AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tanggapan Toyota dan Daihatsu Mengenai Pajak Kendaraan Berdasarkan Emisi Gas Buang

Tanggapan Toyota dan Daihatsu Mengenai Pajak Kendaraan Berdasarkan Emisi Gas Buang

Pemerintah sedang mengkaji untuk penerapan pajak baru berdasarkan emisi gas buang kendaraan. Inilah tanggapan Toyota dan Daihatsu mengenai pajak kendaraan berdasarkan emisi gas buang.

Pemerintah sedang mengkaji untuk penerapan pajak baru berdasarkan emisi gas buang kendaraan. Menurut pihak Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan sedang memulai tahap kalkulasi besaran pajaknya. Inilah tanggapan Toyota dan Daihatsu mengenai pajak kendaraan berdasarkan emisi gas buang.

“Pada dasarnya, sebelum kami meluncurkan mobil Toyota apapun di seluruh dunia, kami pasti sudah melakukan studi. Studi yang biasanya  dilakukan adalah mengenai pasar, infrastruktur, dan kebijakan pemerintah. Jadi kami tidak ‘takut’ dengan apapun kebijakan pemerintah mengenai regulasi mobil baru. Karena kami telah melakukan studi mendalam tentang itu. Kami selaku pihak industri juga selalu mendukung apapun kebijakan pemerintah,” ujar Rouli Sijabat, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor kepada Auto Bild lewat sambungan telepon (28/11).

Hal senada diungkapkan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head Astra International - Daihatsu Sales Operation kepada Auto Bild (24/11), “Intinya, apapun peraturan yang dikeluarkan pemerintah, kita menyambut dengan positif. Karena setiap peraturan pasti punya tujuan tententu yang baik. Meski saat ini kita belum mengetahui teknisnya kelak seperti apa, kita pasti akan mengikuti peraturan pemerintah.”

Perhitungan besaran pajak ini mutlak dilakukan. Karena jika berdasarkan pada tingkat emisi, maka besaran pajak yang dikenakan untuk setiap kendaraan, akan jadi lebih beragam. Semakin banyak polusi yang dihasilkan maka bisa semakin mahal pajaknya. Kebijakan pajak baru ini, akan menggantikan kebijakan sebelumnya yang menentukan besaran pajak kendaraan berdasarkan kapasitas mesin.
 

Komentar