AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

  • Mazda CX-5 Elite Soul Red

    Foto : Istimewa

First Drive Mazda CX-5 Elite Terbaru di Indonesia

First Opinion
Kami sangat mengapresiasi desain baru di mobil ini. Sebuah lompatan besar dari model sebelumnya. Handling juga terasa lebih baik dengan adanya GVC. Semoga PT Eurokars Motor Indonesia, bisa mendatangkan CX-5 versi mesin diesel di masa mendatang.


Sekilas Pandang
- Terdapat 250 ubahan di Mazda CX-5 baru
- Saat nanti dijual, versi Elite akan pakai body-kit depan-belakang lCompletely Built-Up Jepang

Saat artikel ini kami tulis, PT Eurokars Motor Indonesia memang belum secara resmi meluncurkan Mazda CX-5 terbaru di Indonesia. Peluncurannya dikabarkan baru akan dilakukan Agustus 2017 mendatang. Tapi beruntungnya, kami sudah bisa mencobanya terlebih dahulu. Bahkan, rute pengetesannya terbilang panjang, hampir 500 km!

Pertama kami jumpa dengan CX-5 terbaru, adalah saat tiba di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur (11/7). Sungguh kami terkesima dengan suguhan desain terbarunya. Benarbenar terlihat segar, sporti, modern, namun tetap terlihat dewasa.

Baru sebentar kami memandanginya, panitia langsung memerintahkan kami untuk bergegas ke destinasi selanjutnya. Pada undian yang dilakukan, beruntungnya kami mendapatkan unit Mazda CX-5 tipe Elite sebagai varian flagship. Untuk tipe di bawahnya, adalah Grand Touring yang di model sebelumnya jadi varian tertinggi.

Pada etape pertama, kami disuguhkan oleh kepadatan arus lalu lintas kota Malang. Kami suka desain dasbor baru Mazda CX-5 yang datar dan lebih rendah dari model sebelumnya. Visibilitas depan jadi terlihat makin leluasa. Paket sistem keselamatan i-ACTIVSENSE juga masih dibawa. Misalnya Blind Spot Monitoring System, yang akan memunculkan pendaran ikon di sudut spion, saat ada objek di samping yang mendekat.

Saat rombongan berhenti untuk makan siang, baru akhirnya kami bisa lebih puas melihat desain eksteriornya. Bagian fascia terlihat berubah total. Lampu depan, kini berdimensi sangat sipit yang terlihat sangat agresif. Gril depan juga terlihat unik, dengan celah di bagian ujung yang bersinggungan dengan lampu depan. Foglamp LED yang dipakai, berdimensi sangat mungil, sehingga berkesinambungan dengan desain lampu depan yang sipit.

Saat beranjak ke samping, desain bingkai bawah kaca samping terlihat rata. Tidak seperti model sebelumnya yang meninggi di bagian belakang. Di model terbaru juga tidak ada lagi ‘kaca mati’, pada jendela penumpang.

Di bagian belakang, desainnya juga baru. Desain pintu bagasi bergurat dan menonjol, menghadirkan kesan sensual. Desain lampu belakangnya memang cukup baik, sayangnya punya dimensi yang terlalu kecil menurut kami. Sementara knalpot ganda yang keluar di belakang, jelas menghadirkan kesan sporti.

Langsung saja kami coba mobil ini dari Malang menuju Banyuwangi, Jawa Timur. Rute yang dilintasi melewati Paiton, dan Situbondo. Dengan kondisi jalan di Paiton yang berkelok, pastinya akan menguak seperti apa jatidiri Mazda CX-5.

Karakter bantingan suspensi memang masih kaku seperti model sebelumnya. Set suspensi kaku ini memang dipasang, guna mempertahankan driving dynamics khas sasis SKYACTIV Mazda.

