AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tes Mazda Melibas 3 Negara ASEAN

Tes Mazda Melibas 3 Negara ASEAN

Dengan tajuk Mazda SKYACTIV ASEAN Caravan, para jurnalis dari Asia Tenggara termasuk Auto Bild diajak mengendarai lini produk Mazda melintasi 3 negara yakni Thailand, Laos dan Vietnam

Pembuktian akan keasyikan berkendara mobil-mobil Mazda kembali dilakukan. Dengan tajuk Mazda SKYACTIV ASEAN Caravan, para jurnalis dari Asia Tenggara termasuk Auto Bild diajak mengendarai lini produk Mazda melintasi 3 negara yakni Thailand, Laos dan Vietnam (28-30/6).

Totalnya ada 4 jenis mobil yang disertakan, yaitu 2, 3, CX-5, dan CX-3. Untuk yang terakhir itu adalah mobil yang sangat diperbincangkan oleh para penggemar SUV di Indonesia. Mobil berukuran kompak ini digadang-gadang akan menjadi penantang serius Honda HR-V dan Nissan Juke di Indonesia.

Dibuka oleh Associate Professor Dr Chavanee Thongroach sebagai Vice Minister for Touring and Sports Thailand, perjalanan ini start dari Bangkok, Thailand (27/6). Tanpa kawalan polisi pengawal, sekitar 15 mobil termasuk kendaraan kru melintas dengan kecepatan tinggi menuju kota di utara Thailand, Nakhon Panom.

Kami dari Auto Bild mendapat jatah CX-5 untuk menempuh perjalanan dengan jarak total 750 km ini. Menariknya, sepanjang perjalanan, rute didominasi oleh jalan dengan 3 lajur yang cenderung mulus, lurus dan lebar. Cukup sering road captain di ujung depan rombongan melajukan konvoi di sekitar 100-120 km/jam. Tak heran jika kecepatan rata-rata bisa dijaga di sekitar 60-70 km/jam. Padahal ini merupakan rute luar kota reguler, bukan tol yang khusus.

Kondisi ini agak berbeda dengan yang sering terjadi di Indonesia dimana laju lalu lintasnya sulit untuk mencapai kecepatan rata-rata selancar ini.

Saat tiba di hotel Fortune River View semalam (28/6), rombongan membutuhkan waktu 12,5 jam termasuk istirahat dan makan siang.

Tampaknya mobil-mobil Mazda ini mampu menyesuaikan diri dengan laju yang kencang dan dinamis ini. Kendati CX-5 yang kami kemudikan bermesin 2.000 cc tapi ia mampu mengikuti gerak rombongan dengan mudah.

Komentar