AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Agya 1.0 G MT

    Foto : Noor Zaenuri

First Drive Toyota Agya G 1.0 MT

First Opinion
Sekilas, mobil ini tampak hanya sekadar facelift. Desain bumper serta lampu baru jadi Andalan. Tapi sebenarnya banyak ubahan yang dilakukan Toyota untuk memanjakan pengguna nantinya. Seperti ubahan sektor mesin dan juga kenyamanan penumpang di dalam kabin.


Sekilas Pandang
- Tersedia pilihan mesin 1.197 cc berkode 3NR-FE
- Terdapat pilihan transmisi otomatis di mesin 1.000 cc dan 1.200 cc
- Gratis biaya jasa hingga 50 ribu km atau 4 tahun

Semenjak diperkenalkan bulan April lalu, penjualan Toyota Agya terbaru ini terus mengalami lonjakkan. Bahkan hingga akhir bulan lalu, total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sudah mencapai angka 5.700 unit.

Dari total SPK tersebut, 96,1 persen memang untuk Agya yang pakai mesin terbaru. Artinya, Agya dengan mesin lama masih ada kontribusi sebesar 3,9 persen atau sekitar 222 unit.

Fakta lainnya, Agya dengan transmisi manual secara penjualan total masih punya penggemar lebih besar, yaitu sekitar 54 persen. Kami pun penasaran dengan Agya G 1.0 bertransmisi manual, karena ia tidak sekadar facelift semata. Apa saja ubahannya?

Agya 1.0 G MT ini dijual seharga Rp 134,6 juta. Harga ini sudah ada kenaikan sekitar Rp 16 juta dibanding Agya dengan tipe yang sama saat pertama kali diluncurkan 2013 silam. Namun, harga yang Anda bayarkan sejalan dengan fitur serta ubahan yang telah dilakukan Toyota.

Pertama dari sisi mesin. Walau masih menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 1KR-FE, tapi mesin berteknologi VVT-i ini punya tenaga yang sedikit lebih besar menjadi 67 dk dari yang tadinya hanya 63,5 dk. Torsi yang ia miliki masih sama di angka 89 Nm. Dengan tenaga yang hanya terpaut 3,5 dk sangat sulit kami rasakan perbedaannya. Karakter transmisi juga masih mirip. Transmisi manual 5 percepatan rasio cukup besar yang membuat ‘napas’ mobil jadi lebih pendek.

Meski ubahan tenaga tidak terlalu signifikan, tapi Toyota klaim dengan penambahan tenaga tersebut akselerasi 0-100 km/jam menjadi lebih cepat 1 detik menjadi 13,79 detik.

Perubahan yang cukup terasa yaitu soal akselerasi pertengahannya. Toyota klaim kalau akselerasi 60-80 km/jam menjadi lebih cepat 1,6 detik. Begitu juga ketika akselerasi dari 80-100 km/jam yang lebih cepat 0,4 detik.

Ubahan pada mesin yang bisa kami rasakan adalah soal getaran. Perbaikan pada desain body mounting dan juga gear shift damping membuat getaran bisa diminimalisir walau tidak sehalus mesin Agya empat silinder kapasitas 1.197 cc.

Rupanya Toyota juga melakukan improvement soal kebisingan. Perubahan material di bagian atap dan beberapa bagian di seputar dasbor membuat kabin Agya lebih kedap. Klaim Toyota, saat kondisi idle AC off tingkat kebisingannya dari 48,6 dB menjadi 45 dB. Sedangkan ketika AC on, dari 50,9 dB menjadi 50,2 dB.

Selain itu, Agya 1.0 G MT kini juga punya fitur lebih lengkap dibanding pertama kali diluncurkan tahun 2013. Sebut saja lampu belakang yang sudah mengandalkan LED. Lampu utama juga sudah menggunakan proyektor walau masih dengan bohlam halogen.

Fitur keselamatannya juga semakin banyak. Mulai dari dual SRS Airbag, head rest di setiap jok, seatbelt 3 titik untuk seluruh penumpang, hingga ISOFIX untuk kursi balita.

Akankah Agya G 1.0 MT ini masih banyak peminatnya? Atau justru akan kalah saing dengan Agya mesin baru yang lebih bertenaga? Apalagi, harga mobil ini sama persis dengan Calya E transmisi manual yang sudah jelas punya kapasitas kabin lebih besar.

 

 

371/34-37(12-25Jul2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 23 Mei 2016

Spy Shot: Inikah MPV LCGC Calon Adik Toyota Avanza di Indonesia?

Auto Bild mendapatkan kiriman foto spy shot. Inikah MPV LCGC calon adik Toyota Avanza di Indonesia?

mobil-baru

Senin, 15 Agustus 2016

Toyota Calya Bukan Toyota Agya Versi Panjang

Toyota Calya bukan Toyota Agya versi panjang. Hal tersebut kami rasakan ketika melihat dan mencoba langsung di dalam kabin Toyota Calya. Mulai dari sasis, kaki-kaki dan drivetrain, kami melihat Calya sangat berbeda dari adiknya tersebut

bisnis

Rabu, 14 September 2016

Penjualan Toyota Agya Belum Terpengaruh Toyota Calya

Penjualan Toyota Calya yang tembus lebih dari 17.000 unit sejak diperkenalkan membuat pendahulunya, Toyota Agya terancam. Namun sejauh ini penjualan Toyota Agya belum terpengaruh Toyota Calya

bisnis

Rabu, 10 Agustus 2016

Toyota Calya Datang, Bagaimana Nasib Toyota Agya?

Kehadiran mobil ini akan merepotkan pendahulunya Toyota Agya. Setelah Toyota Calya datang, bagaimana nasib Toyota Agya?

umum

Senin, 1 Agustus 2016

Perbandingan Harga Toyota Calya dan Toyota Agya

Suka atau tidak konsumen pasti akan membandingkan harga keduanya. Apalagi sedikit terjadi irisan harga antara keduanya. Lantas, bagaimana perbandingan harga antara Toyota Calya dan Toyota Agya?

special-test

Selasa, 4 Oktober 2016

Kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra Dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla

Inilah kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla. Hanya berpaut harga Rp 15 jutaan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya banyak kelebihan dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

knowledge

Selasa, 18 Oktober 2016

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul

knowledge

Senin, 23 Mei 2016

Prediksi Spesifikasi Mesin MPV LCGC Adik Toyota Avanza di Indonesia

Kalau mau kompetitif, mestinya ia menggunakan unit di bawah Avanza yang mengandalkan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Inilah prediksi spesifikasi mesin MPV LCGC adik Toyota Avanza di Indonesia

bisnis

Rabu, 11 Januari 2017

Belum Ada Info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift di Dealer

Gosip kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Lalu apakah sudah ada info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift yang bisa digali di dealer

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

mobil-baru

Rabu, 4 Januari 2017

Toyota Agya Facelift Segera Hadir di 2017

Di tahun 2016, tepatnya Agustus lalu kembali hadir duet antara Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra. Dan ada kabar bahwa Toyota Agya facelift segera hadir di tahun 2017, benarkah?

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Gosip Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc di Indonesia

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 di Indonesia santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

road-test

Selasa, 25 Oktober 2016

Perbandingan Renault Kwid Vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil berdesain mungil itu langsung menjadi pembicaraan dengan harga on the road Rp 117,7 juta. Inilah perbandingan Renault Kwid vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang mempunyai harga mirip.