AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

  • Bentley Continental GT V8 S

    Foto : Arizona Sudiro

Mencoba Impresi Bentley Continental GT V8 S Edisi Khusus

First Opinion
Kami suka dengan kecerdikan aksen warna hitam yang diterapkan oleh GAD di line-up Black Pack Edition mereka. Hal kecil yang berdampak cukup besar. Namun, mobil ini rasanya akan lebih spesial, jika dipasangkan emblem edisi khusus.


Sekilas Pandang
- Harga sama dengan varian regular non Black Pack Edition
- Warna merah di emblem Bentley, menandakan mesin V8
- Tersedia program 5 Years Free Maintenance & Parts, syarat dan ketentuan yang berlaku

Tren serba hitam, sepertinya sedang digandrungi oleh PT Grandauto Dinamika (GAD). Selain Jaguar XF Black Jack yang beberapa waktu lalu resmi diluncurkan, ternyata diam-diam mereka juga mengeluarkan varian hitam dari line-up lainnya. Adalah Bentley Continental GT V8 S yang kini tersedia varian hitamnya atau jamak disebut Black Pack Edition.

Masih sama dengan tren ‘Black Pack’ ala Jaguar dan Land Rover, Bentley Continental GT V8 S ini juga hanya dilengkapi unsur pembeda dari segi eksterior. Tidak menyentuh sisi interior, apalagi mesin dan teknikal.

Secara umum, Anda bisa langsung berkesimpulan bahwa intinya, seluruh aksen aluminium atau krom di eksterior berubah jadi hitam di varian Black Pack.

Di bagian fascia, praktis hanya grille garnish yang kini jadi warna hitam. Sedangkan bagian samping, side fin dan under body moulding yang memanjang hingga ke belakang, jadi berwarna hitam. Jika bicara ubahan pembeda, kita berhenti sampai disini.

Meski sedikit, lagi-lagi kami terpukau dengan kecerdikan GAD dalam memberikan aksen di produknya. Tampilannya kini terlihat semakin agresif!

Namun, ada hal yang cukup membanggakan. Varian Black Pack di Bentley Continental GT V8 S ini ternyata dibuat langsung di Indonesia. Semua proses pengecatan dilakukan oleh para teknisi lokal di paint shop Authorized Bentley Aftersales, yang berlokasi di Jakarta Selatan. Ini menjadi bukti, bahwa Indonesia sebenarnya sudah mampu melakukan ubahan berstatus resmi untuk sebuah Bentley.

Para pemilik Bentley Continental GT V8 S reguler yang ingin bergaya ala Black Pack Edition ini pun, bisa dieksekusi langsung oleh Authorized Bentley Aftersales.

Tentunya akan dikenai sejumlah biaya untuk proses bongkar-pasang dan pengecatan. Yang menarik, proses modifikasi yang dilakukan ini diklaim tidak akan menggugurkan garansi yang berlaku.

Sekarang mari kita coba beranjak ke interior. Saat pertama duduk di bangku pengemudi, satu hal pertama yang kami rasakan yaitu exquisitely finished.

Detail pengerjaannya sungguh rapi. Jahitan kulit di dasbornya, terlihat begitu simetris. Padahal proses penjahitan itu dilakukan manual tanpa bantuan template. Sungguh luar biasa. Detail klasik juga masih dipertahankan, contohnya pada desain bulat di kisi AC.

Rasanya tidak usah lagi meragukan kualitas kulit di jok dan sekujur detail interior. Para leather craftsmen di pabrik Bentley, berusaha sekeras mungkin untuk menghindari stretch mark pada material kulit yang akan diaplikasikan.

Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri hasil akhirnya seperti apa. Aroma khas kulit pun sangat kuat tercium. Jika belum terbiasa, Anda mungkin akan sedikit terganggu, tapi inilah aroma kemewahan yang sesungguhnya.