Handling-nya juga terasa mantap, tanpa adanya gejala body roll yang berlebih. Mazda CX-5 baru, sudah dilengkapi teknologi G-Vectoring Control (GVC). Teknologi ini memungkinkan pengaturan distribusi bobot terbaik, saat mobil menikung. Terlihat gimmick awalnya, tapi ternyata dampak positif GVC benar kami rasakan. Setir jadi sangat akurat, sehingga minim koreksi saat Anda bermanuver tajam.

Soal mesin, Mazda CX-5 baru ini memang masih mempertahankan unit 2.500 cc generasi sebelumnya. Oh ya, pilihan mesin 2.000 cc kini tidak lagi dijual. Unit 2.500 cc memang masih sama, tapi ada ubahan pada komputer mesin, sehingga tenaganya naik 3 dk dan torsi meningkat 1 Nm. Ubahan ini ternyata cukup memengaruhi akselerasi bawah hingga menengah yang terasa lebih kuat.

Setelah menyeberang di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Perjalanan kami lanjutkan hingga akhirnya finish di Denpasar, Bali. Di etape ini, kami coba rasakan impresi kenyamanan kabin baris kedua.

Suguhan headroom dan legroom terasa masih sama baiknya dengan model sebelumnya. Tapi kini, sudut sandaran bangku bisa diatur (reclining), sehingga menghadirkan keleluasaan posisi duduk. Jika sandaran bangku tengah direbahkan, tersedia dua buah cup holder dan dua buah slot USB untuk charging gadget. Ventilasi AC belakang juga kini tersedia, untuk memberi kenyamanan lebih penumpang.

 

 

372/26-29(26Jul-8Agts2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 1 November 2016

Mazda CX-5 2016 Terbaru Siap Debut di LA Motor Show 2016

Mazda merilis sebuah teaser untuk model Mazda CX-5 2016 menjelang debut globalnya di LA Motor Show 2016 bulan ini. Generasi sebelumnya dari Mazda CX-5 hadir di tahun 2012 lalu yang sekaligus menjadi model tertua pada line up Mazda

umum

Kamis, 27 Oktober 2016

Adu Fitur Hiburan Renault Koleos VS Mazda CX-5

Mazda CX-5 merupakan Medium SUV dengan fitur yang berlimpah. Munculnya Renault Koleos terbaru di Indonesia memberi perlawanan cukup sengit dengan beberapa fitur andalannya. Kami pun mengadu fitur Renault Koleos vs Mazda CX-5

umum

Selasa, 28 Juni 2016

Tes Mazda Melibas 3 Negara ASEAN

Dengan tajuk Mazda SKYACTIV ASEAN Caravan, para jurnalis dari Asia Tenggara termasuk Auto Bild diajak mengendarai lini produk Mazda melintasi 3 negara yakni Thailand, Laos dan Vietnam

first-impresion

Senin, 23 Mei 2016

Mazda CX-4 Siap Temani Mazda CX-3 dan Mazda CX-5

Di lantai pameran Frankfrut Motor Show 2015 lalu, Mazda pernah menghadirkan Koeru Concept. Berangkat dari konsep itu, Mazda siap menghadirkan penantang baru. Sambutlah Mazda CX-4 yang siap temani Mazda CX-3 dan Mazda CX-5

special-test

Kamis, 27 Oktober 2016

Komparasi Spesifikasi Mesin Renault Koleos VS Mazda CX-5 di Indonesia

Renault Koleos mempunyai spesifikasi mesin yang cukup tangguh. Bagaimana bila spesifikasi mesin Renault Koleos dibandingkan dengan Mazda CX-5? Berikut komparasi spesifikasi mesin Renault Koleos vs Mazda CX-5

mobil-baru

Rabu, 4 Januari 2017

Mazda CX-5 2017 Terbaru Resmi Meluncur

Mazda CX-5 2017 terbaru akhirnya resmi meluncur di Jepang. Dikabarnya, generasi ketiga dari Mazda CX-5 ini siap dikirimkan ke tangan konsumen mulai awal Februari mendatang

knowledge

Sabtu, 15 April 2017

Model Terbaru Mazda