AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komitmen Going Mobile Asuransi Astra Berbuah Penghargaan

Komitmen Going Mobile Asuransi Astra Berbuah Penghargaan

Komitmen Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital di Indonesia melalui strategi Going Mobile berbuah penghargaan bergengsi

Komitmen Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital di Indonesia melalui strategi Going Mobile berbuah penghargaan bergengsi. Kamis (19/10) Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra baru saja menyabet predikat sebagai jawara untuk kategori Asuransi Mobil dalam acara Social Media Award 2016 yang diselenggarakan oleh MediaWave dan Majalah Marketing di Hotel Mulia, Jakarta.
                                                                                                                                                                                   Dalam ajang penghargaan tersebut, Garda Oto berhasil melampaui para kompetitor dengan mengumpulkan nilai index Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index) tertinggi sebesar 46.0%. Dasar dari penghitungan nilai dalam Social Media Award adalah riset percakapan di media sosial di Indonesia. Data percakapan tersebut diperoleh dengan menggunakan Social Media Monitoring Platform MediaWave. MediaWave melakukan monitoring percakapan konsumen di media sosial  termasuk social network (Facebook & Twitter), blog, news, video, dan forum. Setiap pembicaraan merek dianalisis berdasarkan kualitas dan kuantitas percakapan.

Social Influence Marketing Score

Dengan menggunakan data hasil monitoring, MediaWave bersama Majalah Marketing menganalisis dan mendapatkan daftar merek yang saat ini memiliki pangsa serta sentimen pembicaraan yang baik di media sosial. Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi industri berdasarkan Social Influence Marketing Score (SIM Score) yang dikeluarkan oleh Razorfish. Sementara itu, indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index) diukur dengan rumus berikut: persentase pembicaraan positif suatu merek di dalam kategori tertentu ditambah persentase pembicaraan netral merek tersebut di kategori, dikurangi persentase pembicaraan negatif merek tersebut di kategori.

Setelah indeks untuk setiap merek didapatkan, pemenang di setiap kategori industri ditentukan berdasarkan dua syarat yaitu memiliki angka indeks lebih dari 10% dan menempati posisi dua besar di setiap kategori. Dan dari hasil perhitungan tersebut, Garda Oto berhasil menjadi pemenang kategori Asuransi Mobil dalam Social Media Award, bersaing dengan 1.000 merek lainnya di 205 kategori industri.

Layanan Digital Asuransi Astra

Adapaun layanan digital yang Asuransi Astra miliki saat ini diantaranya Facebook Asuransi Astra, Twitter @GardaOto dan @berkelanjutan, dan aplikasi mobil Garda Mobile Medcare dan Otocare. Selain itu, komitmen Going Mobile juga diperlihatkan oleh Santosa, CEO Asuransi Astra dengan membuat akun Twitter @snt4online agar bisa berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan dan masyarakat.

SVP Digital Channel Asuransi Astra, Lusi Liesdiani berharap “Penghargaan yang diterima ini semoga menjadi pengakuan dari masyarakat yang dapat terus memacu perbaikan dan inovasi layanan yang kami hadirkan melalui berbagai saluran media sosial yang Garda Oto punya, seperti Facebook dan Twitter.” Lusi juga bilang bahwa Going Mobile adalah salah satu strategi untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Garda Oto. “Ke depan, Asuransi Astra akan terus melakukan inovasi-inovasi dalam pengembangan platform digital,” tutupnya.

Komentar