AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mobil Konsep VW I.D. Buzz Tampil di Detroit Motor Show 2017

Mobil Konsep VW I.D. Buzz Tampil di Detroit Motor Show 2017



VW Microbus terlahir kembali sebagai kendaraan listrik delapan kursi yang disebut VW I.D. Buzz. Ia tampil di Detroit Motor Show 2017 yang menjadikannya kendaraan listrik kedua dalam keluarga VW I.D. dengan tampilan yang retro.

I.D. Buzz menggambarkan konsep kendaraan mikrobus masa depan, yang kembali mengingatkan pada Microbus Type 2 yang muncul di tahun 1950. Ia identik dengan desain retro, termasuk cat bodi two-tone, serta wajah dengan lencana besar, ditambah pelek berdiameter 22 inci, serta lampu LED strip yang membuatnya terlihat futuristik.

Buzz duduk di atas platform listrik modular MEB yang diperpanjang dengan wheelbase 3,3 meter, overhang pendek dan desain yang membantunya memperoleh ruang kabin besar. Berkat itu, Buzz akan memiliki kabin yang luas dengan 8 kursi, tata letak ruang yang stylish, kursi belakang multi-adjustable, serta kursi pengemudi yang dapat berputar hingga 180 derajat.

Augmented Reality

Ini bisa dilakukan saat mode berkendara autonomous I.D. dipilih, dengan mencabut layar sentuh capasitive di kemudi mobil akan mengambil alih kendali sepenuhnya. Selain itu, ada teknologi augmented reality di head up display serta tablet yang dapat di bongkar pasang sebagai alat kendali fungsi mobil.

Volkswagen mengklaim ia akan menggunakan penggerak seluruh roda dengan motor listrik di semua poros roda yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 369 dk. Menariknya, mikrobus VW ini diklaim dapat melakukan sprint 0-100 km/jam dalam tempo 5 detik.

Sayangnya, ia hanya dilengkapi dengan kecepatan maksimum 160 km/jam saja, tapi dapat menempuh jarak hingga 600 km. Buzz juga akan memiliki teknologi pengisian baterai induktif, sehingga dapat mengisi baterai 80 persen hanya dalam waktu 30 menit. Ini merupakan rencana Volkswagen untuk menghadirkan serangkain kendaraan listrik autonomous yang berbasis MEB pada tahun 2025.

Komentar