AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

  • Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

    Foto : Rusli Ilfan

Mencoba Langsung Toyota Land Cruiser Prado 2.7 TX

First Opinion
Absennya beberapa kelengkapan di eksterior LC Prado standar terbukti bukan merupakan masalah krusial. Bahkan itu membuatnya semakin menarik karena bisa diset bandrol harga lebih murah Rp 125 juta dibanding tipe LC Prado Modellista. Meski wajah mobil ini bukan selera semua orang, Prado tetaplah Prado yang bisa diandalkan sebagai mobil keluarga berkemampuan super dengan daya jelajah diatas reta-rata.


Sekilas Pandang
- Hadir melalui Importir Umum Terminal Motor Pondok Indah
- CBU dari Jepang
- Dijual juga tipe Toyota Land Cruiser Prado Modellista
- Di luar negeri tersedia pilihan mesin bensin 4.0 dan diesel 2.8

Tahun lalu kami pernah mengulas mengenai versi khusus dari Toyota Land Cruiser Prado Modellista. Kini giliran kami mencoba versi standar mobil ini yang punya nama lengkap Toyota Land Cruiser (LC) Prado 2.7 TX.

Perbedaan pertama nampak dari suguhan eksterior yang minimalis. Terlihat jelas di bumper depan dan belakang, serta bagian sisi yang tidak diberi sisipan aerokit. Meski terlihat kurang agresif, kami senang dengan tampilan seperti ini yang memberi kesan simpel dan gagah.

Hal lain yang berbeda ialah footstep statis yang diterapkan. Meski kesannya tertinggal jika dibanding footstep elektris di LC Prado Modellista, tapi yang ini justru membuat Prado TX terkesan lebih tahan banting.

Minus beberapa kelengkapan di atas nyatanya tidak mengurangi karakteristik SUV mewah di LC Prado standar. Apalagi di sektor kaki-kaki, mobil ini sudah ditopang pelek alloy warna silver dan ban berukuran 265/65 R17. Sama persis dengan yang digunakan di LC Prado Modellista.

Masuk ke sektor kabin, kami tidak menemukan perbedaan sama sekali dengan varian Modellista. LC Prado terbungkus aura kemewahan yang menjadi ciri khas SUV luks dari Toyota.Tampak dari penggunaan material kulit di jok dan panel kayu yang melekat di doortrim, setir dan beberapa sisi dasbor.

Kemudahan juga diberikan untuk pengemudi dan penumpang. Pada bangku baris pertama dan ketiga sudah menggunakan pengaturan otomatis. Sayang bangku baris kedua masih memakai tuas untuk mengatur posisi duduk ideal.

Di balik kemudi LC Prado memberikan posisi berkendara yang cenderung tinggi. Hal ini baik, karena dengan pandangan yang luas, kami bisa lebih mudah memantau pergerakan SUV bongsor sepanjang 4,7 meter.

Di jantung pacu, LC Prado menggunakan mesin yang sama dengan Fortuner 2.7 dengan teknologi VVT-i. Mesin berkapasitas 2.693 cc 4 silinder ini mampu merilis tenaga sebesar 164 dk dan torsi 246 Nm.

Minimnya torsi memang membuat laju LC Prado jadi kurang responsif ketika pedal gas kami buka. Hal yang wajar mengingat bobot mobil mancapai lebih dari 2,8 ton.

Kendati demikian, Prado memberikan kompensasi positif dengan ayunan suspensi yang begitu empuk. Inilah berkah penggunaan suspensi depan dengan coil spring double wish bone dan stabilizer bar independent.

Diramu dengan suspensi belakang 4-link dengan coil spring dan stabilizer bar, tidak saja nyaman di jalan aspal, kami meyakini komposisi suspensi ini juga ideal saat menerjang jalan semi off-road sekalipun.

 

 

360/22-23(8-21Feb17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Kamis, 22 September 2016

Diam-diam Toyota Sudah Jual Toyota Land Cruiser Terbaru di Indonesia

Rupanya di salah satu line-up mobil yang dijual, tepatnya di segmen SUV sudah terpajang model baru dari Toyota Land Cruiser. Diam-diam Toyota sudah jual Toyota Land Cruiser terbaru di Indonesia

first-impresion

Kamis, 22 September 2016

Spesifikasi Mesin Toyota Land Cruiser Terbaru di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah menjual Toyota Land Cruiser terbaru dalam 2 model. Namun baik Toyota Land cruiser VX Grade dan VX-R sepertinya akan mengusung mesin yang sama. Spesifikasi mesin Toyota Land Cruiser terbaru di Indonesia

knowledge

Kamis, 22 September 2016

Harga Toyota Land Cruiser Terbaru di Indonesia

Ini menjadi babak baru bagi persaingan di segmen premium SUV seperti dihuni saudaranya Lexus LX570, Mercedes-Benz GL500 ataupun Range Rover Sport. Lantas berapa harga Toyota Land Cruiser terbaru di Indonesia?