AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • First Drive Toyota Vios 1.5 E CVT

    Foto : Tryatna Widiadi

  • Toyota Vios E CVT

    Foto :

  • Toyota Vios E CVT

    Foto :

  • Toyota Vios E CVT

    Foto :

  • Toyota Vios E CVT

    Foto :

  • Toyota Vios E CVT

    Foto :

First Drive Toyota Vios E CVT

First Opinion
Tampilannya memang tidak sekeren TRD Sportivo. Ia terlihat lebih polos dengan fitur yang lebih sedikit. Tapi rasa berkendaranya tidak berbeda dengan sang flagship. Jika Anda tidak memusingkan masalah tampilan dan fasilitas, Vios E CVT ini adalah pilihan yang menarik.


Sekilas Pandang
- Tersedia 6 pilihan warna; Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Quartz Brown, Silky Beige Metallic, Silver Metallic
- Toyota Vios total memilki 6 varian.

 

Setelah Auto Bild merasakan impresi awal Vios terbaru yakni trim tertinggi 1.5 CVT TRD Sportivo beberapa waktu lalu, kini giliran kami mencoba tipe E yang merupakan varian terendah.

Namun, kami tetap memilih tipe bertransmisi otomatis meski antara TRD Sportivo CVT dengan E CVT sudah memiliki selisih harga mencapai Rp 44,3 juta.

Bila menilik fitur yang diberikan, ia tetap mengalami improvement yang cukup baik. Dari luar, memang tampilannya tidak segagah trim tertingginya 1.5 CVT TRD Sportivo yang hadir dengan spoiler bagasi baru serta desain stiker pada bodi samping yang ciamik.

Akan tetapi, sein di spion dan pelek alloy 15 inci telah hadir sebagai kelengkapan standar. Sensor parkir pun telah ada di tipe terendah Small Sedan Toyota tersebut.

Desain standar dari Vios E CVT ini juga tidak bisa dibilang buruk. Lekuk tubuhnya masih terlihat dinamis dengan lampu depan menyipit yang seirama dengan desain gril krom memperkuat kesan kokoh. Meski tipe E harus tunduk tanpa foglamp, namun model kisi udara trapezoidal di bumper tetap menyiratkan nuansa kencang.

Masuk ke bagian dalam, posisi duduk Vios terasa nyaman dan ergonomis dengan hadirnya pengaturan sudut alas jok yang memudahkan pengemudi mendapatkan posisi duduk ideal. Ditambah bahu jendela cukup tinggi menambah kesan sporti.

Melirik sistem hiburannya, ia memang belum seadvanced tipe TRD dengan head unit yang kini dilengkapi DVD AVX internet, plus Miracast dengan kesan mewah. Meski begitu, kualitas suaranya tetap terjaga optimal.

Head unit terintegrasi pun begitu mudah dijangkau meski tipe E belum dilengkapi tombol audio di kemudi. Tapi dual airbags dan rem ABS telah menjadi kelengkapan standar.

Pun begitu dengan hadirnya pengikat childseat di belakang serta spion elektris. Kunci immobilizer juga telah hadir guna memberi kontribusi pada keamanan mobil. Namun, tentunya fitur Start/Stop Engine milik tipe tertinggi lebih menawan.

Satu hal yang perlu diamati lebih jauh dari menu utama pada Vios terbaru ini adalah penempatan mesin dan transmisi terbarunya.

Vios kini menggendong mesin berkode 2NR-FE serupa Sienta dan Yaris. Unit tersebut berkonfigurasi empat silinder 1.496 cc berteknologi Dual VVT-i bertenaga 105 dk dengan torsi 140 Nm. Sayangnya unit mesin ini menghasilkan tenaga lebih kecil dibanding dapur pacu Vios terdahulu yang berkode 1NZ-FE.

Mesin tersebut dipadupadankan dengan CVT pada transmisi otomatisnya. Aransemen yang dilakukan Toyota ini meninggalkan transmisi otomatis lawasnya yang mengusung matik roda gigi 4 percepatan.

Saat diajak melaju memang transfer tenaga dari mesin ke roda lewat CVT terasa begitu halus dan minim entakan. Minimnya entakan memang membawa rasa nyaman.

