AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Proton Iriz 1.3L Standard MT

    Foto : Noor Zaenuri

Uji Performa Proton Iriz 1.3L Standar MT

First Opinion
Desain eksterior dan interiornya cukup menarik untuk bertarung di segmen Small Hatchback. Build quality juga tergolong apik untuk mobil Proton.


Sekilas Pandang
- Tersedia 7 warna pilihan Terdapat pilihan transmisi CVT
- Diimpor langsung dari Malaysia

Sentimen negatif masyarakat Indonesia akan merek asal Malaysia sedikit banyak berpengaruh terhadap merek asal negeri Jiran. Sebut saja SPBU Petronas yang kini bahkan sudah tidak bisa dijumpai lagi di Indonesia.

Bahkan, Proton juga kena imbasnya dan sempat vakum beberapa tahun dengan tidak meluncurkan mobil baru sama sekali ke pasar otomotif Indonesia. Mengawali tahun 2017, PT Proton Edar Indonesia akhirnya bangkit kembali dengan memperkenalkan Proton Iriz.

Jika melihat tampilan eksterior, bisa jadi Azlan Othman sang desainer terinspirasi pada Ford Fiesta. Lihat saja tampilan fascia depannya. Lampu utama bila dilihat sekilas mirip dengan kepunyaan Fiesta. Sedikit besar dan memanjang ke samping. Lampu utama juga sudah mengaplikasi proyektor meski masih memanfaatkan bohlam halogen.

Tak hanya itu, kemiripan dengan Fiesta generasi keenam bisa dilihat dari bentuk airdam yang berbentuk trapezoid. Proton menyebut tampilan depan ini dengan konsep ‘Bold Face’. Sementara di sisi belakang, Proton menyebutnya dengan ‘Strong Stance’. Di bagian ujung bumper, terlihat lebih lebar yang membuat tampilan belakang memberi kesan kokoh.

Oke, kini saatnya mencoba masuk ke dalam kabin. Cukup takjub melihat tampilan dari sisi interior Iriz. Desainnya tampak kekinian dengan layout dasbor yang minimalis. Oiya, bentuk dari panel instrumen juga mengingatkan kami lagi-lagi pada Fiesta. Desain jarum di spidometer dan penunjuk putaran mesin sangat mirip dengan hatchback dari pabrikan Blue Oval.

Di segmen small hatchback, Iriz tipe Standard ini punya Multi Information Display (MID) yang sangat informatif. Terbukti beragam informasi mulai dari penggunaan rata-rata konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata, pengingat waktu servis hingga trip meter yang bisa sampai 3 pilihan.

Yang kami suka juga dari Iriz adalah desain joknya. Busanya tebal, sehingga akan memberikan kenyamanan meski harus berjalan jauh. Dan yang terpenting, bentuknya yang menyerupai jok semi bucket memastikan tubuh akan tetap di posisinya ketika sedang manuver kencang.

Ketika kami mencobanya di kawasan bukit Sentul yang memiliki karakter jalan menanjak yang panjang, mesin yang memiliki konfigurasi 4 silinder dengan tenaga 94 dk dan torsi 120 Nm ini terbilang cukup meski tidak istimewa.

Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan ke roda depan (FWD).

Karakter lingkar kemudi Iriz juga terasa sangat responsif. Menggunakan sistem electric power steering, sedikit saja setir digerakkan, mobil langsung berpindah lajur.

Oiya, Iriz juga disematkan banyak fitur keselamatan yang tidak dijumpai di mobil sekelas. ABS, EBD dan BA mungkin sudah biasa. Namun, Iriz dilengkapi juga dengan kontrol traksi dan electronic stability control.

Ditambah lagi, mobil ini turut disematkan Hill Hold Assist (HHA) yang akan memberikan waktu kepada pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal akselerasi tanpa mobil harus meluncur mundur ketika berhenti di tanjakan.

Dengan segala yang dimilikinya, akankah Proton Iriz mampu mengembalikan antusiasme masyarakat Indonesia akan merek Proton?

 

 

361/22-23(22Feb-11Mar17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Rabu, 9 November 2016

Proton Indonesia Siap Bawa 4 Model Baru di 2017

Proton akan membuktikan bahwa perusahaannya tidak akan hengkang dari Indonesia di tahun 2017. Proton Indonesia siap bawa 4 model baru di 2017