AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mazda6 Kembali Raih Gelar The Best Big Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

Foto : Tim Auto Bild

Mazda6 Kembali Raih Gelar The Best Big Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

Kendati Mazda6 sudah kami sapa sejak tahun lalu ia berhasil mempertahankan gelar sebagai yang terbaik di kelas Big Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016

Kendati Mazda6 sudah kami sapa sejak tahun lalu ia berhasil mempertahankan gelar sebagai yang terbaik di kelas Big Sedan Auto Bild V-KOOL Award 2016. Pesona KODO Design dan guratan garis tegas pada bodinya membuat 6 tetap terlihat memukau.

Kesan dinamis serta sporti mengisyaratkan bahwa pemilik mobil ini lebih pas untuk jadi pengemudi ketimbang penumpang saja.

Apalagi hadirnya fitur mode berkendara Sport menjadi sebuah keasyikan tersendiri ketika mengendarai mobil ini. Cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan sporti.

Dalam hal kenyamanan, sang rival Honda Accord memang lebih diunggulkan. Pada poin ini bantingan Mazda6 terbilang lebih kaku tapi berkonsekuensi positif terhadap kemampuannya bermanuver.

Hal lain yang tak kalah penting adalah fitur. Karena faktor keamanan sangat penting dalam berkendara, Mazda6 sudah dilengkapi Smart City Brake Support, Lane Departure Warning System, dan Rear Vehicle Monitoring.



Lainnya sebagai pemanis fitur seperti paddle-shift, head-up display, kontrol traksi dan kontrol stabilitas sudah menjadi kelengkapan standar.

Berbicara performa mesin SKYACTIV yang diusung hingga sekarang menjadi yang paling menonjol dibanding para rival. Dapur pacu berkapasitas 2.498 cc 4 silinder yang mampu merilis tenaga 187 dk dan torsi 250 Nm menjadi yang terkencang di kelasnya.

Dalam hal akselerasi 0-100 km/jam Mazda6 cukup membutuhkan waktu 8,5 detik. Mengalahkan semua peserta yang ada di kelas Big Sedan.

Namun, di lain sisi ia pun termasuk irit bahan bakar. Saat kami lakukan pengetesan, untuk rute dalam kota ia mampu menempuh jarak hingga 10,8 km/l dan rute tol 17,9 km/l.

Jika berada di kondisi tidak menguntungkan, Anda juga bisa mengaktifkan fitur auto start/stop. Sehingga saat terjebak di kemacetan parah aliran bahan bakar ke ruang mesin bisa dihentikan sekaligus mobil tetap siap berjalan ketika pedal gas diinjak.

Hal menarik berkutnya adalah soal harga. Mazda meracik sedan ini dengan kualitas mengagumkan tapi dengan harga jual tidak lebih mahal dari Honda Accord yang dijual Rp 635,5 juta.

Sedangkan Mazda6 dibanderol mulai harga Rp 627,7 hingga Rp 630,7 juta untuk warna Soul Red.


Candidate - Honda Accord



Ubahan desain yang dilakukan Honda membuat Accord semakin dewasa, mewah, dan modern. Itu bisa dilihat dari bumper depan, grille, hood hingga rear bumper. Pun begitu dengan perangkat pencahayaan baru yang dilengkapi LED baik headlamp ataupun stoplamp.

Menjadi menarik karena Accord seolah memberikan perlawanan untuk mengusik singgasana Mazda6.

Fitur Accord juga termasuk memadai. Selain Multi-Angle Rearview Camera yang sudah hadir di generasi sebelumya, sekarang Accord memiliki kualitas berkendara semakin aman karena adanya Collision Mitigation Braking System dan Keeping Assist System.

Sayangnya Accord masih mempertahankan racikan mesin yang sama dari generasi sebelumnya. Unit 2.356 cc 4 silinder bertenaga 176 dk masih belum bisa menyaingi kecepatan Mazda6 dalam berakselerasi.

Namun dalam hal kenyamanan Accord boleh bersenang hati karena kabinnya terasa lapang. Sehingga jarak lutut penumpang belakang dengan bangku baris pertama tetap terjaga. Dibandingkan rival lain seperti Toyota Camry set suspensi Accord terasa lebih empuk.

356/34-35(11-27Des16)

Komentar