AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mitsubishi Berikan Penghargaan Sales & After Sales Kendaraan Penumpang Terbaik 2016

Mitsubishi Berikan Penghargaan Sales & After Sales Kendaraan Penumpang Terbaik 2016

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia kembali menggelar MMC National Contest 2016 dengan tema Brand New Spirit of Competition

Mitsubishi Berikan Penghargaan Kepada Jajaran Pelayanan Sales & After Sales Kendaraan Penumpang Terbaik 2016

Dua penghargaan atas kepuasan pelanggan yang diterima KTB Mitsubishi Motors dari media massa di Indonesia tahun ini: Highest Point Customer Satisfaction Index Category SUV di ajang Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA 2016) dan The Highest Customer Satisfaction Index in Features by Brand di ajang Auto Bild Indonesia Customer Satisfaction Survey 2016 pada November lalu, tentunya tidak terlepas dari peran tenaga penjual dan purnajual kendaraan penumpang yang tersebar di dealer resmi Mitsubishi seluruh Indonesia.

Untuk itu, sebagai salah satu bukti konsistensi menjaga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, sekaligus untuk mengapresiasi layanan tenaga penjual dan purnajual kendaraan penumpang terbaik 2016, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), kembali menggelar MMC National Contest 2016 dengan tema “Brand New Spirit of Competition”.

MMC National Contest 2016 diselenggarakan pada tanggal 5-7 Desember 2016 dan terdiri dari 4 kontes: Passenger Car Sales Appraisal Program (SAP) untuk tenaga penjual (sales force), Technician Contest untuk para teknisi, Frontliner Contest untuk frontliner dan CSO Contest untuk para Customer Satisfaction Officer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Pada acara Contest tahun ini juga diadakan kontes eksibisi terbaru yaitu Periodical Maintenance Contest.

1. Passenger Car Sales Appraisal Program (SAP)

Program ini adalah yang ke-16 kalinya diadakan oleh PT KTB. Kompetisi SAP ini terdiri dari beberapa kategori, mulai dari kategori Sales force (tenaga penjual), Sales, Supervisor dan Sales Manager khusus kendaraan penumpang Mitsubishi. Finalis yang didapat dari proses seleksi yang dilakukan di masing-masing area dengan indikator produktivitas penjualan, tes pengetahuan produk dan role play.

Ada 6 orang finalis terbaik dari masing-masing area kembali berkompetisi pada National Contest yang diadakan di kantor KTB Pulomas dengan materi skenario role play bertemu calon konsumen kendaraan penumpang Mitsubishi  untuk melakukan follow up penjualan, mulai dari menjelaskan keunggulan produk sampai negosiasi untuk meyakinkan calon konsumen membeli kendaraan Mitsubishi.

Seluruh pemenang SAP mendapat penghargaan berupa tour reward, tropi dan sertifikat. Dari seluruh finalis yang mengikuti National Contest, Sdr. Alrisjky M. Romadhona dari PT Srikandi Diamond Indah Motor – Pecindilan Surabaya keluar sebagai pemenang dan meraih predikat The Best National Performance Sales Force 2016.

2.Technician Contest

Program ini adalah yang ke-16 kali diadakan oleh PT KTB. Melalui program ini, PT KTB berhasil melahirkan teknisi handal yang mampu berkompetisi di ajang Asia and Oceania Technician Contest di Tokyo, Jepang dan berkompetisi global dengan negara-negara di seluruh dunia.

Tahun 2016 ini, Technician Contest memiliki 4 tahap penyeleksian, mulai dari seleksi tahap dealer, regional, hingga tahap nasional untuk teknisi kendaraan penumpang Mitsubishi. Proses penyeleksian teknisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana saat ini kompetisi cukup bersaing dengan adanya babak playoff. Dimana pada tahap playoff bagi para kontestan yang belum berhasil akan diseleksi kembali agar terpilih empat terbaik untuk lolos ke seleksi tahap nasional.

Dalam seleksi tahap nasional, yang dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 Desember 2016, didapat 13 peserta yang merupakan teknisi terbaik dari seluruh indonesia. Pada tahap pertama fase final, peserta dituntut dapat menangani troubleshooting dan juga fungsi customization pada kendaraan dan dipilih 3 orang teknisi terbaik yang ikut dalam fase kedua grand final. Dalam grand final ini para finalis akan melakukan role play kolaborasi dengan Sales, CSO dan juga Frontliner dalam menangani proses PKT dan PDI.

Penjurian dilakukan berdasarkan beberapa aspek penilaian, antara lain:  kemampuan dan ketelitian teknisi dalam melakukan PDI (Pre Delivery Inspection) sesuai dengan prosedur untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Para finalis Technician Contest Nasional akan mendapatkan penghargaan berupa plakat, sertifikat, medali dan hadiah Tour Abroad dan untuk juara pertama mendapat kesempatan mengikuti Global Technician Contest di Jepang. Pemenang yang berhasil meraih predikat The Best National Technician 2016 adalah Sdr. Kiswanto dari PT Bumen Redja Abadi – Jakarta.

3.Frontliner Contest

Kembali lagi, ditahun ini kompetisi para Frontliner Mitsubishi di Indonesia diadakan guna untuk menjawab kebutuhan pelanggan menuju kepuasan yang optimal. Proses penyeleksian frontliner tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana saat ini kompetisi cukup bersaing dengan adanya babak playoff. Secara keseluruhan frontliner akan dipilih 13 terbaik dari seluruh Indonesia untuk diuji pada babak semifinal, 05-07 Desember mendatang.

