AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

RON 98 Dari Pertamax Turbo Buat performa Mesin Kendaraan Lebih Sempurna, Apa Alasannya?

Foto : Tim Auto Bild

RON 98 Dari Pertamax Turbo Buat performa Mesin Kendaraan Lebih Sempurna, Apa Alasannya?



Perkembangan teknologi khususnya mesin mobil yang semakin canggih dan advance menuntut produsen bahan bakar mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Apalagi, kini penggunaan mesin dengan teknologi direct injection, turbocharger atau supercharger sudah lazim digunakan pada mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Belum lagi soal tuntutan emisi gas buang yang lebih kecil menuntut produsen bahan bakar membuat formulasi yang baik terhadap bahan bakar yang dipasarkan agar lebih ramah lingkungan. Di Indonesia, saat ini baru PT Pertamina (Persero) yang menjual dan memasarkan bahan bakar dengan Research Octane Number 98 yang diberi nama Pertamax Turbo.

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk mesin bensin yang merupakan hasil peremajaan dari produk Pertamax Plus. Bahan bakar ini didesain untuk kualitas yang lebih baik dan performa yang lebih sempurna bagi mesin kendaraan.

Dipasarkan dengan harga yang terjangkau, Pertamax Turbo punya 5 kelebihan utama. Pertama, Pertamax Turbo punya oktan di angka 98. Ini merupakan bahan bakar terbaik saat ini dengan harga setara bahan bakar kompetitor yang punya RON 95.

Bahan bakar yang punya value for money tinggi ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan yang sudah dilengkapi turbocharger ataupun supercharger. Selain itu bahan bakar ini juga cocok digunakan untuk mesin yang memiliki kompresi lebih dari 11:1.

Kelebihan kedua, Pertamax Turbo dilengkapi dengan Ignition Boost Formula (IBF). Formula ini membuat mesin kendaraan jadi lebih responsif dan membuat kendaraan lebih cepat mencapai kecepatan tertingginya.

Selanjutnya, Pertamax Turbo juga punya fungsi Perfection in Performance. Artinya, dengan RON 98 tersebut, membuat pembakaran dan performa mesin kendaraan lebih sempurna.

Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi Drive Ability yang membuat kendaraan memiliki manuver yang lincah dan lebih mudah dikendarai akibat mesin yang lebih responsif tersebut.

Yang menarik adalah, saat uji laboratorium yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi dari LEMIGAS, angka oktana riset dari Pertamax Turbo melebihi batas minimumnya yakni diangka 98,7. Angka tersebut jauh diatas angka yang diklaim oleh Pertamina.

Saat ini, Pertamax Turbo dipasarkan di seluruh SPBU Pertamina untuk menggantikan Pertamax Plus. Bahan bakar yang diluncurkan pertama kali pada Agustus 2016 kini bisa ditemui di sekitar 1.500 jaringan SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Komentar

Berita Terkait

umum

Selasa, 9 Agustus 2016

Lokasi SPBU Pertamina Yang Jual Pertamax Turbo

Hadirnya Pertamax Turbo sebagai pengganti dari Pertamax Plus tentu menghadirkan banyak pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang tersirat, diamana saja Pertamax Turbo akan dijual? Inilah lokasi SPBU Pertamina yang jual Pertamax Turbo

bisnis

Sabtu, 13 Agustus 2016

Penyebaran Pertamax Turbo Ditarget Hingga 500 SPBU

PT Pertamina (Persero) telah resmi meluncurkan Pertamax Turbo di Indonesia. Bahan bakar baru ini diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dibanding Pertamax Plus. Tak heran jika penyebaran Pertamax Turbo ditarget hingga 500 SPBU

bisnis

Kamis, 11 Agustus 2016

Pertamax Turbo Resmi Dijual di Indonesia

Melanjutkan peluncuran perdananya di Belgia, PT Pertamina (Persero), hari ini (11/8) melakukan peluncuran ulang Pertamax Turbo di GIIAS 2016. Acara ini sekaligus jadi peluncuran resmi Pertamax Turbo di Indonesia

bisnis

Senin, 8 Agustus 2016

Mengapa Bahan Bakar Baru Pertamina Dinamai Pertamax Turbo?

