AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Proton Iriz Standard 1.3 CVT

    Foto : Arizona Sudiro

Pengetesan Awal Proton Iriz Standard CVT

First Opinion
Kami sangat mengagumi fitur keselamatan yang disematkan Proton kepada Iriz. Seandainya harga Iriz bisa diset lebih rendah lagi, maka bukan tidak mungkin jika akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang tergoda padanya.


Sekilas Pandang
- Versi manualnya dijual seharga Rp 175 juta
- Versi manual tidak dilengkapi fitur Hill Descent Control
- Terdapat 7 pilihan warna dan Atlantic Blue sebagai warna yang dijuarakan Proton

Mengevaluasi dua tahun ke belakang, sepertinya PT Proton Edar Indonesia (PEI) terbilang jarang menunjukkan aktivitas penjualan ataupun peluncuran mobil baru.

Awal tahun ini, PT PEI selaku distributor resmi Proton di Indonesia mencoba memberi gebrakan baru dengan meluncurkan Iriz. Iriz sendiri sebetulnya telah diluncurkan di negeri asalnya, Malaysia, sejak 2015 silam. Namun, adanya restrukturisasi internal PT PEI, barulah di tahun 2017 Iriz siap mengaspal di Indonesia.

Setelah kami menjajal versi transmisi manualnya, kini kami berkesempatan mencoba tipe bertransmisi CVT dari Small Hatchback asal Negeri Jiran tersebut.

Mengintip ke Malaysia, Iriz hadir dalam tiga varian yakni Standard, Ekslusif, dan Premium. Ia juga hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.600 cc yang disalurkan melalui transmisi manual dan CVT.

Namun, yang dihadirkan di Indonesia hanyalah versi Standard. Hal ini terdeteksi dari cover spion dan tuas pembuka pintu yang diberi kelir hitam, tidak disamakan dengan warna bodi. Selain itu, foglamp dan spoiler pun belum tersemat pada Iriz di Indonesia.

Dari fascia depan, ia sudah mengadopsi lampu proyektor meskipun belum disematkan LED. Pada bumper bisa dilihat terdapat add-on bumper sebagai pemanis. Bergeser ke samping, ia terlihat lebih cingkrang untuk ukuran hatchback kecil, imbas mengadopsi ban berukuran 175/65 R14.

Saat memasuki kabin, dapat dilihat nuansa small hatchback yang simpel dan elegan. Jok masih menggunakan bahan fabric dengan bahan jok yang cukup empuk. Mobil ini terbilang istimewa untuk ukuran safety, terlihat dari disematkannya dua airbags, pada pengemudi dan di dasbor penumpang depan.

Duduk di balik kemudi Iriz terasa cukup nyaman, meski belum dilengkapi dengan pengaturan kursi elektris, tapi untuk mengaturnya secara manual cukup mudah. Ketinggian stir pun bisa diatur sesuai dengan posisi yang nyaman berkat hadirnya tilt steering. Alhasil posisi duduk yang ideal bisa didapatkan di mobil ini.

Urusan hiburan ia dilengkapi head unit 2 DIN dengan fitur radio, CD, MP3, AUX, Bluetooth dan USB.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan traction control. Bahkan Hill Start Assist pun sudah tersedia, fitur ini membuat Anda tidak perlu khawatir saat menanjak. Sementara itu, Hill Descent Control baru tersedia di pilihan transmisi CVT.

Sekarang, baiknya langsung saja kita rasakan impresi berkendaranya. Mobil ini mengusung mesin 4 silinder berkapasitas 1.332 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 94 dk pada 5.750 rpm. Mobil ini juga ditopang dengan torsi maksimum 120 Nm pada 4.000 rpm.

Iriz dengan transmisi CVT penyaluran tenaganya terasa sangat halus bahkan tanpa entakan. Ini memang membuat laju mobil jadi nyaman, tapi jadi tidak mengasyikan untuk yang suka memacu kencang.

Saat melibas jalanan menanjak yang cukup curam di area dealer Proton, pijakan gas pun harus ditekan lebih dalam agar mobil bisa melaju lebih cepat lagi di tanjakan.

Ketika mencobanya di jalanan lurus, masih sama, perpindahan giginya terasa begitu halus. Namun, ketika melakukan kick down pedal gas di jalur lurus tenaganya langsung tersalurkan dengan lebih responsif.

Transmisi CVT Iriz dianugerahi Transmission Control Unit (TCU) oleh Proton khusus untuk transmisi CVT. Fitur ini bertugas membaca karakteristik pengemudi.

TCU ini akan ‘mempelajari’ seluruh karakteristik si pengemudi. Jika pengemudi tersebut cenderung bergaya tenang dalam menyetir, maka TCU ini akan mengeset gaya yang tenang pula dalam responsnya. Begitupun sebaliknya.

Untuk urusan handling, memang karakter stir dari Iriz terbilang ringan, ini memudahkan Anda ketika mengolah kemudi di kemacetan atau pun ingin memarkirkan mobil. Namun beberapa koreksi perlu dilakukan pengemudi imbas handling-nya yang kurang tajam. Bannya yang terbilang ramping juga turut membuat grip terasa kurang saat menikung tajam.

Proton membekali Iriz dengan segudang fitur-fitur unggulan yang bahkan tidak dimiliki rival lain di kelasnya. Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Proton Iriz adalah fitur keselamatan.

Di dalam mobil ini sudah disematkan Electronic Stability Control + Vehicle Stability Control, Traction Control, struktur rangka HPF, ABS, Electronic Braking Distribution, hingga Hill Hold Assist. Selain itu Proton Iriz juga sudah mengantongi 5 bintang dari Asean NCAP.

 

 

362/30-31(8-21MAr17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 8 November 2016

Proton Iriz Akan Meluncur di Indonesia Pada Juni 2017

PT Proton Edar Indonesia akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia di akhir semester 1 tahun 2017. Proton Iriz sudah berhasil melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

mobil-baru

Selasa, 8 November 2016

Proton Iriz Akan Meluncur di Indonesia Pada Juni 2017

PT Proton Edar Indonesia akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia di akhir semester 1 tahun 2017. Proton Iriz sudah berhasil melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

bisnis

Jumat, 16 September 2016

Perkiraan Harga Proton Iriz di Indonesia

Apabila benar akan beredar di Indonesia, tentunya Proton Iriz menjadi opsi hatcback terjangkau. Inilah perkiraan harga Proton Iriz di Indonesia

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia