AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

  • Tesla Model X 75D

    Foto : Rusli Ilfan

First Impression Tesla Model X 75D

First Opinion
Tampilannya futuristis, unik, juga agresif di bagian depan. Bahkan sebagai SUV listrik performanya tidak bisa dianggap remeh. Ditambah Tesla Model X jadi mobil listrik pertama yang diluncurkan di Indonesia. Inilah wujud dari transporter ramah lingkungan yang tidak kompromi terhadap performa dan fun to drive.


Sekilas Pandang
- Tersedia opsi warna bodi, pelek 22 inci, serta rem kaliper Brembo untuk model performance
- Tersedia juga opsi konfigurasi 5-7 kursi dan pilihan warna trim interior
- Tersedia varian berperforma tinggi

Prestige Image Motorcars telah resmi memperkenalkan sebuah SUV bertenaga listrik. Importir Umum (IU) ini seakan mencoba peruntungan dengan menghadirkan mobil lain daripada yang lain, yakni Tesla Model X.

Lalu apa saja yang dimiliki oleh Tesla Model X ini untuk menarik antusiasme para pecinta otomotif Indonesia? Secara tampilan boleh dibilang mobil bertipe 75D ini terlihat unik, tapi elegan. Lihat saja, ia tampil beda karena tak punya kisi-kisi di bagian gril depan. Yang ada hanya aksen berwarna hitam dengan logo Tesla ditengahnya.

Namun, secara keseluruhan tampilan fascianya terlihat agresif dengan bentuk lampu yang menyipit. Dimana pada lampu depan sudah mengusung LED dan DRL LED. Oh ya, pada kap depan tersedia ruang bagasi untuk menaruh tas atau belanjaan. Dikarenakan ia tidak seperti mobil konvensional yang memiliki posisi mesin di kap depan.

Yang paling menarik adalah ketika pintu belakang terbuka maka akan tampak seperti sayap burung yang mengepak. Tesla memberikan nama pada bukaan pintunya dengan sebutan ‘Falcon Door Wings’. Sayap burung Falcon Tesla ini mengingatkan kami pada bukaan pintu Mercedes Maybach 6 Concept yang dinamai Gull-Wing Doors atau ‘Sayap Camar’.

Di buritan, ia tampak memiliki sayap kecil yang diklaim memiliki fungsi aerodinamika untuk mobil ini. Ditambah sepasang lampu berbentuk huruf ‘D’ yang terintegrasi dengan lis berlapis krom. Tesla Model X ini berdiri di atas pelek 20 inci yang tidak terlihat besar karena ia memiliki overfender besar.

Masuk ke kabin, duduk di kursi pengemudi terasa nyaman dengan desain semi-bucket. Ia memiliki setir model palang tiga multifungsi yang dilengkapi tombol pengaturan audio ataupun melakukan panggilan telepon.

Interiornya terasa mewah karena dihias trim kulit dan juga panel serat karbon di dasbor. Pengemudi dan penumpang akan merasakan pengalaman yang berbeda, karena ia dilengkapi dengan kaca depan yang membentang hingga ke atas kepala (panoramic windshield).

Kehadiran head unit 17 inci pastinya akan membuat Anda takjub. Pasalnya, tidak hanya ukurannya yang sangat besar tapi ia juga dilengkapi beragam fitur menarik hingga Enhanced Autopilot. Autopilot ini bukanlah autonomous driving yang artinya pengemudi tetap dilibatkan dalam aktivitas mengemudi walau dengan porsi yang lebih sedikit.

Pada tipe 75D yang kami lihat ini memiliki konfigurasi enam kursi penumpang. Soal kelapangan, ia terbilang lega dan saat duduk di bangku baris kedua legroom dan headroom masih terasa nyaman. Namun, di baris ketiga tampaknya sesuai untuk orang dengan postur tubuh tidak terlalu tinggi.

Beralih ke sumber penggerak. Sebagai mobil listrik, mesin bakarnya jelas tidak ada dan digantikan oleh motor listrik. Bukan hanya 1 motor listrik melainkan 2 buah yang diletakkan di setiap poros yakni 1 untuk roda depan dan 1 untuk roda belakang. Format seperti ini pula yang menjadikannya gerak semua roda (all-wheel drive).

