AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

    Foto : Noor Zaenuri

First Impression Daihatsu Ayla 1.200 cc Terbaru

First Opinion
Dengan banyak ubahan, tak heran harga mobil ini jadi menjulang. Kini tipe tertinggi Ayla, hanya berpaut harga Rp 3 jutaan saja dengan tipe tertinggi Sigra. Kini pilihan ada di tangan Anda. Jika incar performa dan keasyikan mengemudi, bisa pilih Daihatsu Ayla. Sementara jika akomodasi yang lebih diincar, Daihatsu Sigra rasanya jadi pilihan yang lebih tepat.


Sekilas Pandang
- Tersedia pilihan mesin 1.000 cc 1KR-DE
- Seluruh tipe belum pakai rem ABS
- Warna Orange Metallic khusus di tipe 1.2

Pada awal tahun 2017, kami memprediksi bakal muncul Daihatsu Ayla baru dengan mesin 1.200 cc. Prediksi ini diawali dengan kemunculan saudara kembarnya di Malaysia, Perodua Axia yang juga pakai mesin 1.200 cc. Setelah awalnya pihak PT Astra Daihatsu Motor mengunci rapat informasi mengenai kemunculannya, akhirnya mereka resmi memperkenalkan mobil paling ditunggu ini di kuartal pertama 2017.

Pertama kali kami melihatnya, jujur kami suka sekali dengan tawaran desainnya. Secara keseluruhan, tampilannya berubah menjadi terkesan lebih besar. Jadi rasa terintimidasi di jalan akibat dimensi mungil, sepertinya tidak lagi Anda alami.

Bagian depan Daihatsu Ayla 1.2 ini terlihat berubah total. Tidak ada lagi aura model sebelumnya yang tertinggal. Tampangnya kini terlihat jauh lebih sporti. Mulai dari lampu depan besar yang sudah pakai proyektor, meski sumber pencahayaan masih pakai bohlam halogen. Di lampu depan juga ada Clearance Lamp, yang saat berpendar seolah melanjutkan garis krom di gril. Menarik.

Bumper depan juga terlihat sangat sporti berkat tarikan garis tajam, dan ada aero kit berupa front bumper lips yang sporti. Aksen krom di air dam juga terlihat manis dan tidak merusak desain sportinya secara keseluruhan. Oh ya tak ketinggalan, di bumper juga ada daytime running lights yang sayangnya pakai model yang terlihat seperti lansiran aftermarket.

Di bagian samping, memang tidak ada elemen ubahan yang masif. Mungkin hanya terlihat penggunaan pelek two tone 14 inci desain baru, dan imbuhan side skirt. Oh ya, khusus tipe R Deluxe, ada decal hitam di pintu belakang bertuliskan DELUXE yang terlihat sporti.

Di belakang, ubahan besar kembali terlihat. Lampu belakang baru dengan pendaran LED motif “L” yang modern. Area bumper belakang juga sangat sporti berkat banyaknya warna hitam doff. Oh ya spoiler belakang yang cukup besar, juga terlihat sangat menunjang aura sporti mobil ini.

Beranjak ke dalam, ubahan yang diberikan memang tidak sebanyak di luar. Paling terlihat adalah desain bangku depan yang kini pakai model semi bucket. Khusus di tipe 1.2 R dan 1.2 R Deluxe, head unit juga sudah pakai monitor layar sentuh. Sayangnya masih minim fitur, seperti contoh navigasi satelit yang absen. Di door trim juga ada lapisan kain yang membuatnya terlihat lebih mewah. Beda dengan tipe 1.0 yang door trim-nya masih full plastik.

Kami pun beranjak ke belakang, untuk coba rasakan akomodasi yang diberikan. Rasanya masih tetap sama menyajikan paduan performa dan efisiensi yang baik.

Bicara performa, tentu Daihatsu Ayla 1.2 akan lebih baik dibanding Sigra 1.2. Dengan mesin yang sama, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT ini punya bobot lebih ringan 110 kg dari Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe AT. Selain performa, lebih ringannya usaha mesin dalam melajukan mobil, harusnya juga berdampak pada konsumsi bahan bakarnya yang lebih baik.

Karena performa yang jauh meningkat dibanding Ayla 1.0, mobil ini juga dibekali berbagai perangkat penunjang kestabilan. Contohnya seperti stabilizer di suspensi depan-belakang, dan beberapa body reinforcement. Jadi sudah tepat rasanya, jika mobil ini sekarang lebih fokus pada performa.

 

 

365/86-87(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 1 Agustus 2016

Perbandingan Harga Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla

Daihatsu Sigra yang akan meluncur pada Agustus nanti melengkapi lini produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sudah mempunyai Daihatsu Ayla. Lantas berapa perbandingan harga antara Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla?

special-test

Selasa, 4 Oktober 2016

Kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra Dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla

Inilah kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla. Hanya berpaut harga Rp 15 jutaan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya banyak kelebihan dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

knowledge

Selasa, 18 Oktober 2016

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul

bisnis

Rabu, 11 Januari 2017

Belum Ada Info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift di Dealer

Gosip kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Lalu apakah sudah ada info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift yang bisa digali di dealer

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Gosip Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc di Indonesia

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 di Indonesia santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

road-test

Selasa, 25 Oktober 2016

Perbandingan Renault Kwid Vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil berdesain mungil itu langsung menjadi pembicaraan dengan harga on the road Rp 117,7 juta. Inilah perbandingan Renault Kwid vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang mempunyai harga mirip.

bisnis

Minggu, 22 Januari 2017

Daihatsu Cetak Rekor Baru