AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Foto : Anton Hari Wirawan

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer  terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet. Di brosur itu, terlihat Agya dengan desain bumper baru yang sepintas mirip Toyota Calya. Di brosur itu, tertulis bahwa akan ada Agya dengan tipe VRZ sebagai flagship.

Saat kami konfirmasi, baik Toyota maupun Daihatsu belum ada yang bisa membenarkan gosip ini. Lalu, jika benar menggunakan mesin 1.200 cc, mesin apakah yang akan dipakai Agya-Ayla 1.200 nanti? Jika benar akan meluncur, kami memprediksi Agya-Ayla terbaru akan menggunakan mesin Sigra-Calya. Mengapa?

Dual VVT-i

Alasan pertama, mesin Sigra-Calya sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i. Memang ada pilihan mesin 1.200 cc lain, yaitu kepunyaan Toyota Etios Valco. Namun sayangnya, mesin Etios belum menggunakan teknologi katup variabel. Alasan selanjutnya adalah, mesin 2 NR-FE kepunyaan Calya-Sigra sudah dirakit lokal di Indonesia. Mesin ini sudah dirakit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang Plant 3.

Jika nanti benar menggunakan mesin 1.200 cc. Agya-Ayla kami prediksi akan punya performa akselerasi dan konsumsi BBM yang lebih baik dari Calya-Sigra. Mengapa? Karena power to weight ratio yang diberikan Agya-Alya yang lebih baik. Jika menilik spesifikasi, Daihatsu Ayla X AT punya bobot kosong 780 kg, sedangkan Daihatsu Sigra R Deluxe AT punya bobot 990 kg. Selisih bobot 210 kg lebih ringan dengan mesin sama, Daihatsu Ayla pasti lebih bisa berbicara banyak soal performa.

 

Komentar