AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

  • Toyota Corlla Altis 1.8 V AT

    Foto : Indra Aditya

Impresi Awal Toyota Corolla Altis Terbaru

First Opinion
Underestimate, adalah kesan pertama ketika melihatnya. Tapi saat mengetahui bahwa banyak pembenahan yang dilakukan pihak Toyota kepada Corolla Altis, baru kami menyanjungnya. Meski banyak hal-hal baru pada Corolla Altis kami rasa belum cukup untuk menjatuhkan lawan sekelasnya yaitu Honda Civic yang pada 2015 lalu tampil baru total


Sekilas Pandang
- Tersedia varian G
- Tipe V hanya menyediakan transmisi CVT
- Tersedia warna baru, yaitu Phantom Brown

Tak disangka, Toyota Corolla sudah berumur 50 tahun sejak ia dihadirkan pertama di dunia. Perubahan ke arah positif terus diberikan Toyota kepada Corolla untuk mempertahankan eksistensinya di industri otomotif.

Di Indonesia, Corolla pertama kali hadir pada 1972 dan ia menjadi primadona konsumen di segmen sedan.

Meski kini pasar sedan sudah tak sekuat dulu, Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM mobil Toyota di Indonesia tetap menghadirkan perubahan bagi Corolla yang menjadi andalannya di segmen Medium Sedan.

Di tahun 2017 ini, karena Toyota Astra Motor membuka tahun barunya dengan menghadirkan Corolla Altis teranyar. Kali ini, pihak Toyota hanya menyajikan 2 pilihan varian kepada konsumennya, yaitu Corolla Altis 1.8 G MT dan Corolla Altis 1.8 V AT. Untuk unit yang saat ini kami bahas adalah Corolla Altis 1.8 V AT.

Meski pihak Toyota menyebutnya ‘All New’, tapi ubahan yang ada pada Corolla Altis masih berupa sebuah facelift. Sebab ubahan yang dilakukan hanya sebatas tampilan eksterior, interior dan penambahan fitur. Secara utuh, bodi yang digunakan masih serupa dengan unit pendahulunya yang diluncurkan pada 2014.

Kendati demikian, tampilan baru Altis mampu menyilaukan Anda dari anggapan minor change. Coba lihat secara jeli, desain headlamp proyektor baru kini terlihat tajam lengkap dengan DRL. Begitu juga dengan aplikasi gril anyar dengan desain lebih pipih dari pendahulunya dan dilapisi chrome.

Sedangkan pada bagian belakang, terlihat ia juga menggunakan rearlamp berbentuk horizontal yang terlihat elegan. Beralih ke bagian roda, Corolla Altis kini berdiri di atas pelek 17 inci dengan warna two-tone. Semua ubahan itu, kami rasa cukup untuk menunjukkan kesan segar dari sosok Corolla Altis.

Masuk ke bagian interior, kami disambut lebih banyak ubahan yang diberikan pada Corolla Altis. Duduk dan menatap dasbor miliknya, kami menemukan pengaturan pendingin udara dengan tampilan baru.

AC itu mengaplikasi teknologi pembersih udara teknologi Nanoe. Kisikisi AC pada sisi samping berubah desain jadi membulat. Tersedia pula head unit 7 inci untuk memanjakan siapa pun yang ada di dalam kabin.

Khusus tipe V, konsumen akan mendapatkan interior berwarna kombinasi hitam dan beige. Yang lebih menarik, pihak Toyota mengklaim kabin Corolla Altis semakin mewah berkat penggunaan material lembut dengan benang jahitan kontras.

Bicara hal-hal fitur keselamatan, Corolla Altis kini menyediakan 7 airbags yang menyebar di dalam kabin, Vehicle Stability Control (VSC) dan memiliki emergency brake signal untuk memberi informasi saat pengereman mendadak. Tak lupa cruise control disediakan untuk kemudahan berkendara.

Di Indonesia, Corolla Altis hanya tersedia satu mesin dan masih menggunakan mesin lamanya, yaitu mesin 2ZR-FBE, berkapasitas 1.800 cc 4 silinder. Perolehan tenaganya sebesar 151 dk dengan paduan torsi 194 Nm.

Ia menggunakan transmisi CVT yang terdapat mode manual 7-speed. Hal yang membuat kami semakin penasaran dengan performanya adalah hadirnya mode berkendara Sport Drive. Sayangnya konsumen hanya bisa menikmatinya di tipe V.

 

359/22-23(25Jan-7Feb17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Senin, 26 September 2016

Toyota Luncurkan Gambar Toyota Corolla Edisi 50 Tahun

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50, Toyota luncurkan gambar Toyota Corolla edisi 50 tahun yang rencananya akan dijual tahun depan. Sebagai edisi spesial, rencananya unit ini akan dijual secara terbatas sehingga mempunyai nilai eksklusif

knowledge

Rabu, 19 Oktober 2016

Pilihan Mobil Bekas Medium Sedan Honda Civic, Toyota Corolla Altis, dan Peugeot 408

Minat masyarakat di segmen Medium Sedan memang tidak sebesar besar dari segmen lain. Hal itu tentu berdampak pada depresiasi harga jual yang cukup signifikan. Pilihan Mobil Bekas Medium Sedan Honda Civic, Toyota Corolla Altis, dan Peugeot 408

mobil-baru

Rabu, 11 Januari 2017

Toyota Corolla Altis Diluncurkan Bersama Toyota Kijang Innova Venturer?

Meski tidak disebutkan spesifik, hanya peluncuran produk legenda tetapi kemungkinan besar Toyota Kijang Innova Venturer salah satunya. Tapi ternyata Toyota Corolla Altis kabarnya diluncurkan bersama Toyota Kijang Innova Venturer

first-impresion

Rabu, 11 Januari 2017

Prediksi Ubahan Eksterior Toyota Corolla Altis di Indonesia

Toyota rencananya akan meluncurkan Toyota Corolla Altis facelift bersamaan dengan Toyota Kijang Innova Venturer. Sebenarnya sedan legenda Toyota ini sudah dijual di Thailand dan Malaysia. Berikut prediksi ubahan eksterior Toyota Corolla Altis di Indonesia