AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota New Venturer 2.4L AT

    Foto : Rusli Ifan

Mencoba Toyota Venturer 2.4L Otomatis di Indonesia

First Opinion
Venturer diperuntukkan bagi konsumen yang gemar berpetualang. Melalui penambahan 15 item, Toyota mencoba menghadirkan mobil produksi pabrik Karawang, Jawa Barat ini lebih dari sekadar MPV.


Sekilas Pandang
- Venturer memiliki 4 varian baik mesin bensin maupun diesel. Masing-masing tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.
- Tersedia warna baru khusus untuk Venturer yakni Red Mica Metallic.

Bila Toyota Avanza punya Veloz sebagai varian tertinggi, maka Kijang Innova kini tersedia Venturer sebagai flagship di jajaran Innova.

Venturer bermesin diesel dan transmisi otomatis inilah yang menjadi varian termahal Innova dengan harga Rp 445,6 juta.

Penggunaan nama Venturer diambil dari kata ‘Adventurer’ yang berarti petualang. Secara konsep, mobil ini diciptakan untuk memberikan pengalaman petualangan yang tangguh tanpa menghilangkan DNA kenyamanan dari sang legenda Kijang Innova.

Sejumlah ubahan pun cukup signifikan dilakukan utamanya di bagian eksterior. Kesan tangguh coba diperlihatkan Venturer lewat penggunaan bumper spoiler berwarna hitam yang terpasang di bagian bawah bumper depan.

Demi memberikan kesan mewah, gril Venturer kini diberi finishing warna piano black dipadu ornamen krom gelap di seputar logo Toyota. Masih di bagian gril, desainer Toyota juga memberi aksen krom yang berbentuk seperti bumerang untuk mempertegas sudut gril.

Yang membedakan dengan Kijang Innova, lampu utama Venturer kini terlihat lebih sangar. Hal ini karena penggunaan aksen warna hitam di bagian rumah lampunya. Sementara pada lampu kabut juga diberi aksen krom gelap.

Bukan hanya itu, pada bagian bawah bumper depan juga diberi tambahan spoiler berwarna hitam lengkap dengan aksen krom di sisi pinggirnya.

Pada bagian samping, agar selaras dengan bagian depan, Venturer juga dilengkapi overfender berwarna hitam yang menyatu dengan side skirt warna serupa.

Tak lupa, agar terlihat makin sangar, pelek berukuran 17 inci yang juga diambil dari Kijang Innova Q 2.4 AT kini diberi sentuhan warna hitam.

Sayangnya, penggunaan overfender ini tidak diimbangi ukuran offset pelek yang dibuat lebih kecil. Alhasil, bila dilihat dari belakang, posisi pelek seperti ‘tenggelam’ oleh lebarnya bodi.

Sektor buritan jadi bagian yang paling tidak banyak ubahan. Bila diperhatikan hanya garnish yang diberi finishing pianno black serta bumper spoiler yang hanya ada di kedua sisi bumper. Tak lupa, emblem Venturer disematkan di sebelah kanan pintu belakang.

Penambahan yang cukup banyak di eksterior rupanya tak diimbangi di sektor kabin. Yang paling terlihat, seluruh jok kini dilapis bahan kulit lengkap dengan jahitan warna putih. Sisanya masih sama seperti Kijang Innova Q 2.4 A/T yang kini justru tak lagi dijual.

Misalnya saja head unit ukuran 8 inci yang punya fitur air gesture. Begitu juga illumination LED warna biru yang memberikan kesan nyaman layaknya sedang duduk di lounge.

Ia juga masih dibekali 7 airbags. Dua yang ada di dasbor, dua di sisi jok penumpang depan satu di lutut pengemudi serta dua lagi disematkan untuk melindungi penumpang dari pecahan kaca samping.

Jantung mekanisnya pun tak mengalami ubahan. Unit turbodiesel yang memiliki tenaga 149 dk serta torsi 367 Nm. Ia tetap menyenangkan untuk dikendarai. Terlebih, transmisi otomatis 6 percepatan miliknya membuat tenaga yang disalurkan ke roda belakang jadi lebih rapat.

Cukup disayangkan, sistem kemudinya tidak mengalami ubahan. Artinya masih memiliki bobot yang berat. Hal tersebut kami rasakan ketika sesi first drive yang kami lakukan setelah peluncurannya. Tentu cukup merepotkan pengemudi ketika parkir di lahan terbatas.

 

 

359/26-27(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Rabu, 21 Desember 2016

Penampakan Toyota Kijang Innova Venturer Yang Segera Diluncurkan

Sekian lama diisukan hadir varian baru, penampakan Toyota Kijang Innova Venturer yang segera diluncurkan tersebar di social media. Meski hanya bentuk brosur, namun terlihat perbedaan dari varian lainnya.

mobil-baru

Rabu, 23 November 2016

Toyota Kijang Innova Venturer Segera Diluncurkan

Proses Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor Toyota Kijang Innova Venturer dalam website Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah selesai. Ini menjadi tanda bahwa Toyota Innova Venturer segera diluncurkan

mobil-baru

Selasa, 25 Oktober 2016

Toyota Innova Venturer Sama Seperti Toyota Innova Crysta?

