AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Sekolah Otomotif Pintar Bersama Daihatsu

Foto : Tim Auto Bild

Daihatsu Gandeng SMK Laksanakan Program Pintar Bersama Daihatsu



Selain memberikan ilmu langsung kepada para peserta didik, ternyata ada cara lain yang menurut PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dinilai lebih efisien. Ya, mereka memilih untuk membuat SMK binaan di dalam naungan program Pintar Bersama Daihatsu.

Alih-alih mendidik siswa lulusan SMK, PT ADM justru mendidik para guru agar kemudian ilmu yang diberikan bisa ditularkan kepada siswa di sekolahnya. Para guru dari SMK akan diberikan training sertifikasi di Technical Service Division PT ADM.

Ada empat tingkatan sertifikasi yang dilakukan PT ADM. Pertama adalah Basic Automotive. Di tingkat ini para guru diharapkan sudah mampu mengajari siswa soal pengetahuan dasar komponen otomotif. Selanjutnya ada level Technician yang berisi tentang pemahanan cara perawatan berkala kendaraan Daihatsu.

Selanjutnya ada Pro Technician yang berisi tentang pemahaman kemampuan bongkar pasang mesin. Terakhir ada level Diagnosis, para guru diharapkan mampu mengajari cara mendeteksi kerusakan pada mobil

Durasi training berbedabeda berdasarkan level sertifikasi yang sedang diikuti para guru. Setelah dinyatakan lulus, peserta akan mendapatkan sertifikat. Sekolah mereka juga akan mendapatkan berbagai modul ajar dari Daihatsu sebagai materi pembelajaran para murid.

Pintar Bersama Daihatsu
Pintar Bersama Daihatsu

“Ada kebutuhan dari internal kami akan sumber daya manusia yang siap pakai. Bersama program ini kami harap selain mampu mengakomodasi kebutuhan industri, para siswa juga bisa lebih fokus akan ilmu yang mereka miliki,” ujar Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Anjar menerangkan, para siswa di SMK binaan Daihatsu punya kemungkinan diterima kerja di jaringan Daihatsu yang lebih besar. “Para siswa harusnya sudah lebih mengerti akan materi ujian seleksi karyawan, karena selama ini mereka sudah belajar di SMK ,” tambah Anjar. Bagi SMK yang berminat menjadi SMK binaan Daihatsu, bisa layangkan langsung surat permohonan resmi kepada PT ADM.

 

 

365/50-55(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait