AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Suzuki Ertiga Diesel

Awas, Suzuki Ertiga Diesel Tak Bisa Pakai Solar Biasa!



Awas, Suzuki Ertiga Diesel tak bisa pakai solar biasa! Awal tahun depan, PT Suzuki Indomobil sales berencana akan memasarkan Suzuki Ertiga bermesin diesel. Mesin berkode D13A berkapasitas 1.248 cc ini sudah menggunakan teknologi common rail direct injection (CRDi). Artinya, teknologi ini membutuhkan bahan bakar kualitas baik untuk menjaga kinerja mesinnya, performa serta penggunaan efisiensi bahan bakarnya.

Seperti diketahui, di Indonesia kini ada tiga jenis bahan bakar diesel alias solar yang dipasarkan. Namun untuk versi terendah yakni Bio Solar yang punya Cetane Number di angka 48 kurang bersahabat dengan teknologi mesin tersebut.

Untungnya, kini Pertamina telah memasarkan bahan bakar solar yang lebih berkualitas dibanding Biosolar. Dexlite punya Cetane Number 53 serta tingkat sulfur minimal di angka 1.200 part per milion (ppm). Tentu saja lebih bersahabat ketika digunakan pada mesin diesel modern.  

Dengan kondisi di atas, Anda tentu perlu menyiapkan dana lebih untuk pembelian bahan bakar dibanding menggunakan Biosolar. Per Desember 2016, harga Dexlite yakni Rp 6.750 setiap liternya. Namun harga tersebut tentu akan terbayar dengan berlimpahnya torsi serta efisiensi bahan bakar yang dimiliki Suzuki Ertiga Diesel.
 

Komentar