AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Capture Best Moment Proses Manufaktur di Pabrik Toyota

Foto : Webtorial

Capture Best Moment Proses Manufaktur di Pabrik Toyota

Selasa, 31 Mei 2016, Auto Bild Technical Forum (ABTF) bersama Toyota kembali digelar untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan dunia otomotif di Indonesia

Selasa, 31 Mei 2016, Auto Bild Technical Forum (ABTF) bersama Toyota kembali digelar untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Berbeda dengan ABTF sebelumnya, peserta ABTF pada tahun ini bukanlah komunitas otomotif namun para mahasiswa dan mahasiswi yang tersebar di seluruh universitas yang berada di wilayah Jabodetabek.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan lebih jauh mengenai industri otomotif khususnya bagaimana proses produksi kendaraan di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia kepada anak muda “ ujar Nandi Julyanto, Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Mengambil tempat di PT TMMIN Karawang Plant 1 yang merupakan lokasi pembuatan mobil Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova, sejumlah mahasiswa dari Universitas se-Jabodetabek berpartisipasi dalam acara ini.  Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Singa Perbangsa, Institut Teknologi Indonesia, Politeknik STMI dan UNSADA tercatat menjadi universitas peserta kegiatan ABTF 2016.

Yang menarik pada kegiatan ABTF kali ini, para mahasiswa tidak hanya melakukan kunjungan pabrik, namun juga diberikan kesempatan langka yaitu mengabadikan setiap aktivitas kegiatan manufaktur yang biasanya diperkenankan hanya pada kesempatan tertentu.

Foto –foto yang diambil di Pabrik PT TMMIN diikutsertakan dalam lomba foto dengan tema “Capture Best Moment”. Total hadiah puluhan juta rupiah sudah disiapkan oleh Tim ABTF untuk para peserta dengan momen manufaktur terbaik yang berhasil diambil.

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh para mahasiswa dimana sebagai peserta mereka dapat mengetahui secara detail proses pembuatan mobil berkualitas global Toyota oleh anak bangsa yang sudah diekspor ke lebih dari 70 negara di dunia. Para peserta diberikan penjelasan produksi mobil Toyota dari lembaran baja hingga menjadi sebuah mobil.

Pabrik Karawang Plant 1 memiliki fasilitas produksi yang lengkap, dari pencetakan body parts mobil, pengelasan, pengecatan, perakitan, hingga test course. Kunjungan pabrik ABTF 2016 salah satunya di tempat perakitan (Assy Line). Assy line adalah tempat menyatukan komponen bodi, sasis, mesin hingga komponen interior pendukung hingga menjadi sebuah kendaraan roda empat.

Dipandu oleh Eka selaku Penanggung Jawab Divisi Assy Line PT TMMIN, para mahasiswa memperoleh segudang informasi mengenai perakitan Toyota Fortuner dan Kijang Innova. “Di area ini kerangka bodi utuh akan dirangkai dengan bagian mobil lainnya seperti frame, mesin, kursi, roda, lampu, kaca dan lainnya. Pada proses ini diperlukan peran penting dari para pemasok Toyota  yang harus menyediakan sejumlah part yang dirakit dalam jumlah dan waktu yang diperlukan,” ujar Eka kepada para peserta.

Eka pun menambahkan, “Salah satu alat pendukung yang kami gunakan untuk menjaga ketersediaan suplai komponen dari pemasok adalah Kanban. Kanban adalah alat pemberi instruksi untuk memproduksi dan mengirim barang serta kontrol visual untuk memeriksa ketersediaan barang.”  

Setelah memahami proses perakitan di Assy Line, para mahasiswa diajak untuk menyambangi divisi Final Test yang dipimpin oleh Isa. Menurut Isa, Toyota menerapkan “Build in Quality”. Prinsip ini mengharuskan setiap proses produksi menjaga kualitas produk yang sesuai standar sebelum dikirimkan ke proses berikutnya.

“Pintu gerbang kualitas terakhir pada proses pembuatan mobil Toyota terletak di proses quality inspection (tes kualitas). Semua mobil yang telah diproduksi di assembling shop menjalani proses pengecekan kualitas terakhir untuk mewujudkan kepuasan pelanggan,” kata Isa.

Beberapa tes yang dilakukan oleh pihak Toyota sebelum jatuh ke tangan konsumen, ialah tes kecepatan, tes pengereman dan tes kebocoran. Pabrik PT TMMIN juga memiliki fasilitas test course atau lintasan uji pacu sepanjang 1 km yang dilengkapi fitur lintasan pacu lurus, tikungan, tanjakan, jalan tidak mulus dan simulasi banjir yang dipergunakan untuk pengujian kualitas kendaraan.

Setelah melalui proses pengumpulan foto dan penilaian yang selektif dari Tim AutoBild, terpilihlah 3 pemenang utama dari lomba foto bertemakan proses manufacturing ini.

Adapun peserta yang berhasil menjadi juara pertama dan berhak membawa pulang uang tunai Rp 15 juta adalah Teguh Satya Dwi Aji dari Universitas Pancasila. Kemudian Nandhika Fera dari Universitas Trisakti menjadi pemenang kedua dan berhasil memboyong uang senilai Rp 10 juta dan Bhayangkara Swabuana Putra dari Universitas Gunadarma di posisi ketiga yang berhak mengantongi uang Rp 5 juta.

“Program Auto Bild Technical Forum tidak hanya seru tapi juga memberikan pengalaman baru. Semoga jika program ini diadakan lagi saya bisa diundang kembali,” ujar Teguh.
 

Komentar