AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

  • Honda Civic Hatchback E CVT

    Foto : Rynol Sarmono

First Drive Honda Civic Hatchback E CVT

First Opinion
Keputusan tepat dari Honda untuk menghadirkan tipe Hatchback dari Civic. Ia tak hanya menawarkan tampilan yang lebih menggugah adrenalin, tapi juga tetap menawarkan kesenangan berkendara layaknya Civic sejati yang menyenangkan. Mobil ini terasa hampir sempurna, tapi ternyata desainnya sangat agresif belum tentu diterima semua orang. Mirip dengan awal kemunculan Civic Hatchback generasi kelima yang tersohor, Estilo.


Sekilas Pandang
- Tersedia dalam varian S CVT dengan kelengkapan fitur yang berbeda dan dilego seharga Rp 399 juta
- Sudah tersedia aksesori Modulo resmi dari Honda berupa body-kit hingga pelek
- Ditawarkan dengan paket Cermat yang meliputi perawatan berkala selama 3 tahun/50.000 km atau 6 tahun/100.000 dengan biaya tambahan

Akhirnya! Penantian dua dekade terjawab sudah dengan diluncurkannya Civic Hatchback Turbo beberapa waktu silam. Banyak hal positif yang ditawarkan Honda melalui mobil generasi kesepuluhnya ini.

Pertama. Soal harga yang lebih murah dari versi sedannya. Civic Hatchback mendapat keuntungan soal Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hanya sebesar 10% karena ia termasuk ke dalam kategori minibus di Indonesia.

Sementara Civic Sedan harus menanggung PPnBM sebesar 30%. Hal ini yang menjelaskan mengapa Civic Hatchback dapat dijual dengan harga Rp 399 juta untuk tipe S CVT, sedangkan varian E CVT seperti unit yang kami coba, dibanderol Rp 438 juta yang artinya lebih murah Rp 42 juta dari versi sedannya.

Kedua. Tampilannya terasa lebih sporti dari versi sedan. Sejatinya ia mengusung bahasa desain yang serupa dengan garis-garis tajam dan proporsi yang melebar, pipih, juga rendah.

Hanya saja, perbedaan paling mencolok terlihat dari penggunaan bumper dengan kisi-kisi udara lebih besar dan kelir hitam pada gril. Posturnya juga terlihat lebih proporsional dengan dimensi yang berkurang sebanyak 129 mm (4.501 mm vs 4.630 mm) secara keseluruhan berkat bagian buritan yang terpotong.

Ketiga. Fakta tersebut otomatis berdampak pada bobot mobil yang turut berkurang. Dan menjadi hal baik berikutnya karena ia masih mengandalkan jantung mekanis yang telah terbukti superior di kelasnya saat ini. Unit 1.498 cc disuntik turbo mampu melontarkan tenaga hingga 173 dk beserta torsi 220 Nm.

Mesin ini diterjemahkan ke aspal melalui transmisi CVT Earth Dreams ke roda depan. Sejauh ini ia terasa lebih lincah dari versi sedan efek hilangnya ‘buntut’ tersebut.

Keempat. Adalah cara Honda untuk mempertahankan ruang bagasi yang luas pada Civic Hatchback walau harus kehilangan ‘buntut’-nya. Bangku baris keduanya dibuat maju beberapa millimeter sehingga harus mengurangi sedikit ruang kaki.

Resep ini cukup jitu untuk akhirnya membentuk ruang bagasi yang luas. Ia juga dilengkapi tirai terbaru dari Honda yang pengoperasiannya praktis serta mudah disimpan ketika terlipat karena berukuran kecil.

Kelima. Membuatnya semakin menyenangkan karena ia memiliki posisi mengemudi ideal dan sangat ergonomis. Meski posisi duduknya rendah, visibilitas tidak menjadi buruk berkat susunan dasbor yang melandai dan kaca belakang lebih besar dari versi sedan.

Sektor ini sekaligus menunjang kesenangan mengemudinya yang sangat baik berkat lingkar kemudi akurat dan responsif. Tak hanya itu, Civic Hatchback dilengkapi pengaturan bangku 8 arah secara elektris pada bangku pengemudi, juga tersemat pengaturan elektris 4 arah untuk bangku penumpang depan.

