AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

  • Toyota Vios G MT

    Foto : Rusli Ifan

Mencoba Toyota Vios Baru Bertransmisi Manual

First Opinion
Tipe menengah dengan transmisi manual, Vios G MT ini rasanya akan lebih laku di daerah non perkotaan. Mengapa? Karena dengan lalu lintas macet, transmisi otomatis lebih mampu ‘melipur lara’. Kami juga optimis, paduan mesin baru dan transmisi manualnya, bisa membuat mobil ini lebih irit dari Vios manual model sebelumnya.


Sekilas Pandang
- Mesin 2NR-FE sudah dirakit di Indonesia
- Vios di Thailand tersedia pilihan mesin berbahan bakar ethanol 2NR-FBE
- Tersedia dalam 6 pilihan warna

Jika diperhatikan, tren pembelian mobil konsumen Indonesia agak sedikit unik. Kami teringat, ucapan salah satu petinggi agen pemegang merek mobil ternama di Indonesia. Ia berpendapat bahwa, konsumen Indonesia itu sebenarnya menghindari pembelian mobil dengan tipe terendah.

Menurutnya, para konsumen menghindari itu karena ada anggapan ‘kurang anggaran’, jika membeli mobil tipe terendah. Ia juga melanjutkan, bahwa tipe menengah lah yang paling laris dipilih.

Sekarang marilah kita sambut tipe menengah dari Toyota Vios terbaru ini. Ya, di keluarga Vios, tipe G adalah tipe menengah di atas tipe E dan di bawah tipe TRD Sportivo sebagai varian flagship.

November 2016 lalu, PT Toyota Astra Motor melakukan ubahan pada sedan yang punya tagline ‘Fuelsaver & Speedmaker’ ini. Ubahan yang dilakukan menyentuh sektor eksterior, mesin, transmisi, dan fitur.

Meski ubahannya diklaim menyentuh sektor eksterior, jujur kami sulit sekali melihat perbedaan dengan generasi sebelumnya. Tidak ada ubahan berarti. Mungkin hanya emblem Dual VVT-i di area fender depan, dan desain pelek baru saja yang jadi ciri pembeda.

Saat membuka kap mesin, barulah terlihat perawakan mesin barunya. Ciri mesin baru ini terlihat dari cover engine-nya yang sangat identik dengan milik Toyota Sienta.

Tak mengherankan, karena mesin yang dibopong Vios baru ini juga sama dengan kepunyaan Sienta. Yup, unit 2NR-FE ini menggantikan seri 1NZ-FE yang digunakan Vios generasi sebelumnya.

Diimbuhi teknologi katup variabel di kedua katup (intake & exhaust), Toyota mengklaim mesin ini lebih irit dari mesin dengan teknologi VVT-i milik Vios lama.

Meski diklaim lebih irit, Anda mungkin sedikit kecewa dengan raihan tenaga mesin barunya ini. Output tenaganya kini berkurang 2 dk. Apakah kini Vios baru hanya sanggup jadi fuelsaver saja? Tunggu hasil pengetesan lengkap kami.

Saat duduk di bangku pengemudi, kesan mewah tetap terasa hadir. Mengapa? Karena interiornya mirip sekali dengan tipe TRD Sportivo.

Ada head unit layar sentuh yang sudah support screen mirroring, tapi sayang belum ada fitur navigasi. Ada pula AC climate control dan tombol engine start/stop di tipe ini. Dengan harga lebih murah, Anda mendapatkan nuansa kabin yang sama dengan tipe tertinggi.

Kami sebenarnya suka dengan paduan warna beige dan abu-abu di interiornya. Sayangnya, warna beige yang terlalu cerah, terlihat mudah sekali kotor. Apalagi joknya yang hanya berlapis fabric. Sekadar tetesan air pun, rentan terlihat seperti noda.

Sekarang saatnya kami mulai bergerak mengitari area uji coba, untuk merasakan impresi awalnya. Yang kami rasakan, respons tenaga yang diberikan mesin barunya terasa lebih halus. Tidak ada sensasi menghentak seperti yang dihadirkan mesin 1NZ-FE.

Meski penyaluran tenaganya halus, setidaknya mobil ini tetap mudah membangun kecepatan. Hal ini berkat transmisi manualnya.

Dibanding transmisi otomatis, apalagi CVT, transmisi manual mampu lebih sigap dalam mengail putaran mesin. Hasilnya mesin bisa lebih cepat mendapatkan torsi maksimum. Soal kesenyapan kabin, rasanya sama saja seperti Vios model sebelumnya.

Bobot injakan pedal kopling terasa pas. Meski tetap tidak lebih empuk dari bobot pedal kopling Mitsubishi Mirage MT ataupun Suzuki Celerio MT misalnya.

Sedikit kami sayangkan, transmisi terasa sulit berpindah ke gigi mundur. Butuh dorongan keras, untuk memastikannya masuk ke gigi mundur. Mungkin hanya butuh sedikit adaptasi.

Untuk urusan handling, rasanya juga tidak ada perubahan. Handling-nya tergolong menengah. Harus kami akui, tidak lebih tajam dan menyenangkan dibandingkan Honda City. Mungkin karena memang set suspensi Vios yang terasa lebih empuk dibanding City. Untuk hal lainnya, Vios baru ini memang tetap membawa pesona lamanya. Contohnya, akomodasi bangku baris kedua yang lega.

 

 

358/26-27(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 7 Mei 2013

Toyota Vios Baru Telah Meluncur

Toyota Vios generasi ke tiga mengalami perubahan secara menyeluruh

first-drive

Selasa, 13 Desember 2016

Impresi Toyota Vios Terbaru di Indonesia

Tanpa gegap gempita, Vios baru saja mendapat penyegaran dari PT Toyota Astra Motor. Bukan pada wajah yang berbeda signifikan, namun jantung mekanis alias mesinnya benar-benar baru

mobil-baru

Selasa, 1 November 2016

Toyota Luncurkan New Toyota Vios Yang Didukung Mesin dan Transmisi Baru

Setelah meluncurkan berbagai produk baru dan improvement sejumlah line-up, kini PT Toyota-Astra Motor (TAM) luncurkan New Toyota Vios dengan penampilan lebih stylish dan sporty yang didukung teknologi mesin dan transmisi terbaru

mobil-baru

Sabtu, 10 September 2016

Toyota Vios CVT dan Toyota Yaris CVT Segera Meluncur di Indonesia

Untuk para penggemar sedan Toyota Vios dan hatchback Toyota Yaris tidak lama lagi akan hadir versi CVT yang sudah lama ditunggu oleh para konsumen. PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan Toyota Vios CVT dan Yaris CVT segera meluncur di Indonesia

mobil-baru

Selasa, 6 September 2016

Kapan Toyota Yaris dan Toyota Vios CVT Dijual di Indonesia?

Meski sudah terdaftar di TPT online Kementerian Perindustrian (Kemenperin), status kedua varian tersebut ternyata masih simpang siur. Lantas, kapan Toyota Yaris dan Toyota Vios CVT dijual di Indonesia?