AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda City E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

First Drive Honda City Facelift Terbaru di Indonesia

First Opinion
Honda City masih jadi pilihan terbaik bagi mereka yang mengincar Small Sedan. Selain desain yang segar, mobil ini punya performa mesin paling bertenaga sekaligus irit. Ditambah sederet fitur keselamatan aktif dan pasif yang mumpuni membuat City semakin lengkap.


Sekilas Pandang
- Honda City hanya tersedia 1 varian (E) dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT
- Di Jepang, City yang dikenal dengan nama Honda Grace memiliki pilihan mesin hybrid

Jika melihat peta persaingan yang ada. Tidak banyak kontestan yang bermain di segmen Small Sedan. Dan jika dikerucutkan lagi, praktis hanya ada Toyota Vios yang menjadi rival serius bagi Honda City. Sementara Suzuki Ciaz yang diharapkan menjadi ‘pengganggu’, nyatanya tidak bisa berbuat banyak.

Untuk facelift Honda City generasi keempat memang hanya menyentuh estetika bodi dan ubahan fitur di interior. Pada eksterior, City mengganti sistem pencahayaan lampu utama. Jika sebelumnya hanya halogen biasa, kini berganti full LED termasuk dengan DRL di dalamnya. Selain lebih terang dan hemat daya, aplikasi headlamp baru membuat City terlihat modern.

City juga mengaplikasi bilah gril krom yang sedikit membesar. Ada juga ubahan bumper depan, housing lampu kabut dan bumper belakang. Tambahan lain di kaca spion yang sekarang bisa retractable dan dijejali lampu sein LED. Juga dengan penggunaan desain pelek baru ukuran 16 inci model diamond-cut menggantikan pelek model kipas di City sebelumnya.

Bagi kami, ubahan di eksterior City terlalu sederhana. Bahkan tampang City ini masih mirip dengan model sebelum facelift. Namun, Honda jeli dengan menyediakan aksesoris Modulo bagi konsumen yang ingin tampilan City lebih menyolok. Tersedia under spoiler depan, samping dan belakang. Begitu juga dengan sayap tambahan di bagasi dan pelek alloy 16 inci yang lebih sporti. Meski untuk menebus 5 komponen tersebut Anda harus merogoh kocek lebih kurang Rp 20 juta.

Sebagai penyegaran di kabin, panel dasbor kini dilapisi warna baru Gunmetal Garnish. City juga ikut-ikutan mengaplikasi tren head unit ‘mengambang’ berukuran 8 inci menggantikan layar head unit sebelumnya yang berukuran 6,1 inci. Meski jadi perdebatan, Honda terlihat percaya diri menggunakan floating head unit ini di beberapa lini termasuk City.

Kami tidak pernah sangsi dengan kelegaan ruang kabin mobil ini. Dan enaknya sekarang, ada blower AC tambahan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris kedua. Catatan kami, Honda Indonesia terlihat setengahsetengah dalam mengeluarkan potensi terbaik City. Sebab pada City facelift yang beredar di Thailand misalnya, ia sudah dilengkapi sunroof dan juga 6 buah airbags di tipe teratas.

Meski begitu, City masih tetap sedan kecil dengan standar keamanan terbaik di kelasnya. Ia punya kontrol stabilitas yang membuat pengemudi lebih aman saat mobil melintas di permukaan jalan basah dan licin. Termasuk saat pedal gas diinjak penuh, ban bisa berupaya mendapatkan traksi optimal untuk berakselerasi.

Mobil ini juga punya Hill Start Assist yang menahan mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan. Ada juga Brake Override System, dimana saat pengemudi panik dengan menginjak pedal gas dan rem bersamaan, maka komputer akan memproritaskan fungsi pengereman.

Kombinasi mesin 1.497 cc 4 silinder bertenaga 120 dk masih dipertahankan. Ia tetap bertenaga karena torsi maksimal 145 Nm mampu diraih dari 4.600 rpm yang tersalur halus ke roda depan melalui transmisi CVT. Meski setup suspensi terasa keras, hal ini tidak sampai mengurangi kenyamanan dan kestabilan saat bermanuver.

Namun, terbesit di pikiran kami, bisakah City lebih baik dari saat ini? Mengingat Honda sudah menggebrak dengan mesin turbo di Civic dan CR-V. Sebab di negara asalnya Jepang, Honda City yang disebut Honda Grace sudah dibekali mesin hybrid.

Honda Grace/City Hybrid itu menggabungkan mesin bensin 1.500 cc bertenaga 110 dk dan torsi 134 Nm dengan motor listrik. Dimana tenaga motor listriknya 30 dk dan torsi 160 Nm terintegrasi dengan transmisi dual-clutch tujuh percepatan, bersama dengan baterai lithium-ion. Dengan output kombinasi jadi 137 dk dan 170 Nm, mungkin inilah gambaran City di masa depan dan selangkah lebih maju.

 

 

 

374/26-29(23Agts-5Sep2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Rabu, 28 Desember 2016

Honda City Facelift Siap Meluncur di Thailand Awal 2017

Small Sedan andalan Honda yakni Honda City akhirnya memperoleh perubahan minor pada desain mutakhirnya. Honda City Facelift siap diluncurkan di Thailand pada bulan depan, atau tepatnya pada 12 Januari 2017