 Januari 2017

Pagani Huayra Roadster Siap Debut di Geneva Motor Show 2017

Pagani telah mengkonfirmasi bahwa versi atap terbuka dari supercar Pagani Huayra akan muncul pada bulan Maret di Geneva Motor Show 2017. Ia adalah Pagani Huayra Roadster yang bakal berada di jalan-jalan di Inggris

mobil-baru

Sabtu, 4 Februari 2017

BMW i8 Frozen Editions