Mereka semua harus melalui tiga tahapan, seleksi pertama mereka harus mendapatkan penilaian yang signifikan melalui “Crash program” dimana mereka mendapatkan penilaian langsung dari pelanggan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan dan selalu dimonitor oleh pihak KTB dalam mengumpulkan perolehan nilai dari pelanggan melalui petugas sms center. Pada tahap ini, dipilihlah 10 terbaik di setiap region (Region 1-JABODEATABEK & Jawa Barat, Region 2 – Jawa Tengah, Jawa Timur &  Bali, Region 3 – Sumatera & Indonesia Bagian Timur) dan yang menarik pada Crash Program adalah setiap kontestan dan pelanggan yang terlibat akan mendapatkan hadiah menarik.

Pada tahapan berikutnya yaitu penilaian teori dan aktivitas dilokasi dealer yang telah ditentukan untuk memastikan layanan yang diberikan sesuai dengan prosedur dari Mitsubishi. Pada tahapan kedua ini, dipilihlah tiga terbaik dan bagi para kontestan yang belum berhasil masih dapat diikut sertakan kembali pada tahapan play off – (mereka diujikan kembali untuk dipilih empat terbaik nasional) sehingga terpilihlah 13 terbaik secara keseluruhan proses menuju tahapan berikutnya di Jakarta.

Para kontestan yang berada di Jakarta akan diujikan kembali untuk menentukan juara terbaik nasional, dimana pada tahap ini terbagi menjadi dua tahapan penilaian, yang pertama para kontestan akan dipilih tiga terbaik mewakili region dengan sebelumnya diujikan secara tes tertulis dan aktivitas roleplay. Selanjutnya pada tahapan yang kedua, kontestan akan dijadikan satu team bersama dengan sales, CSO dan mekanik dalam satu aktivitas roleplay bersama untuk menuju frontliner terbaik nasional di tahun 2016.  

Diharapkan pula pada kontes tahun ini kepada para kontestan frontliner dalam hal kemampuan menjual dari sisi afterservice (seperti spare parts & aksesoris kendaraan) yang dapat menunjang profit bisnis service dari sisi pelayanan ditahun ini dan tahun mendatang.

Para finalis Frontliner Contest Nasional akan mendapatkan penghargaan berupa plakat, sertifikat, medali dan hadiah Tour Abroad dan untuk juara pertama mendapat kesempatan mengikuti Global Frontliner Contest di Jepang. Pemenang yang berhasil meraih predikat The Best National Frontliner 2016 adalah Sdr. Nur Safrizal dari PT Dwindo Berlian Samjaya - Jakarta

4.Customer Satisfaction Officer (CSO) Contest

Customer Satisfaction Officer (CSO) Contest berskala nasional ini adalah yang pertama kalinya diadakan oleh PT KTB. Pada proses penyisihan awal, kompetisi yang menggandeng seluruh CSO di dealer kendaraan penumpang Mitsubishi ini menyaring 9 CSO terbaik di setiap region dengan menilai program perbaikan menggunakan konsep PDCA (Plan Do Check Action).

Terhadap kesembilan besar CSO tersebut dilakukan penilaian yang lebih ketat dengan memeriksa kondisi di lapangan secara langsung, dan didapat 3 CSO sebagai finalis terbaik mewakili region¬-nya masing-masing. Pada tahap akhir, 3 finalis tersebut mempresentasikan program perbaikan yang telah dirancang dan dilaksanakan di dealer masing-masing di hadapan para juri yang kredibel. CSO finalis diberi kesempatan berkompetisi dalam satu team dengan finalis kategori kontes yang lain dalam role play yang dirancang sendiri narasinya satu hari sebelum final.

Kontes ini membuktikan bahwa seorang Customer Satisfaction Officer di dealer mampu menggagas ide perbaikan guna meningkatkan layanan di dealer yang bermuara ke konsumen, mengkomunikasikannya dengan manajemen dan mengkoordinasikannya dengan beberapa pihak terkait agar program dapat berjalan dengan baik.

Para pemenang CSO Contest mendapat penghargaan berupa tour reward, plakat, dan sertifikat. Dari 3  finalis yang mengikuti National Contest, Sdri. Tiara Ayu Mentari dari PT Sun Star Motor - Malang keluar sebagai pemenang dan meraih predikat “The Best National Performance, CSO Contest 2016”.

5.Periodical Maintenance Exhibition

Program ini adalah yang pertama kalinya diadakan oleh PT KTB. PM Exhibition ini bertujuan untuk menguji kemampuan teknisi dalam menjaga performa kendaraan Mitsubishi milik pelanggan agar selalu dalam kondisi prima sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

PM Exhibition memiliki 2 tahap penyeleksian, mulai dari seleksi tahap kualifikasi yang diikuti oleh 75 Dealer PC (Passenger Car) dan tahap nasional untuk teknisi kendaraan penumpang Mitsubishi. Pada seleksi tahap kualifikasi, telah diadakan training Periodical Maintenance di KTB yang akan memilih juara 1 dari masing-masing batch training untuk masuk ke tahap nasional, dan terpilih 10 peserta yang merupakan teknisi PM terbaik dari seluruh indonesia yang akan mengikuti tahap nasional di Jakarta pada 3 Desember 2016. Pada fase final, peserta dituntut dapat melakukan pekerjaan Periodical Maintenance sesuai Service Booklet dan waktu pengerjaan sesuai dengan Flat Rate.

Juara dari PM Exhibition akan mendapatkan penghargaan berupa plakat, medali, sertifikat, tools dan laptop . Pemenang yang berhasil meraih predikat The Best National of PM Exhibition 2016 adalah Sdr. Ricky Anggriawan dari PT Sumatera Berlian Motor - Medan.

 

Tags mitsubishi

Komentar