Sejumlah kabar baik tersebut tentunya masih harus diiringi beberapa catatan dari kami. Mulai dari head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang kini menggunakan produk aftermarket, berbeda dengan Civic Sedan yang tampilan head unitnya lebih eksklusif.

Kemudian kembali ke akomodasi ruang kepala bangku belakangnya, ia memang terasa aman untuk postur orang Asia rata-rata. Namun, jika lebih dari 175 cm dipastikan akan menjadi masalah karena ada tonjolan tepat di atas kepala yang menjadi tempat mekanisme engsel bukaan pintu bagasi.

Hal terakhir adalah kekurangan klise menyangkut transmisi CVTnya. Sangat disayangkan sensasi berkendara sporti harus berkurang karena karakter transmisi CVT yang halus dan cenderung tak terasa perpindahan giginya. Kabar buruk bagi pengemudi antusias karena Honda Indonesia tidak turut memasukkan pilihan transmisi manual untuk Civic Hatcback terbaru.

 

 

371/26-29(12-25Jul2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Kamis, 18 Agustus 2016

Honda Segera Luncurkan Honda Civic Hatchback di AS

Honda akan segera meluncurkan Honda Civic Hatchback di Amerika Utara (AS) pada musim gugur (September – November) 2016 mendatang. Model Civic 5-pintu pertama di Amerika Serikat ini akan mengusung mesin 1.500 cc turbo

umum

Kamis, 11 Agustus 2016

Honda Tampilkan Honda Civic Hatchback di GIIAS 2016

Di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2016, PT Honda Prospect Motor dengan tema Advance New World kembali beri kejutan dengan menghadirkan Honda Civic Hatchback Prototype

first-impresion

Kamis, 11 Agustus 2016

Spesifikasi Honda Civic Hatchback Prototype

PT Honda Prospect Motor (HPM) luncurkan Honda Civic Hatchback untuk pertama kalinya di kawasan Asia Oceania di GIIAS 2016. Inilah sekilas spesifikasi Honda Civic Hatchback Prototype

umum

Selasa, 31 Mei 2016

Honda Civic Turbo Jadi Peningkat Segmen Medium Sedan Yang Lesu di Indonesia

Segmen Medium Sedan ini memang mengalami penurunan peminat, berkat hadirnya segmen SUV. Nah, Honda Civic Turbo jadi peningkat segmen Medium Sedan yang lesu di Indonesia

umum

Jumat, 27 Mei 2016

Bahan Bakar Yang Pas Untuk Honda Civic Turbo di Indonesia

Mesin dengan menggunakan turbo membutuhkan bahan bakar yang berkualitas untuk menghasilkan performa yang maksimal. Lantas, apakah bahan bakar yang pas untuk Honda Civic Turbo di Indonesia?

bisnis

Rabu, 14 September 2016

Honda Civic Turbo Pimpin Penjualan di Kelas Medium Sedan

Hanya berselang 4 bulan setelah diluncurkan, Honda Civic Turbo langsung pimpin kelas Medium Sedan dengan pangsa pasar sebesar 53% dan total penjualan sebanyak 842 unit

bisnis

Minggu, 5 Juni 2016

Ini Alasan Honda Tidak Jual Honda Civic 1.8 di Indonesia

Di beberapa negara seperti Thailand sebenarnya Honda masih menjual mesin lama dengan kapasitas 1.800 cc. Lantas mengapa HPM tidak menjualnya juga? Ini alasan Honda tidak jual Honda Civic 1.8 di Indonesia.

umum

Rabu, 12 Oktober 2016

Inilah Tampang Prototipe Honda Civic Turbo Hatchback di Indonesia

Inilah tampang prototipe Honda Civic Turbo Hatchback di Indonesia. Ketika dipamerkan di GIIAS 2016, Honda Civic Hatchback Prototype ini tampil begitu menggoda. Akankah ia menjadi best seller hatchback di Indonesia?

