AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Perbandingan Harga Toyota Calya dan Toyota Agya

Perbandingan Harga Toyota Calya dan Toyota Agya

Suka atau tidak konsumen pasti akan membandingkan harga keduanya. Apalagi sedikit terjadi irisan harga antara keduanya. Lantas, bagaimana perbandingan harga antara Toyota Calya dan Toyota Agya?

PT. Toyota Astra Motor (TAM) berencana meluncurkan Toyota Calya sebagai jagoan di kelas MPV LCGC. Meski secara dimensi berbeda, tapi suka atau tidak konsumen pasti akan membandingkan harga keduanya. Apalagi sedikit terjadi irisan harga antara keduanya. Lantas, bagaimana perbandingan harga antara Toyota Calya dan Toyota Agya?

Fenomena low cost green car (LCGC) tahun ini kembali bergairah. Bedanya, bila 3 tahun lalu trennya adalah model city car, kini MPV LCGC menjadi amunisi baru para agen pemegang merek (APM). Kabarnya Toyota Calya akan hadir dengan lima varian yakni tipe E M/T (Non ABS) Rp 129,5 juta, tipe E M/T Rp 132,5 juta, tipe E A/T Rp 144,5 juta, tipe G M/T Rp 138 juta dan tertinggi tipe G A/T Rp 149,5 juta.

Meski begitu harga tersebut masih lebih mahal dibanding produk LCGC pertama Toyota yakni Agya. Bisa dilihat pada varian terendahnya saja harga Toyota Agya E M/T lebih murah yakni Rp 114,5 juta. Sedangkan untuk transmisi otomatis dengan tipe yang sama dibanderol Rp 126,2 juta.

Sementara Toyota Agya tipe G M/T harganya saat ini mencapai Rp 122,5 juta atau lebih murah Rp 16 juta dari Toyota Calya dengan tipe yang sama. Untuk opsi transmisi otomatisnya, TAM memberi harga Agya G A/T Rp 132,5 juta.

Namun pada Toyota Agya saat ini mempunyai varian TRD Sportivo dengan tampilan yang lebih keren dari standarnya. Untuk tipe manualnya Toyota Agya TRD Sportivo berada diangka Rp 126,6 juta. Bila Anda ingin transmisi otomatis harus menambah uang sekitar Rp 11 juta karena saat ini harganya mencapai Rp 137,1 juta.

Meski sama-sama mobil LCGC dengan basis yang sama, namun keduanya mempunyai spesifikasi yang berbeda. Dengan perbedaan yang tidak terlalu signisikan hanya sekitar Rp 10 juta, akankah pangsa pasar Toyota Agya tergerus oleh Toyota Calya nantinya?

Komentar