AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kursi Lipat

Foto : Heri Kuswanto

Uji Kursi Portabel Terbaik

Uji Kursi Portabel Terbaik

Berpetualang ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi memang mengasyikan. Terlebih petualangan itu menggunakan mobil ke area yang masih natural dan belum tersentuh banyak tangan.

Berkemah menjadi salah satu cara menikmati liburan di alam terbuka. Selain tenda, kursi lipat menjadi salah satu perlengkapan yang penting dibawa.

Memilih kursi lipat di toko yang menjual peralatan camping memangmembingungkan. Ragam jenis yang tersedia, model, hingga dimensi menjadi parameter untuk memilihnya.

Agar tak salah pilih, kami hadirkan beberapa produk kursi lipat yang pas untuk digunakan berpetualang menikmati keindahan alam. Dari lima produk ini, mana yang layak dipilih? Simak hasil tes ini.


Consina Folding Stool 01

Kursi Lipat

- Rating : 3 bintang
- Dimensi L x T : 35,5 x 44,2 cm
- Harga : Rp 90 ribu
- Dimana mendapatkannya : Leuser Bogor, Jl. KH Sholeh Iskandar No.6, Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat

Meski kursi lipat dari Consina ini memiliki dimensi yang tinggi, ia memiliki kelebihan dapat diduduki oleh anak-anak dan dewasa.

Sayang material yang dimiliki kurang apik. Pertama, kursi lipat ini memiliki konstruksi yang kurang kokoh, karena untuk penahan mekanisme lipatan hanya mengandalkan bahan plastik. Lalu, kain yang bertugas menopang saat diduduki akan bergesekan dengan batang kontruksi, sehingga mudah robek.


Kursi Lipat Tentara

Kursi Lipat

- Rating : 3 bintang
- Dimensi L x T : 30,3 x 27,2 cm
- Harga : Rp 165 ribu
- Dimana mendapatkannya : Tri Arga Outdoor, JL. Meruya Ilir No. 50, Kembangan, Jakarta Barat

Kursi lipat dengan motif camouflages ini memiliki desain dan ukuran yang serupa dengan merek Soleil. Kendati demikian, material kain penopang yang dimilikinya lebih baik.

Kekurangan yang dimilikinya tentu dalam hal dimensi, hingga membutuhkan space yang lebih banyak saat ditempatkan di mobil. Tak hanya itu, ia juga tidak memiliki pengikat saat dilipat, pada akhirnya tidak terlihat rapi.


Dhaulagiri

Kursi Lipat

- Rating : 2,5 bintang
- Dimensi L x T : 39 x 60 cm
- Harga : Rp 175 ribu
- Dimana mendapatkannya : Tri Arga Outdoor, JL. Meruya Ilir No. 50, Kembangan, Jakarta Barat

Dilihat dari harganya, ia kontestan yang paling mahal di antara produk lainnya di tes ini. Itu menjadi salah satu kendalanya. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah batang penyangganya dari bahan alumunium sehingga bobotnya ringan.

Tetapi untuk kekokohan, masih kalah dengan produk Leuser. Saat diduduki, kursi lipat ini masih terasa goyah. Untuk ukuran, kursi lipat ini identik dengan merek Leuser.


Leuser Kursi lipat B1

Kursi Lipat

- Rating : 5 bintang [BEST BUY]
- Dimensi L x T : 30,3 x 27,2 cm
- Harga : Rp 65 ribu
- Dimana mendapatkannya : Leuser Bogor, Jl. KH Sholeh Iskandar No.6, Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat

Kelebihan dari kursi lipat Leuser adalah dimensinya yang kompak, hingga tak memakan banyak ruang ketika dibawa dan ditempatkan di kabin atau bagasi. Tak hanya itu, pelipatan yang dimilikinya juga baik, karena hanya membutuhkan 2 step untuk membukanya.

Soal kekuatan, kursi lipat ini tak perlu diragukan lagi. Dengan memiliki rangka dari material besi, tentunya ia kokoh saat diduduki. Harga yang disajikan juga menggiurkan dan ia menjadi yang termurah di antara produk kursi lipat yang kami tes.


Soleil

Kursi Lipat

- Rating : 4 bintang [RECOMENDED]
- Dimensi L x T : 39 x 60 cm
- Harga : Rp 125 ribu
- Dimana mendapatkannya : Ace Hardware Mall Puri Indah

Kursi lipat dari Soleil ini cukup menarik perhatian karena warnanya yang bervariatif. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah tersedianya sandaran yang meningkatkan faktor kenyamanan saat diduduki.

Konstruksi Soleil mengandalkan batang-batang berdimensi kecil, hingga memberikan kelebihan dalam hal bobot yang ringan. Soal kekokohan kontruksi tak perlu diragukan lagi, justru kami ragu dengan bahan kain penopangnya yang kami prediksi tidak berdaya tahan lama.

 

 

365/76-77(19Apl-2Mei2017)

Komentar