AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

  • Toyota New Agya 1.2 TRD S MT

    Foto : Triyatna Widiadi

First Impression Toyota Agya 1.2 TRD S MT

First Opinion
Pertama kali melihatnya, aura sporti pasti langsung terpancar dari bagian eksterior berkat penggunaan aero kit yang terpasang di sekujur bodi. Pilihan mesin barunya membuat New Agya kian sepadan dengan para rivalnya seperti Honda Brio Satya dan juga Datsun GO Panca.


Sekilas Pandang
- Tersedia pilihan mesin tiga silinder 998 cc
- Terdapat pilihan transmisi otomatis 4 percepatan
- Gratis biaya perawatan hingga 5 tahun atau 70 ribu/km

Sejak terlahir pada tahun 2012 serta secara resmi dijual pada September 2013, baru kali ini Agya mendapatkan penyegaran yang benar-benar terlihat beda. Ia dibuat tampil lebih sporti dibanding pendahulunya.

Ubahan paling mencolok ada pada bagian eksterior. lampu utama kini memiliki ukuran lebih besar, sudah mengandalkan proyektor serta LED sebagai lampu kota. Desain gril berbentuk trapezoid juga sudah sesuai dengan bahasa desain Toyota yaitu Keen Look.

Pada bagian samping, cover spion kini sewarna dengan bodi, lengkap dengan lampu isyarat belok. Rupanya Toyota mulai mengurangi unsur krom tak hanya di bagian cover spion, tapi juga handel pintu. Pelek masih menggunakan ukuran 14 inci, hanya saja kini diberi sentuhan dua warna, polish dan abu-abu.

Kombinasi desain bumper dengan sentuhan aksen hitam di bagian ujung dengan aero kit yang memiliki sudut-sudut tajam mampu memberi aura sporti di bagian buritan. Apalagi, desain spoiler belakang kini juga dibuat lebih besar. Kombinasi ini semakin keren berkat lampu belakang yang sudah mengandalkan LED.

Masuk ke kabin, seakan tidak ada perubahan yang berarti. Tapi ketika pertama kali duduk, impresi kami langsung merasakan kalau jok New Agya sudah dilakukan perbaikan dengan tambahan busa serta material kain yang jauh lebih baik. Efeknya, selain lebih empuk, membuat posisi duduk jauh lebih nyaman dibanding pendahulunya.

Head unit double DIN memiliki fitur Bluetooth untuk memudahkan konektivitas ke gawai Anda. Dan kini, di lingkar kemudi sudah tersedia tombol pengatur audio.

Panel instrumen juga berubah. Mungkin sekilas tidak terlihat bedanya, tapi kalau diperhatikan lebih detail, angka pada panel instrumen kini lebih tipis yang justru jadi nyaman dilihat.

Di jok baris kedua, busa serta material kain juga mengalami pembaruan. Selain itu, untuk semua penumpang di baris kedua kini tersedia sandaran kepala yang bisa diatur ketinggiannya serta sabuk pengaman tiga titik. Bagi Anda yang memiliki anak bayi, tersedia pula Isofix yang bisa digunakan sebagai pegangan child seat.

Dan yang paling dinantinantikan adalah mesin baru yang diusung oleh New Agya agar bisa bersaing sepadan bersama Honda Brio Satya.

Bukan mesin yang benarbenar baru memang, mesin berkode 3NR-FE ini sebenarnya sudah digunakan pada duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mesin yang sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i ini mampu menghasilkan tenaga 88 dk serta torsi 108 Nm.

Seharusnya, dengan penggunaan mesin baru ini, vibrasinya bisa lebih diredam karena mesin ini menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris.

Tidak hanya pembaruan dari eksterior, interior dan mesin saja. Fitur keselamatan dan keamanan New Agya juga ditambah, maka tidak heran kalau mobil ini sudah mendapatkan 4 bintang dari ASEA N New Car Assessment Program (NCAP).

