AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mungkinkah Toyota Bikin Motor di Indonesia?

Mungkinkah Toyota Bikin Motor di Indonesia?

Berbagai motor baru meluncur untuk memikat calon konsumen. Lantas apakah hal ini memengaruhi para APM roda empat? Termasuk bagi Toyota Astra Motor (TAM). Mungkinkah Toyota bikin motor di Indonesia?

Antusiasme pasar otomotif Tanah Air kembali dimanjakan dengan terselenggaranya Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang resmi dibuka Rabu lalu (2/11). Berbagai motor baru meluncur untuk memikat calon konsumen. Lantas apakah hal ini memengaruhi para APM roda empat? Termasuk bagi Toyota Astra Motor (TAM). Mungkinkah Toyota bikin motor di Indonesia?

"Kalau bicara pengaruh dirasa tidak ada. Hubungannya lebih ke pengguna motor yang upgrade ke mobil misalkan first buyer ke Toyota Calya," ujar Anton Jimy Suwandi, Executive General Manager PT TAM.  

Indonesia saat ini tercatat sebagai salah satu negara dengan populasi pengguna sepeda motor terbesar di dunia. Terbukti hingga Mei 2016 populasi sepeda motor di Indoonesia sudah mencapai 85 juta unit.

Toyota Kuasai Market Share Roda 4

Sementara bagi TAM, mereka adalah market leader untuk penjualan roda empat di Indonesia. Bisa dilihat dari data total penjualan 187.438 unit di pasar retail sepanjang Januari-Juni 2016, dengan market share 35,4%.

Lantas bicara langkah strategis, mungkinkah Toyota melirik pasar sepeda motor khusus untuk Indonesia. "Sampai saat ini Toyota belum ada rencana untuk produksi sepeda motor," tukas Anton lagi.

Tapi perlu diingat, era tahun 1967-1970, Toyota bersama Yamaha pernah kerjasama memproduksi Toyota 2000GT. Mobil ini merupakan cikal bakal lahirnya model legendaris macam Toyota Celica dan Toyota Supra.

Tags toyota motor

Komentar