AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Bukti Ketangguhan Toyota Fortuner

Foto : Webtorial

Bukti Ketangguhan Toyota Fortuner

Dengan sengaja kami membuktikan sendiri keandalan dari Toyota Fortuner. Semua itu kami lakukan untuk melaraskan dengan opini responden yang merasa puas saat memilikinya

Sejak hadir pertama kali di 2008, Toyota Fortuner memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen mobil di Indonesia. Dengan mengandalkan mesin bensin, Fortuner menawarkan kemampuan jelajah yang memadai dan kapasitas hingga 7 penumpang, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Toyota menghadirkan pilihan bagi pecinta SUV dengan menyediakan varian mesin diesel pada Fortuner. Jelas efisiensi penggunaan bahan bakar dan torsi yang besar menjadi nilai jual yang ditawarkan.

Hingga kini Fortuner telah mengalami berbagai ubahan di segala sektor. Mulai dari desain eksterior, interior, mesin dan fitur yang disematkan merujuk sebuah penyempurnaan.

Di mulai dari desain eksterior. Desain bodi yang dinamis tanpa meninggalkan karakternya yang kuat adalah cerminan Fortuner saat ini. Hal menarik yang dimiliki adalah desain lampu belakang yang meliuk ke atas dan mampu mengurangi kesan bentuk besarnya.

Lain hal pada bagian kabinnya, kabin Fortuner kini terlihat lebih elegan dibanding pendahulunya. Masuk kedalam kabin terlihat aplikasi desain dasbor baru, material kulit, hingga perpaduan warna brown dan black adalah representasi kemewahan All New Fortuner.

Bicara soal fitur juga banyak hal terbaru yang diberikan. Kini Fortuner menyediakan smart key, start stop button, paddle shift, pengaturan kursi elektris, power back door dan dua pilihan mode berkendara.

Konsumennya juga dimanjakan dengan ketersediaan fitur keselamatan yang semakin lengkap. Sebut saja Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), EBS, A-TRC, 7 Airbag, Isofix, ABS dan EBD (semua tersedia pada tipe VRZ 4x4) membuatnya semakin lengkap.

Fortuner terbaru saat ini lebih terasa sisi fun to drive. Salah satunya melalui mesin diesel barunya berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc mampu melontarkan tenaga sebesar 150 dk dan torsi 400 Nm, membuatnya lebih asyik dikendarai. Sedangkan Fortuner bensin tetap memakai mesin 2TR-FE 2.649 cc 4 silinder, tapi sudah Dual VVT-i.

Tentunya performa yang dimiliki akan lebih sempurna dengan tersedianya transmisi otomatis baru 6 speed. Logikanya rasio gigi transmisi yang lebih banyak, dapat menghasilkan fleksibilitas lebih baik di segala rentang kecepatan. Hal ini menjadikan Fortuner memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Ternyata pihak Toyota juga melakukan improvement untuk meningkatkan pengendalian dan stabilitas berkendara. Pertama adalah rangka. Rangka Fortuner terbaru dibuat lebih tebal 20 mm sebelumnya. Selain lebih kuat, gerak mobil juga akan lebih stabil saat melakukan manuver.

Selain itu set suspensi juga mengalami peningkatan agar mampu meredam guncangan lebih baik, tetapi tetap kokoh saat bergerak. Penggunaan stabilizer di belakang untuk turut meningkatkan stabilitasnya.

Kenyamanan pun semakin meningkat. Ini tak lepas dari aplikasi sistem peredaman baru yang menjadikan All New Fortuner lebih kedap dibanding pendahulunya. Busa (foam) peredaman kini lebih masif dengan tujuan menutup lebih banyak rongga di kabin. Karet pintu pun juga lebih rapat demi lebih baik menangkal suara.

Dengan segudang kelebihannya, wajar jika saat diselenggarakannya Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016, para responden merasa puas dengan durability yang dimiliki Fortuner dari pertama kali meluncur hingga sekarang. Karena Fortuner mampu membuktikan keandalannya sebagai transporter multifungsi.

Komentar