AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

  • Mitsubishi Xpander

    Foto : Arizona Sudiro

First Impression Mitsubishi Xpander Terbaru di Indonesia

First Opinion
Pandangan pertama melihat Low MPV Mitsubishi ini sekilas tampak seperti kendaraan SUV. Terlebih, ground clearance-nya menjadi yang tertinggi di kelasnya. Sejatinya MPV ia memberikan jaminan kabin yang lapang dengan desain interior yang terbilang berkelas.


Sekilas Pandang
- Ground clearance 205 mm
- Tersedia dalam 6 varian
- Punya pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Genderang perang telah dibunyikan, kini persaingan mobil di kelas MPV kembali memanas. Mitsubishi Xpander telah diperkenalkan secara eksklusif di Indonesia dan akan bersaing dengan para rival di kelasnya, yakni Toyota Avanza Veloz, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, serta Suzuki Ertiga.

Secara tampilan, ia terlihat dinamis berkat desain ‘Dynamic Shield’. Selain itu fender-nya dibuat melebar untuk memberikan karakter SUV padanya.

Ada tiga tingkatan lampu di bagian depan. Ada Lampu DRL yang terintegrasi dengan gril krom 3 bilah serta logo Mitsubishi di tengahnya. Uniknya, lampu utama justru berada di bawah gril yang terlindungi oleh fender dan bumper. Sedangkan lampu kabut diposisikan lebih rendah yang berada di pelindung depan mobil.

Beralih ke sisi mobil, ada spion besar dengan lampu sein serta lekukan bodi samping mengingatkan kami pada Honda Jazz. Juga ”floating roof” terlihat mirip seperti Honda Mobilio. Meski begitu, Mitsubishi tentunya memiliki konsep desain tersendiri untuk Low MPV terbarunya ini.

Ini yang menarik, kaki-kakinya diset dengan ground clearance tinggi. Meski dengan roda yang terlihat kecil untuk ukuran ruang sepatbor sebesar itu, namun jarak terendah ke tanah mencapai 205 mm. Angka ini menjadikannya yang terjangkung karena beberapa rival seperti Toyota Veloz hanya 200 mm, dan Honda Mobilio di titik 185 mm.

Di sektor buritan, ada lampu berbentuk seperti bumerang yang lampu utamanya terintegrasi dengan lampu sein. Terlihat juga ada dua lubang knalpot yang membuatnya tampil sporti. Tampak ada kamera parkir di dekat pintu bagasi.

Kabin mobil berformat 7 penumpang ini diklaim akan menyediakan ruang yang lega hingga bangku baris ketiga. Interiornya juga tampak modern dengan kombinasi warna hitam dan beige yang dipadukan dengan panel serat kayu di dasbor dan doortrim.

Terlihat ada head unit double DIN berukuran sekitar 7-8 inci dan ada tombol start/stop engine. Ia dilengkapi setir multifungsi palang tiga serta bagi yang sering beraktivitas dengan gadget, ia menyediakan 3 port pengisian daya hingga bangku baris ketiga.

Ada banyak cupholder di tengah, pintu depan, pintu baris kedua, sampai pintu baris ketiga. Konsol tengah terlihat menyediakan ruang yang cukup untuk meletakkan barang seperti dompet, gadget, atau bahkan botol minuman.

Untuk bangku baris kedua partisinya bisa dijadikan sandaran tangan. Soal akomodasi jangan ditanya lagi, ketika bangku full berdiri bagasinya masih mampu menampung hingga 4 galon air. Namun, jika Anda memerlukan ruang yang lebih besar bangku baris ketiga dan baris kedua bisa dilipat rata.

Urusan mesin, Mitsubishi Xpander memiliki format mesin depan 1.499 cc bensin dengan Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 dk dan torsi 141 Nm.

Oh iya, untuk keamanan ia juga dilengkapi dengan Keyless Operation System (KOS) atau yang biasa dikenal keyless entry. Teknologi nirkabel ini memungkinkan pemiliknya untuk membuka pintu dan menyalakan mesin melalui remote kunci.

Lampu depannya memiliki teknologi canggih karena ia akan tetap menyala selama 30 detik ketika Anda keluar dari mobil.

 

 

373/22-25(9-22Agts2017)

Komentar

Berita Terkait