AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

  • Suzuki Jimny 4WD

    Foto : Rusli Ilfan

First Drive Suzuki Jimny Terbaru di Indonesia

First Opinion
Kehadiran Suzuki Jimny harusnya bisa merebut antusiasme pecinta otomotif khususnya pehobi mobil 4WD. Meski Jimny tidak dibekali tampang yang terlalu modern, tampilannya terasa khas dan ikonik. Namun lebih dari itu, inilah mobil legendaris yang harusnya bisa digunakan sama baiknya saat di jalan aspal atau medan off-road berat sekalipun.


Sekilas Pandang
- Diluncurkan resmi di GIIAS 2017
- Semua unit Suzuki Jimny sepenuhnya CBU

Seolah ingin mengulang masa-masa keemasan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan lagi Suzuki Jimny dengan format penggerak 4 roda. Jadi, meski tampilan luarnya biasa, kemampuan jelajah mobil inilah yang jadi incaran.

Masuk ke kabin kami disambut jok berbahan fabric. Ia menyuguhkan posisi duduk tinggi karena tidak dilengkapi height adjuster. Setirnya juga statis tanpa pengaturan tilt dan teleskopik. Sulit untuk mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis. Terlebih bagi pengendara dengan tinggi badan lebih dari 175 cm karena akan terkendala dengan keterbatasan ruang kepala. Untung secara keseluruhan, visibilitas SUV mungil ini tergolong baik walau desain dasbor tegak yang jadi ciri khasnya tetap dipertahankan.

Putar kunci kontak, jantung pacu berkapasitas 1.328 cc 4 silinder langsung meraung dengan keras. Suara mesin ini baru terdengar lebih senyap begitu idle. Keluaran tenaga Jimny memang hanya 83 dk. Namun, dengan bobot 1.105 kg, Jimny bisa menghasilkan power to weight ratio sebesar 13,3 kg/dk. Artinya setiap 1 dk tenaga yang dihasilkan Jimny, bisa membawa beban sebesar 13,3 kg.

Saat melaju normal di posisi gerak roda 2WD, laju Jimny di jalan terasa begitu lincah. Injak lebih dalam pedal gas, mobil ini bisa melesat gesit dengan penyaluran tenaga yang rapat melalui transmisi otomatis 4 percepatan.

Di posisi ini bantingan suspensi Jimny terasa lembut karena sekarang menggunakan suspensi coilover. Ditambah putaran setir yang ringan, memang membuat efek body-roll jadi terasa. Terutama saat mobil memasuki tikungan di kecepatan menengah hingga tinggi.

Impresi yang berbeda kami rasakan begitu mode penggerak roda diubah ke 4WD. Proses perpindahan transfercase tidak lagi melalui tuas kecil yang sebelumnya berdampingan dengan tuas transmisi. Cukup dengan memencet tombol alias shift on the fly. Dengan catatan mobil melaju pelan sekitar 20 km/jam, maka gerak roda bisa langsung beralih ke 4WD meski peralihannya terdengar kasar.

Dengan tenaga mesin yang tersalur ke keempat roda, laju Jimny memang sontak menurun. Putaran setir juga terasa makin berat. Ini bukan hal yang aneh, mengingat kondisi mobil sudah diposisikan untuk menerjang medan semi off-road. Seperti jalan berbatu-batu ataupun jalan tanah yang becek.

Kami memang belum menemukan tempat yang pas untuk menguji kemampuan off-road berat mobil ini. Namun, percobaan kami, untuk masuk ke model 4WD-L. Posisi mobil harus dalam keadaan diam dan tuas transmisi ada di netral.

Pada posisi ini Jimny bisa dengan mudah menaklukkan tanjakan yang bergelombang dengan kemiringan 45 derajat tanpa hambatan berarti. Selain karena rasio gigi rendah bisa tersalur sempurna. Mobil ini punya Limited Slip Differential (LSD) yang berfungsi menjaga mobil tetap stabil meski salah satu roda kehilangan traksi.

Jimny juga didukung ground clearance 190 mm dan overhang pendek di depan dan belakang yang membuatnya mumpuni melintasi medan jalan yang terjal. Meski kami harus memaklumi getaran di kabin yang makin terasa mengganggu.

Jadi, jika Anda tidak memiliki masalah dengan desain Jimny yang boxy dan minim fitur, inilah waktunya untuk nostalgia dengan sang SUV mungil. Terlebih kemampuan jelajahnya yang kami rasa masih sulit untuk ditaklukkan oleh Compact SUV atau Medium SUV modern tanpa dukungan penggerak 4 roda.

 

 

372/30-33(26Jul-8Agts2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 22 Agustus 2016

Suzuki Memperkenalkan Jimny Terbaru Kepada Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Jimny LJ80 sebagai generasi pertama di ajang GIIAS 2016 lalu. Selain LJ80, Suzuki juga memperkenalkan Jimny terbaru kepada konsumen yang akan diluncurkan di Indonesia.

umum

Senin, 22 Agustus 2016

Prediksi Spesifikasi dan Harga Suzuki Jimny di Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap menjual Suzuki Jimny terbaru di Indonesia secara CBU dari Jepang tanpa mengurangi fitur yang ada. Inilah prediksi spesifikasi dan harga Suzuki Jimny di Indonesia.

umum

Jumat, 5 Agustus 2016

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 nanti, Suzuki Indonesia akan memamerkan legenda mereka, Suzuki Jimny dalam Historical Corner. Sebelum melihat langsung, kami akan membahas lebih dahulu sejarah Suzuki Jimny di Indonesia

umum

Kamis, 28 Juli 2016

Berapa Harga Suzuki Jimny Terbaru Yang Hadir Bulan Depan?

Hingga kini Suzuki Jimny terbaru tak kunjung muncul juga di pasaran. Belum lagi pertanyaan, berapa harga Suzuki Jimny terbaru yang sepertinya hadir bulan depan ini?

umum

Rabu, 27 Juli 2016

Suzuki Pamerkan Sang Legenda Suzuki Jimny di GIIAS 2016

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) berencana pamerkan sang legenda Suzuki Jimny di GIIAS 2016

knowledge

Minggu, 21 Agustus 2016

Alasan Suzuki Pamerkan Jimny Klasik

Booth Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menampilkan Suzuki Jimny klasik di GIIAS 2016. Inilah alasan Suzuki pamerkan Jimny klasik.