AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Toyota Sienta E CVT

    Foto : Noor Zaenuri

Mencoba Toyota Sienta Grade Termurah

First Opinion
Model termurah bukanlah incaran sebagian pengguna mobil di sini. Mereka lebih mengutamakan model flagship yang mewah dan lengkap. Tapi buat kami, itu terserah Anda. Bila model termurah sudah mencukupi, rasanya ia layak untuk dipilih. Seperti Toyota Sienta E CVT ini. Untuk sebuah MPV perkotaan berbodi kompak, tawarannya sudah cukup. Kecuali kalau Anda ingin lebih dipandang di jalan.


Sekilas Pandang
- Masih ada tipe G yang berada 1 level di atas tipe E
- Sienta punya 7 pilihan warna bodi

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa konsumen cenderung memilih model termewah. Selain karena kelengkapannya yang sudah memadai sehingga tidak perlu lagi menambah pernak-pernik aksesori, varian termewah juga bergengsi dan tampil lebih keren di jalan. Padahal sebenarnya kebutuhan dasarnya tidak sejauh itu.

Apapun alasannya, itu merupakan preferensi pribadi Anda. Namun, bagaimana bila model termurah pun sebenarnya sudah cukup? Sebagai gambaran, kami akan perlihatkan pada Anda Toyota Sienta E CVT yang merupakan model termurah di keluarga Sienta ini.

Pemilihan tipe E dengan transmisi CVT jelas lantaran kebutuhan MPV ini sebagai commuter di kota besar seperti Jakarta. Dengan tawaran kenyamanan berkendara yang pas, rasanya transmisi ini paling tepat dipilih.

Jangan kaget saat melihat tampilan luarnya. Ia tidak semolek tipe Q yang berlimpah panel bodi. Lihat saja gril dan bumper depan polos tanpa sentuhan apa pun. Foglamp juga belum ada. Minus body kit, wajahnya terlihat datar saja.

Ke samping, peleknya masih besi ukuran 15 inci dan ditutup dop. Iya, dop! Agak aneh sih melihatnya, tapi itulah risiko membeli model termurah. Pun dengan spion dan hendel pintu berkelir hitam dan belum sewarna bodi.

Ke buritan, ia juga tampak datar tanpa body kit dan panel pemanis lainnya. Lampunya juga berbeda lantaran tidak dilapisi oleh ornamen bertema bumerang ala tipe Q.

Buka pintu geser samping ternyata masih mengandalkan kekuatan tangan alias belum elektris. Meski demikian, kami merasa tenaga yang dibutuhkan untuk membukanya masih cukup pas.

Tidak ada yang berbeda dari bangku tengah tipe E dengan model di atasnya. Posisi duduk cukup baik dan dilengkapi pengatur sandaran jok. Hanya saja rongga penyimpanan tidak sebanyak model di atasnya.

Selain itu, ternyata Sienta E belum ada AC double blower. Saat kami pakai sendiri tidak masalah. Namun, itu akan menjadi pekerjaan rumah bagi Anda yang gemar bepergian dengan penumpang banyak. Apalagi jika matahari sedang terik-teriknya bersinar.

Metode lipat Dive-in Seat juga masih diterapkan di sini. Proses pelipatan cukup mudah dan memberi Anda keleluasaan mengatur konfigurasi bangku. Sangat berguna bagi sebuah kendaraan multi fungsi.

Desain dasbor terlihat lebih sederhana ketimbang kakak-kakaknya. Bisa begitu karena ia tidak dilengkapi AC digital. Pun head unit masih terintegrasi.

Tidak ada tombol Start/Stop mesin dan minus tombol kontrol di setir. Terlihat polos dan sederhana tanpa lis silver di beberapa detail, walau sentuhan kemewahan masih terasa di beberapa sudut.

Bagaimana pengalaman berkendaranya? Ia mengandalkan mesin serupa dengan varian lain, yakni unit 2NR-FE Dual VVT-i 1.497 cc 4 silinder bertenaga 107 dk dan torsi 140 Nm.

Kami merasa dari sisi ini ia tidak berbeda dengan Sienta yang lain. Distribusi tenaga tersalurkan dengan baik dan cukup halus di jalan. Merasa kurang tenaga? Cukup pindahkan ke mode manual dan rasakan sensasi ala transmisi roda gigi dengan 7 rasio sabuk baja.

Bantingan suspensinya juga masih sama. Tidak terlalu keras dan pas untuk harian. Ia juga cukup lincah saat manuver dan memberi rasa percaya diri ketika overtaking.

Dengan catatan, Anda harus paham dulu dengan karakter mesin dan transmisi CVT Sienta.

Namanya model termurah, fiturnya pun dilucuti cukup banyak. Dibanding tipe Q, tipe E tidak punya Hill-start Assist Control, Vehicle Stability Control, dan spion lipat elektris. Selain itu, lampu depan masih halogen, dan kunci tanpa immobilizer.

Sampai di sini, apakah Anda sudah merasa cukup dengan tawaran Toyota Sienta E CVT ini? Oh ya, harganya Rp 248 juta. Sebagai pembanding, tipe Q CVT dengan spek lengkap dihargai Rp 295 juta. Kalau cukup, artinya Anda sudah berhemat Rp 47 juta.

 

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Selasa, 20 September 2016

Test Drive Toyota Sienta Q CVT di Indonesia

Toyota mengirim sinyalemen bahaya ke rival abadinya, Honda. Pemicunya satu, Toyota Sienta sudah betul-betul mengaspal dan siap mengancam hegemoni Honda Freed. Dan kami pun melakukan test drive Toyota Sienta Q CVT di Indonesia

first-impresion

Kamis, 26 Mei 2016

Mencoba Impresi Toyota Sienta Terbaru di Indonesia

Hadirnya Toyota Sienta di Indonesia, sukses ‘mengusik’ perhatian publik. Apakah ia mampu kembali memanaskan kelas MPV yang belakangan ini terbayangi mobil SUV? Auto Bild mencoba impresi Toyota Sienta terbaru di Indonesia

mobil-baru

Sabtu, 22 Oktober 2016

Perbedaan Toyota Sienta Tipe Q dan Toyota Sienta Tipe E

Tidak tanggung-tanggung Sienta tersedia dalam 8 trim. Dengan tersedianya ragam pilihan, kami pun penasaran apa perbedaan Toyota Sienta tipe Q dan Toyota Sienta tipe E

mobil-baru

Selasa, 29 Maret 2016

Ini Bocoran Kelengkapan Interior Toyota Sienta

Setelah berbagai rumor penampakan dan modelnya mencuat di dunia maya, kami mendapatkan informasi mengenai interior Sienta yang sedianya akan dilengkapi layar LCD berukuran 4.2 inci.

mobil-baru

Rabu, 5 Oktober 2016

Toyota Vios Akan Pakai Mesin dan Transmisi Toyota Sienta

Toyota Vios generasi ke-3 sudah ada sejak beberapa waktu lalu. Dan kabarnya, Toyota Vios akan melakukan penyegaran dengan pakai mesin dan transmisi baru milik Toyota Sienta. Apalagi model ini telah lebih dulu hadir di Thailand

mobil-baru

Kamis, 8 September 2016

Komparasi Value for Money Toyota Sienta Q CVT VS Honda Freed E A/T

Jika membandingkan Toyota Sienta Q CVT melawan Honda Freed E, maka poin kepantasan harga dengan fitur yang ditawarkan menjadi begitu penting. Maka inilah komparasi Value for Money Toyota Sienta Q CVT vs Honda Freed E A/T