AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

  • Mercedes-Benz GLE 450 AMG

    Foto : Rynol Sarmono

Mencoba Mercedes-Benz GLE 450 AMG Dengan Performa Ekstra

First Opinion
Tampangnya sangar dan gagah, memastikan penunggangnya mendapat banyak perhatian saat melaju di jalan. Sementara performa, meski bukan mobil AMG murni, tapi mesinnya sudah lebih dari cukup untuk memuaskan adrenalin dari sebuah SUV murni berpenggerak semua roda.


Sekilas Pandang
- Hadir melalui Importir Umum Terminal Motor Pondok Indah
- GLE yang dihadirkan PT Mercedes-Benz Indonesia adalah GLE 250d, GLE 400 Exclusive, GLE 400 AMG, GLE 43 Coupe

Pasar SUV tampaknya masih sangat menggiurkan di Indonesia. Tak hanya barisan Agen Pemegang Merek (APM) yang ingin mereguk manis pasarnya, pihak Importir Umum pun juga tak mau ketinggalan.

Kendati Mercedes-Benz GLE berformat kupe sudah hadir melalui jalur APM, tapi GLE Coupe yang satu ini turut serta melalui pintu IU.

Untuk diferensiasi, varian yang digunakan berbeda dengan yang ada dalam list produk APM. Ini adalah Mercedes-Benz GLE 450 AMG. Sementara GLE kupe yang ada di Indonesia adalah GLE 400 Coupe. Jadi secara performa, keluaran IU ini lebih sangar.

Benar bahwa ia bukanlah ras AMG murni, karena nomenklatur AMG pada namanya hanya menunjukkan sebuah trim. Tapi tetap ia lebih potensial untuk urusan berlari jika dibanding GLE 400 Coupe reguler.

Bila GLE 400 Coupe merilis tenaga ‘hanya’ 333 dk, maka GLE 450 AMG ini melecut hingga 367 dk. Itu sebab klaim akselerasinya mencapai 5,7 detik untuk sprint 0-100 km/jam. Sementara GLE 400 Coupe hasil tes kami mentok di tempo 6,4 detik.

Gerak semua roda 4MATIC juga memberi kontribusi lebih pada kecekatan GLE 450 AMG. Tenaga besar tersalur sempurna pada roda yang membutuhkan.

Tapi memang jika dibanding BMW X6, kecepatan perpindahan gigi Mercy GLE tidak lebih baik. Ia kalah sigap dan sedikit mengurangi keasyikan berkendara jika sedang berkendara dengan penuh ambisi.

Begitu juga dengan posisi duduk yang kurang rendah sehingga pengemudi seperti kurang ‘menyatu’ dengan mobil jika dibanding posisi duduk BMW X6.

Namun toh itu tidak sampai merusak mood pengemudi secara keseluruhan. Karena lingkup kabin di Mercy pun sudah sangat menyenangkan.

Aura sporti sangat terasa di kabin. Hadirnya emblem AMG seperti menstimulasi pengemudi untuk memacu kencang. Untung handling GLE ini termasuk tajam. Kedinamisannya juga terbantu oleh roda besar berukuran 21 inci.

Tapi memang untuk bantingan suspensi ia sedikit kaku. Tapi kerasnya pantulan berkonsekuensi positif terhadap ketajaman pengendalian. Ia mudah meliuk meski ditakdirkan sebagai SUV bertubuh tinggi.

Paling menyenangkan bagi kami adalah tampangnya. Wajah depan sudah terlihat sangar dengan bumper berdesain agresif. Sementara headlamp dan gril relatif mirip dengan kebanyakan produk-produk Mercy saat ini.

Lalu beranjak ke samping, garis bodi kupe membuat ia bercitra campuran. Antara SUV dengan garis bodi ala mobil kupe yang atapnya landai.

Kami suka dengan bentuk ini, seperti punya 2 kekuatan. Bisa diajak ke jalan semi off-road karena ia adalah SUV berkaki jenjang. Namun punya garis kupe yang mengingatkan pengemudi kalau ia juga handal bermanuver di aspal mulus.

Pemiliknya akan luwes membawa ia kemana pun. Plus catatan lain adalah kemewahan yang biasa dihadirkan Mercy, termasuk GLE yang satu ini. Terlebih ia hadir dari pintu IU sehingga terasa lebih eksklusif karena populasinya lebih sedikit.

 

 

359/32-33(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Rabu, 13 Juli 2016

Menaklukkan Jalur Puncak-Cipanas Dengan Mercedes-Benz GLE 400 di HTD 2016

Saya menaklukkan jalur Puncak-Cipanas dengan Mercedes-Benz GLE 400 di HTD 2016. Tenaga dan torsi besar yang dimiliki sangat menjanjikan buat melahap tanjakan panjang di rute ini. Bagaimana hasilnya?

knowledge

Senin, 4 Juli 2016

Uji Konsumsi BBM Mercedes-Benz GLE 400 di HTD 2016

Auto Bild uji konsumsi BBM Mercedes-Benz GLE 400 di HTD 2016. Lalu lintas padat dan jalanan macet menjadi tantangan tersendiri