AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Fakta Seputar Toyota Kijang dari Masa ke Masa

Fakta Seputar Toyota Kijang dari Masa ke Masa

Apabila menengok kembali sejarah Toyota di Indonesia, sulit untuk mengabaikan nama Toyota Kijang. Wajar, karena MPV 7-penumpang itu merupakan salah satu produk yang paling lama dipasarkannya di Tanah Air

Apabila menengok kembali sejarah Toyota di Indonesia, sulit untuk mengabaikan nama Toyota Kijang. Wajar, karena MPV 7-penumpang itu merupakan salah satu produk yang paling lama dipasarkannya di Tanah Air.

Toyota Kijang seolah-olah menjadi simbol komitmen merek asal Jepang itu dalam membuat mobil yang bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

Hampir bisa dipastikan nama Toyota Kijang selalu disebut-sebut dalam acara seremonial Toyota, tak terkecuali pada selebrasi 45 tahun Toyota di Indonesia yang berlangsung Sabtu (29/10) di Jakarta. Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla menceritakan nostalgianya dengan Kijang dalam pidato.

Nama Kijang dari Sayembara

Menurut Wapres, ternyata nama Kijang dipilih lewat sebuah sayembara yang digelar dalam sebuah konferensi Toyota. "Dibuatlah sayembara di kalangan yang hadir dan saya termasuk dari enam orang yang memilih Kijang", ucapnya.

Toyota Kijang generasi pertama diproduksi tepatnya pada 1977. Sekarang produksinya berlanjut dengan mengambil lokasi di fasilitas PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang Plant 1. Bukan hanya untuk pasar domestik, namun ekspor Toyota Kijang sudah dimulai sejak 1987.

Kandungan lokal di setiap generasinya juga selalu bertambah. Mulai hanya 18 persen pada Toyota Kijang generasi pertama (1977-1980) hingga mencapai lebih dari 80 persen pada generasi keenam yang dipasarkan mulai 2015 silam.

Komentar