Toyota Indonesia diketahui mengajukan permohonan di TPT Online Kemenperin atas Innova baru itu, dengan nama Toyota Innova Venturer. Benarkah Toyota Innova Venturer sama seperti Innova Crysta?

mobil-baru

Selasa, 25 Oktober 2016

Toyota Innova Venturer Sudah Terdaftar di TPT Kemenperin

Setelah Sienta dan Calya, kini giliran Toyota Innova yang akan meluncur tipe barunya. Ya, Toyota Innova Venturer sudah terdaftar di TPT Kemenperin

bisnis

Jumat, 30 Desember 2016

Toyota Berusaha Supaya Harga Toyota Kijang Innova Venturer Tidak Terlalu Mahal

Kami mendapat informasi bahwa Toyota Kijang Innova Venturer akan dibanderol hingga Rp 480 jutaan. Namun PT Toyota Astra Motor (TAM) membantah kabar tersebut. Toyota berusaha supaya harga Toyota Kijang Innova Venturer tidak terlalu mahal

umum

Jumat, 30 Desember 2016

Toyota Kijang Innova Venturer Diluncurkan Pertengahan Januari 2017

Varian termewah dari Toyota Kijang Innova dipastikan diperkenalkan ke publik pada Januari nanti. Menurut sumber terpercaya kami, Toyota Kijang Innova Venturer diluncurkan pada pertengahan Januari 2017

first-impresion

Kamis, 5 Januari 2017

Harga Toyota Kijang Innova Venturer Bisa Sama Dengan Harga Nissan Serena Baru

Meski belum diluncurkan secara resmi, namun beredar spekulasi harga Toyota Kijang Innova Venturer terbaru antara Rp 450 juta hingga Rp 480 juta. Bila benar, maka harga Toyota Kijang Innova Venturer bisa sama dengan harga Nissan Serena baru

first-impresion

Kamis, 29 Desember 2016

Apa Saja Perbedaan Interior Toyota Kijang Innova Venturer Dengan Varian Standar?

Perbedaan eksterior antara Toyota Kijang Innova Venturer dengan varian standar cukup banyak. Lantas apa saja perbedaan interior Toyota Kijang Innova Venturer dengan varian standar?

first-impresion

Rabu, 23 November 2016

Prediksi Perbedaan Toyota Kijang Innova Venturer Dengan Toyota Kijang Innova Standar

Didapuk sebagai varian tertinggi, akan ada banyak perbedaan dengan varian standar. Inilah prediksi perbedaan Toyota Kijang Innova Venturer dengan Toyota Kijang Innova standar

knowledge

Kamis, 5 Januari 2017

Harga BMW X1 Bekas Lebih Murah Dari Toyota Kijang Innova Venturer

Harga varian flagship baru Toyota Kijang Innova Venturer diprediksi antara Rp 450 juta hingga Rp 480 juta. Dengan uang sebanyak itu, ternyata Anda bisa mendapatkan BMW X1 bekas dengan usia yang tidak terlalu tua dengan harga lebih murah

knowledge

Jumat, 30 Desember 2016

Harga Toyota Kijang Innova Venturer Rp 450-480 Jutaan

Meski belum resmi diluncurkan, namun para tenaga penjual (sales) di internet secara terang-terangan menerima inden Toyota Kijang Innova Venturer. Diprediksi, harga Toyota Kijang Innova Venturer Rp 450-480 jutaan. Benarkah?

knowledge

Kamis, 29 Desember 2016

Inilah Bocoran Perbedaan Eksterior Toyota Kijang Innova Venturer Dengan Varian Lain

Setelah adanya penampakan melalui brosur yang tersebar di dunia maya, varian terbaru Toyota Kijang Innova Venturer mulai banyak terungkap. Salah satunya bocoran perbedaan Toyota Kijang Innova Venturer dengan varian lain di bawahnya

knowledge

Rabu, 23 November 2016

Toyota Kijang Innova Venturer Bukan Toyota Innova Crysta

Banyak yang menduga nama yang akan diluncurkan adalah Toyota Innova Crysta. Ternyata TAM menyatakan bahwa Toyota Kijang Innova Venturer bukan Toyota Innova Crysta

mobil-baru

Kamis, 29 Desember 2016

Inilah Penampakan Asli Toyota Kijang Innova Venturer di Indonesia!

Setelah tersebar dalam bentuk brosur, kami mendapatkan foto asli dari calon varian termewah Toyota Kijang Innova. Inilah penampakan asli Toyota Kijang Innova Venturer di Indonesia!

umum

Selasa, 10 Januari 2017

Tidak Ada Nama Kijang di Toyota Innova Venturer

Selama ini PT Toyota Astra Motor (TAM) selalu menyematkan kata Kijang dengan bentuk emblem di seluruh lini produk Toyota Kijang Innova. Menariknya pada calon varian terbarunya tidak ada nama Kijang di Toyota Innova Venturer

first-impresion

Senin, 9 Januari 2017

Ada Dua Pilihan Mesin Toyota Kijang Innova Venturer

Walaupun belum resmi diluncurkan, namun dapat dipastikan PT Toyota Astra Motor (TAM) akan menyediakan dua pilihan mesin untuk Toyota Kijang Innova Venturer. Konsumen ditawarkan mesin bensin dan diesel

knowledge

Senin, 9 Januari 2017

Prediksi Fitur Toyota Kijang Innova Venturer di Indonesia

Dalam waktu dekat PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan varian terbaru dari MPV andalannya, Toyota Kijang Innova. Setelah membahas perbedaan eksterior dan interior, kini kami memprediksi fitur Toyota Kijang Innova Venturer di Indonesia

road-test

Selasa, 10 Januari 2017

Perbandingan Toyota Kijang Innova Venturer VS Toyota Fortuner VRZ

Bila benar, maka berbeda tipis sekitar Rp 20 jutaan dengan Toyota Fortuner VRZ sebagai SUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM). Inilah perbandingan Toyota Kijang Innova Venturer VS Toyota Fortuner VRZ