Untuk fitur keselamatan, pada varian TRD S kini sudah disematkan rem ABS. Dual SRS Airbags juga tersedia untuk semua tipe. Sabuk keselamatan tiga titik serta head rest untuk seluruh penumpang seperti yang sudah diungkap di awal juga tersedia.

Oiya, kini semua varian kecuali tipe 1.0 E sudah dilengkapi sistem kunci immobilizer. Artinya, hanya kunci asli yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin. Hal ini tentu akan mengurangi kasus pencurian terhadap mobil Agya.

 

 

365/22-23(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 23 Mei 2016

Spy Shot: Inikah MPV LCGC Calon Adik Toyota Avanza di Indonesia?

Auto Bild mendapatkan kiriman foto spy shot. Inikah MPV LCGC calon adik Toyota Avanza di Indonesia?

mobil-baru

Senin, 15 Agustus 2016

Toyota Calya Bukan Toyota Agya Versi Panjang

Toyota Calya bukan Toyota Agya versi panjang. Hal tersebut kami rasakan ketika melihat dan mencoba langsung di dalam kabin Toyota Calya. Mulai dari sasis, kaki-kaki dan drivetrain, kami melihat Calya sangat berbeda dari adiknya tersebut

bisnis

Rabu, 14 September 2016

Penjualan Toyota Agya Belum Terpengaruh Toyota Calya

Penjualan Toyota Calya yang tembus lebih dari 17.000 unit sejak diperkenalkan membuat pendahulunya, Toyota Agya terancam. Namun sejauh ini penjualan Toyota Agya belum terpengaruh Toyota Calya

bisnis

Rabu, 10 Agustus 2016

Toyota Calya Datang, Bagaimana Nasib Toyota Agya?

Kehadiran mobil ini akan merepotkan pendahulunya Toyota Agya. Setelah Toyota Calya datang, bagaimana nasib Toyota Agya?

umum

Senin, 1 Agustus 2016

Perbandingan Harga Toyota Calya dan Toyota Agya

Suka atau tidak konsumen pasti akan membandingkan harga keduanya. Apalagi sedikit terjadi irisan harga antara keduanya. Lantas, bagaimana perbandingan harga antara Toyota Calya dan Toyota Agya?

special-test

Selasa, 4 Oktober 2016

Kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra Dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla

Inilah kelebihan Toyota Calya - Daihatsu Sigra dari Toyota Agya – Daihatsu Ayla. Hanya berpaut harga Rp 15 jutaan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya banyak kelebihan dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

knowledge

Selasa, 18 Oktober 2016

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul

knowledge

Senin, 23 Mei 2016

Prediksi Spesifikasi Mesin MPV LCGC Adik Toyota Avanza di Indonesia

Kalau mau kompetitif, mestinya ia menggunakan unit di bawah Avanza yang mengandalkan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Inilah prediksi spesifikasi mesin MPV LCGC adik Toyota Avanza di Indonesia

bisnis

Rabu, 11 Januari 2017

Belum Ada Info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift di Dealer

Gosip kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Lalu apakah sudah ada info Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift yang bisa digali di dealer

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc?

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

mobil-baru

Rabu, 4 Januari 2017

Toyota Agya Facelift Segera Hadir di 2017

Di tahun 2016, tepatnya Agustus lalu kembali hadir duet antara Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra. Dan ada kabar bahwa Toyota Agya facelift segera hadir di tahun 2017, benarkah?

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Gosip Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift Pakai Mesin 1.200 Cc di Indonesia

Gosip mengenai kemunculan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2017 di Indonesia santer terdengar. Duet LCGC Agya-Ayla ini bahkan dikabarkan akan menggunakan mesin 1.200 cc. Bahkan, brosur Toyota Agya facelift ini sudah viral di internet

road-test

Selasa, 25 Oktober 2016

Perbandingan Renault Kwid Vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil berdesain mungil itu langsung menjadi pembicaraan dengan harga on the road Rp 117,7 juta. Inilah perbandingan Renault Kwid vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang mempunyai harga mirip.