Namun, keasyikan berkendara justru terasa kurang tanpa adanya ritual entakan yang kerap terjadi saat Anda mencoba berakselerasi penuh.

Saat akselerasi penuh dilakukan dengan menginjak dalam pedal gas sebetulnya kecepatan meningkat dengan signifikan, namun hal tersebut tertutupi oleh kesan halus yang dihadirkan.

Mesin baru 2NR-FE 1.496 cc 4 silinder memang agak terasa kurang bertenaga dibanding mesin terdahulunya.

Meski tenaganya tak sedigdaya mesin pendahulunya 1NZ-FE yang tersohor tahan banting, tetapi mesin baru yang dipadu dengan transmisi CVT 7-speed sequential shiftmatic ini diklaim mampu mengefisiensikan bahan bakar hingga 30% dari mesin terdahulu.

Desing mesin baru Vios ini terdengar lebih halus, dari dalam kabin terasa lebih hening dibanding generasi sebelumnya.

Perihal handling, kami rasa ia tak jauh berbeda dengan sang flagship, meskipun ia ditopang dengan ukuran ban lebih kecil yakni 185/60 R15, sedangkan 1.5 TRD lebih gagah dengan 196/50 R16.

Lantas, bagaimana pendapat Anda tentang rentang harga Rp 44,3 juta antara trim CVT tertinggi yakni 1.5 CVT TRD dengan versi terendahnya 1.5 E CVT?

 

 

357/22-23(28Des-10Jan16)

Komentar

Berita Terkait

knowledge

Kamis, 24 November 2016

Perbandingan Toyota Vios Termurah Dengan Toyota Limo Lux

Harga yang menggiurkan merupakan daya tarik untuk memilikinya. Tapi apakah Anda tahu apa saja perbandingan dengan Toyota Vios termurah tipe E MT yang merupakan varian termurah dengan Toyota Limo Lux yang merupakan varian tertinggi?

umum

Kamis, 17 November 2016

Harga Resmi Toyota Vios Terbaru

Meski tanpa peluncuran yang megah, Toyota Vios baru sudah mendapatkan mesin dan transmisi baru. Lantas berapakah harga resmi Toyota Vios terbaru?

special-test

Rabu, 16 November 2016

Komparasi Spesifikasi Mesin Toyota Vios Terbaru dengan Honda City

Bagaimana dengan Toyota Vios terbaru saat ini yang mengalami pengembangan di sektor mesin? Kami lakukan komparasi spesifikasi mesin Toyota Vios terbaru dengan Honda City.

umum

Rabu, 16 November 2016

Perbandingan Fitur Toyota Vios Terbaru dan Honda City di Indonesia

Inilah sekilas perbandingan fitur Toyota Vios terbaru dan Honda City di Indonesia. Belum lama ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran untuk Toyota Vios. Tidak banyak ubahan yang diberikan, terlebih untuk fitur yang dimilikinya

knowledge

Rabu, 16 November 2016

Komparasi Spesifikasi Mesin Suzuki Ciaz dan Toyota Vios Terbaru di Indonesia

Inilah komparasi spesifikasi mesin Suzuki Ciaz dan Toyota Vios terbaru di Indonesia. Tanpa disadari Toyota Astra Motor memberikan sentuhan untuk menyegarkan Toyota Vios yang menjadi andalannya di segmen Small Sedan

knowledge

Selasa, 8 November 2016

Komparasi Harga Toyota Vios Terbaru dengan Toyota Vios Sebelumnya

Ini adalah komparasi Harga Toyota Vios terbaru dengan Toyota Vios sebelumnya. Akhir tahun ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan varian facelift dari Small Sedan andalan mereka, Toyota Vios

mobil-baru

Selasa, 1 November 2016

Toyota Luncurkan New Toyota Vios Yang Didukung Mesin dan Transmisi Baru

Setelah meluncurkan berbagai produk baru dan improvement sejumlah line-up, kini PT Toyota-Astra Motor (TAM) luncurkan New Toyota Vios dengan penampilan lebih stylish dan sporty yang didukung teknologi mesin dan transmisi terbaru