AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

KIA Hybrid Pertama Di Indonesia

Foto : Pekik Udi Irianto

KIA Hybrid Pertama Di Indonesia

Setelah beberapa merek mengeluarkan mobil dengan mesin hybrid, kini saat nya KIA beraksi



 KIA OPTIMA HYBRID
 Mesin : 2.400 cc 4-silinder Theta II
Tenaga maksimum : 168 dk/ 6,600 rpm
Torsi maksimum : 209 Nm/ 4.250 rpm
Motor listrik : Baterai Hi Voltage (Lithium Polymer).
Tenaga maksimal : 407 dk
Torsi maksimal : 205 Nm
Transmisi : Otomatis 6-speed
0-100 km/jam : 9,2 detik (klaim)
Konsumsi BBM : N/A
Dimensi (PxLxT) : 4.845 x 1.830 x 1.450 mm
Wheelbase : 2.795 mm
Ground Clearance : 1.346 mm
Ukuran Ban : 215/55 R17
 Harga: N/A

Saat kami sedang bermain ke daeler KIA Sunter, Jakarta Utara, kami menemukan sebuah mobil sedan berukuran besar dengan mesin hybrid. Mobil tersebut bernama KIA Optima Hybrid. Mobil KIA tersebut pada tahun 2013 ini rencana akan dijual di Indonesia.

Mobil ini bertema Eco Dynamic karena lebih sedikit mempergunakan bahan bakar. Mesin yang menggunakan teknologi tinggi menjadikan penggunaan bahan bakar menjadi lebih sedikit. Optima Hybrid pertama kali diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show akhir 2010.

Optima Hybrid mempunyai desain eksterior yang baik. Gril besar khas KIA dengan sentuhan krom dan lampu depan projector membuat mobil ini terlihat mewah. Bumper depan terlihat sporty dengan adanya lekukan di ujungnya.

Pada sepatbor depan terdapat fin yang membuat mobil ini terlihat seksi. Di buritan belakang, spoiler di bagasi semakin menambahkan kesan sporty.

Lampu belakang yang berbentuk trapesium serta lampu reflector di bemper belakang membuat mobil ini terlihat seperti sedan mewah pabrikan Jerman.

Saat masuk ke dalam mobil ini, aura mewah terasa kental. Jok berlapis kulit berwarna beige serta panoramic roof menjadi fitur standartnya.

Steer multifunction palang tiga dapat mengoperasikan head unit yang menjadi satu dengan dasbor. Posisi duduknya juga cukup ergonomis.

Di kabin belakang, leg room cukup luas. AC juga terdapat konsol tengah untuk menghembuskan udara ke kabin belakang.

Pada bagian mesin, mobil yang dikembangkan di Amerika Serikat ini memberikan inovasi kinerja hybrid dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal.

Sedan ini menggunakan sistem full parallel hybrid yang menghasilkan perpaduan performa tinggi. Menurut data klaim dari KIA, Optima Hybrid mampu bergerak dari 0-100 km/jam dalam waktu 9,2 detik dan kecepatan maksimal 195 km/jam.

Namun tetap ekonomis yakni lebih hemat hingga 40,7% daripada Optima biasa. KIA Optima Hybrid menggunakan dua sumber penggerak mesin dimana adalah perpaduan mesin bensin 2.4 liter Theta II dan motor elektrik baterai Hi Voltage (Lithium Polymer).

Tidak sabar untuk memilikinya? Untuk Anda pengemar KIA, mobil ini layak dimiliki.

 RIVAL
 Toyota Camry 2.5 Hybrid

Mesin: 2.493 cc 4 silinderdual VVT-i
0-100 km/jam: 8,31 detik
Harga: 635,5 juta

+ Nyaman, fitur lengkap, performa akselerasi
-  Desain eksterior, harga,

 

 FIRST OPINION
Dengan tampilan eksterior yang mirip sedan mewah keluaran Eropa, fitur mobil ini juga baik. Sebut saja, panoramic roof, jok pengemudi electric adjustable, AC dual zone, push-start button dengan smart key serta sistem infotainment dan voice command menjadi fitur standar mobil ini.

Produk Kia dan Microsoft hands-free. KIA yakin mampu bersaing dengan merek-merek keluaran Jepang yang sudah terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia.

SEKILAS PANDANG
- KIA Optima Hybrid rencana akan dijual di Indonesia pada tahun 2013
- KIA masih berdiskusi de­­ngan KIA Korea dalah pe­nentuan harga jual di Indo­nesia
- Harga yang dipatok Kia untuk Optima Hybrid di pasar Amerika adalah AS$ 27.250 (Rp 233,6 juta).

 


 

 255/18-19(30Jan-12Feb13)
 

Tags

Komentar