AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mencoba Mazda CX-3 Calon Lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia

Foto : Trybowo Laksono

Mencoba Mazda CX-3 Calon Lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia

Auto Bild mencoba Mazda CX-3 calon lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia. Jika benar dugaan kami, sepertinya Mazda CX-3 tak lama lagi akan hadir tahun ini di Indonesia

Auto Bild mencoba Mazda CX-3 calon lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia. Jika benar dugaan kami, sepertinya Mazda CX-3 tak lama lagi akan hadir tahun ini di Indonesia. SUV berdimensi kompak ini nantinya akan menempati kelas yang sama dengan Honda HR-V, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Renault Duster.

Dengan format 5 tempat duduk, salah satu lawan yang paling terusik saat ia hadir nanti adalah Honda HR-V. Karena selain sama-sama Compact SUV berkapasitas 5 penumpang, salah satu popularitas Honda HR-V adalah keasyikan berkendaranya. Mazda CX-3, saat kami coba di Thailand, sangat unggul sisi fun to drive-nya.

Atas undangan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) kami mengikuti acara Mazda SKYACTIV ASEAN CARAVAN (27-29/6). Dalam helatan media test drive lintas negara itu (Thailand-Laos-Vietnam), salah satu line up yang kami tes adalah Mazda CX-3.

Impresi awal, dibanding Honda HR-V, SUV terbaru Mazda ini terasa lebih tajam pengendaliannya. Tapi itu harus dibayar dengan bantingan yang lebih keras sehingga jika melintas pada jalan bergelombang terasa kurang nyaman.

Mazda CX-3 yang kami coba ini menggunakan mesin 2.000 cc SKYACTIV-G. Jadi secara output, ia bahkan lebih bertenaga dari HR-V 1.8 yang dayanya 139 dk. Sementara CX-3 punya power maksimum 147 dk.

Mesin potensial itu lalu disalurkan via girboks otomatis 6 percepatan manual. Perpindahannya, seperti karakter transmisi SKYACTIV lainnya yakni halus dan tetap responsif.

Pihak PT MMI belum mau mengkonfirmasi waktu peluncuran CX-3 di Indonesia. Namun kami prediksi itu bisa dilakukan di gelaran GIIAS pada Agustus mendatang.

Komentar