Setiap poros, disebutkan Tesla,Model X 75D ini bertenaga 259 dk dan torsi 249 Nm. Ketika dikombinasikan, tenaganya adalah 328 dk dan torsi 525 Nm. Tak heran jika Tesla berani mengklaim 0-100 km/jam bisa dituntaskan Model X 75D dalam tempo 6,2 detik.

Jarak tempuh? Sesuai inisial namanya, 75D, kapasitas baterainya adalah 75 kWh lithium-ion. Baterai itu diklaim membuatnya bisa melaju dengan jarak tempuh sejauh 380 km untuk sekali pengisian penuh. Lama waktu pengisian untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh adalah sekitar 7 jam.

Tak kalah menarik adalah biaya yang dikeluarkan. Meski biaya tak lagi dipakai untuk membeli BBM, namun masih digunakan untuk membeli listrik. Dan untuk mengisi penuh baterainya, biaya listrik yang dipakai sekitar Rp 130 ribu.

Tesla Model X sejatinya memiliki 4 tipe. Selain 75D ini, ada juga 90D, 100D dan P100D. Semuanya dibedakan berdasarkan tenaga motor listrik dan kapasitas baterai. Paling tinggi (flagship) adalah P100D. Dalam baterai terisi penuh, ia diklaim mampu berjalan dengan jarak tempuh 540 km. Tak hanya itu, ia juga bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik. Itu angka yang setara dengan supercar Lamborghini Aventador.

Berminat? jangan khawatir unitnya tersedia karena pihak Prestige Image Motorcars tidak memberikan kuota. Jadi berapa jumlah unit yang dijual di Indonesia tidak dibatasi alias by order.

 

 

371/22-25(12-25Jul2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 11 Oktober 2016

Hyundai Ioniq EV Siap Jadi Rival Nissan Leaf, Kia Soul EV, dan BMW i3

Setelah model hybrid Hyundai Ioniq, akhirnya model listrik kini hadir di Inggris. Jika versi hybrid Ioniq jadi lawan dari Toyota Prius, kini model listriknya Hyundai Ioniq EV siap jadi rival bagi Nissan Leaf, Kia Soul EV, dan BMW i3

umum

Minggu, 18 September 2016

Delta Motorsport Perkenalkan Teknologi Micro Turbin Terbaru Untuk Mobil Listrik

Delta Motorsport baru-baru ini perkenalkan sebuah brand teknologi micro turbin terbaru. Sistem baru yang dijuluki dengan MiTRE ini dirancang khusus di Inggris sebagai extender untuk mobil listrik (EV)

bisnis

Jumat, 11 November 2016

Chevrolet Sudah Siap Untuk Tren Mobil Listrik

Saat ini di setiap mobil baru sudah disematkan teknologi hybrid atau listrik yang tentunya lebih ramah lingkungan dan emisi gas buang lebih baik

umum

Senin, 3 Oktober 2016

Renault Zoe 2017 Siap Jadi Rival Nissan Leaf

Dengan satu kali pengisian daya kendaraan elektrik ini mampu menempuh jarak hingga 400 km atau dua kali lipat lebih unggul dari model lamanya. Renault Zoe 2017 siap jadi rival Nissan Leaf

umum

Jumat, 25 November 2016

Mobil Listrik Ini Punya Tenaga 1.341 dk

Produsen mobil listrik asal Cina, NextEV akan memulai debut kendaraan listrik barunya. Menariknya, mobil listrik NIO EP9 ini diklaim punya tenaga 1.341 dk.

umum

Kamis, 15 September 2016

Lewat VW e-Golf, Volkswagen Pamer Teknologi VW EV di Paris Motor Show 2016

Lewat VW e-Golf, Volkswagen pamer teknologi VW EV di Paris Motor Show 2016. Selang setahun Volkswagen menangani masalah emisi, kini VW berani unjuk gigi dengan memamerkan kendaraan listrik (EV). Diklaim mobil EV Volkswagen ini dapat menempuh jarak 600 km

knowledge

Rabu, 14 September 2016

Tesla Perkenalkan Fitur Keselamatan Dengan Teknologi Autopilot 8.0

Inilah fitur keamanan Tesla, teknologi autonomous dengan sistem Autopilot 8.0. Software tersebut akan dipasangkan pada sistem operasi Tesla Model S dan Model X dalam satu atau dua minggu ke depan