PT Pertamina Persero menghadirkan bahan bakar baru yang dinamai Pertamax Turbo. Mengapa bahan bakar baru Pertamina ini dinamai Pertama Turbo?

bisnis

Sabtu, 30 Juli 2016

Pertamina Jual Pertamax Turbo ke Eropa

Sebagai langkah awal, PT Pertamina (Persero) menggandeng Centro Petroli Roma (CPR) untuk jual Pertamax Turbo ke Eropa. Demikian seperti yang diungkap Afandi, Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina saat peluncuran Pertamax Turbo di Belgia

umum

Sabtu, 6 Agustus 2016

Apa Kelebihan Pertamax Turbo Dari Pertamax Plus?

Akan hadirnya produk bahan bakar terbaru PT Pertamina (Persero), yakni Pertamax Turbo tentu menambah ragam dari jajaran Pertamax Series. Lantas, apa kelebihan Pertamax Turbo dari Pertamax Plus?

umum

Sabtu, 30 Juli 2016

Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo di Belgia

Bersamaan dengan race Lamborghini Blancpain Super Trofeo di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia (29/7), PT Pertamina dan Lamborghini SPA luncurkan produk bahan bakar terbaru bernama Pertamax Turbo

umum

Jumat, 29 Juli 2016

Pertamina Siapkan Pertamax Turbo

PT Pertamina (Persero) segera meluncurkan produk bahan bakar terbaru yang diberi nama Pertamax Turbo. Bahan bakar ini didesain untuk kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi

knowledge

Rabu, 10 Agustus 2016

Apakah Pertamax Turbo Cocok Untuk Mobil di Indonesia?

Meski belum resmi diluncurkan di Indonesia, Pertamax Turbo sudah mulai dipasarkan di beberapa SPBU. Lantas, apakah Pertamax Turbo cocok Untuk mobil di Indonesia?

knowledge

Selasa, 9 Agustus 2016

Mesin Kompresi Rendah Bisa Pakai Pertamax Turbo

Bahan bakar oktan tinggi memang lekat penggunaannya untuk mesin dengan rasio kompresi tinggi. Hal itu tepat namun tidak sepenuhnya benar. Mesin dengan kompresi rendah juga bisa, bahkan harus menggunakan bahan bakar oktan tinggi seperti Pertamax Turbo

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Kesimpulan Komparasi Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Berikut adalah kesimpulan komparasi Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Siapa paling layak digunakan?

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Hasil Perhitungan Value for Money Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Inilah hasil perhitungan value for money Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Siapa paling menggiurkan?

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Hasil Tes Konsumsi Bahan Bakar Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Inilah hasil tes konsumsi bahan bakar Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Siapa paling irit?

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Hasil Tes Akselerasi Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Berikut adalah hasil tes akselerasi Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Siapa paling cepat?

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Hasil Uji Dyno Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Inilah hasil uji dyno Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Siapa paling unggul?

knowledge

Senin, 19 Desember 2016

Komparasi Pertamina Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95

Pertamina Pertamax Turbo berhasil menggoda pasar dengan nilai oktan yang lebih tinggi dibanding rivalnya. Kami melakukan komparasi Pertamina Pertamax Turbo VS Shell V-Power VS Total Performace 95. Apakah sepadan dengan oktan dan harga jualnya?

knowledge

Rabu, 7 September 2016

Profil Lamborghini Huracán LP 620-2 Super Trofeo Yang Memakai Pertamax Turbo

Inilah profil supercar Lamborghini Huracán LP 620-2 Super Trofeo yang memakai Pertamax Turbo. Seperti apa kedahsyatan tenaganya setelah menggunakan Pertamax Turbo?

knowledge

Rabu, 7 September 2016

Pertamax Turbo Diuji di Balap Supercar Lamborghini

Balap supercar Lamborghini dijadikan Pertamina untuk menguji bahan bakar terbarunya. Melewati kondisi yang ekstrem di arena kompetisi, Pertamax Turbo pun dilahirkan

knowledge

Selasa, 9 Agustus 2016

Mobil Yang Bisa Pakai Pertamax Turbo di Indonesia

Semakin tinggi rasio kompresi, semakin tinggi pula nilai RON bahan bakar yang dibutuhkan. So, mobil apa saja yang bisa pakai Pertamax Turbo di Indonesia?