umum

Senin, 4 Juli 2016

Cerita di Balik Desain Honda Civic Turbo Terbaru di Indonesia

Yuji Matsumochi, Assistant Large Project Leader All New Honda Civic, Honda Motor Company, Ltd: Desain baru Civic ini tidak menutup kemungkinan menjadi acuan model-model sedan berikutnya yang akan kami luncurkan

umum

Kamis, 1 Desember 2016

Honda Civic Turbo Dapat Predikat Lima Bintang ASEAN NCAP

Honda Civic Turbo dapat predikat lima bintang untuk tingkat keselamatan terbaik versi ASEAN NCAP (New Car Assessment Program). Dalam pengujian tersebut, All New Honda Civic Turbo berhasil meraih nilai 14.74 dari nilai maksimal 16.00

umum

Sabtu, 1 Oktober 2016

Kapan Honda Civic Turbo Hatchback Masuk Indonesia?

Kehadirannya amat dinantikan oleh para pecinta hatchback terlebih ada tenaga turbo di dalamnya. Lalu, kapanHonda Civic Turbo hatchback muncul di Indonesia?

umum

Kamis, 26 Mei 2016

Honda Bawa Honda Civic Turbo di Pameran Otomotif Medan (POM) 2016

Honda bawa andalan terbarunya Honda Civic Turbo di Pameran Otomotif Medan (POM) 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 25-29 Mei 2016 di Santika Premier Dyandra, Medan

umum

Selasa, 24 Mei 2016

Honda Ajak Awak Media Mencoba Honda Civic Turbo Terbaru di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) ajak para awak media untuk bisa lebih mengenal Honda Civic Turbo terbaru di Indonesia (24/05). Event yang dinamai All New Civic Media Test Drive ini memberi kesempatan para wartawan mencoba Civic generasi ke 10 ini

first-impresion

Kamis, 11 Agustus 2016

Honda Civic Turbo Prestige Sebagai Varian Baru Honda Civic Turbo di Indonesia

Honda Civic Hathback Prototype memang jadi Bintang PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun beberapa jagoan HPM pun tampil beda diajang GIIAS 2016. Salah satunya adalah Honda Civic Turbo Prestige sebagai varian baru Honda Civic Turbo di Indonesia

knowledge

Rabu, 7 September 2016

Teknologi Kunci Mobil Honda Civic Turbo di Indonesia

Inilah teknologi kunci mobil Honda Civic Turbo di Indonesia. Mobil yang baru dirilis di Indonesia ini juga memiliki fitur yang cukup canggih di remote kuncinya. Tapi, berbeda dengan remote kunci BMW, milik Civic Turbo tidak memiliki layar

knowledge

Senin, 31 Oktober 2016

Honda Jazz Turbo Belum Akan Ikuti Jejak Honda Civic Turbo di Indonesia

Apakah PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda berniat menghadirkannya di Tanah Air? Ternyata Honda Jazz turbo belum akan ikuti jejak Honda Civic Turbo di Indonesia

knowledge

Selasa, 31 Mei 2016

Fitur Remote Engine Start Bisa Nyalakan Mesin dan AC Honda Civic Turbo Lewat Kunci Remote

Honda Civic Turbo memiliki fitur terbaru yang dinamakan Remote Engine Start. Nah, fitur Remote Engine Start bisa nyalakan mesin dan AC Honda Civic Turbo lewat kunci remote

knowledge

Kamis, 26 Mei 2016

Fitur Honda Civic Turbo Terbaru di Indonesia

Inilah fitur Honda Civic Turbo terbaru di Indonesia. All New Honda Civic 1.5 Turbo menyajikan berbagai teknologi terbaru yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin

knowledge

Selasa, 31 Mei 2016

Bisakah Honda Civic Turbo Gunakan Bahan Bakar di Indonesia?

Honda Civic 1.5 Turbo sudah mengusung mesin standar Euro4. Hingga akhirnya muncul kesan di masyarakat bahwa Honda Civic 1.5 Turbo tidak bisa menggunakan bahan bakar di Indonesia. Apakah itu benar?

umum

Selasa, 15 November 2016

Honda Bawa Honda Civic Turbo Racing Concept

Honda bawa Honda Civic Turbo Racing Concept pada ajang ISSOM 2016 di Sentul, Jawa Barat. PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan sentuhan ringan di bagian eksterior agar lebih sporty