Sebenarnya kami sudah pernah mencoba impresi awal dari Bentley Continental GT V8 S. Bahkan kami mencobanya langsung di sirkuit Sentul, Jawa Barat. Karena tidak menyentuh sisi teknikal, tentu saja impresi berkendara Black Pack Edition ini akan tetap sama.

Untuk urusan mesin, mobil ini dibekali mesin V8 twin-turbo berkapasitas 3.993 cc yang juga dipakai oleh Audi RS6. Meski memiliki bobot 2,2 ton lebih, mesin bertenaga 528 dk ini diklaim mampu melesatkan mobil dari statis ke 100 km/jam hanya dalam tempo 4,5 detik saja.

Kami puas dengan kemampuan handling yang ditawarkan mobil ini. Grip yang dihasilkan pun hebat, akibat penggerak semua roda yang diterapkan.

Saat kami coba di trek lurus sirkuit Sentul, rasanya mudah saja bagi jarum speedometer untuk meraih angka 180 km/jam. Jika Anda bernyali, sistem elektronik mobil ini membatasi kecepatan puncaknya di angka 309 km/jam.

 

 

360/20-21(8-21Feb17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Jumat, 6 Januari 2017

Bentley Continental GT Akan Punya Mesin 700 Dk

Bentley Continental GT model terbaru diklaim akan meluncur di akhir tahun 2017. Dan kemungkinan produsen mobil mewah ini akan menggunakan nama Supersports. Perusahaan mengklaim Bentley Continental GT akan punya mesin 700 dk

mobil-baru

Selasa, 10 Januari 2017

Bentley Continental GT Terbaru Siap Meluncur Di Inggris

Bentley tengah bersiap-siap untuk meluncurkan versi model terbaru dari Bentley Continental GT pada akhir tahun 2017 di Inggris. Meski begitu, perusahaan mengklaim versi terbaru ini adalah versi terkuat yang pernah dibuat

first-drive

Selasa, 21 Juni 2016

Mencoba Bentley Continental GT V8 S di Indonesia

Auto Bild mencoba Bentley Continental GT V8 S di Indonesia. Ia hadir bagi Anda pecinta Bentley yang tak ingin terlihat konservatif. Bahkan meski didukung konfigurasi mesin V8, ia tetaplah salah satu grand tourer paling mempesona di jalan

first-drive

Jumat, 29 April 2016

Mencoba Performa dan Handling Bentley Continental GT V8 S di Indonesia

Meski didukung kapasitas mesin lebih kecil dibanding Continental GT Speed, mobil ini bisa menghadirkan performa dan handling yang paripurna. Dan Auto Bild dapatkan kesempatan mencoba performa dan handling Bentley Continental GT V8 S di Indonesia

mobil-baru

Senin, 28 Maret 2016

Bentley Bentayga, Bentley Mulsanne Speed dan Bentley Continental GT V8 S Siap Hadir di Indonesia

Bentley Bentayga, Bentley Mulsanne Speed dan Bentley Continental GT V8 S siap hadir di Indonesia. Kapan? Ini prediksi kami

umum

Jumat, 29 April 2016

Mencoba Bentley Continental GT V8 S dan Bentley Continental GT Speed di Sirkuit Sentul

PT Grandauto Dinamika (GAD) menggelar media tes drive untuk mencoba 2 unit Bentley di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pertama ada model terbaru Bentley Continental GT V8 S dan juga Bentley Continental GT Speed

umum

Jumat, 6 September 2013

Bentley Continental GT V8 S Sudah Bisa Dimiliki

Bentley meluncurkan Continental GT V8 S. Mobil ini ditawarkan dalam 2 pilihan bodi, yaitu coupe dan convertible.

umum

Senin, 19 Desember 2011

Bentley Continental GT V8 Siap Panaskan Detroit Motor Show 2012

Bentley akan menampilkan versi produksi Continental GT V8 pada Detroit Motor Show Januari mendatang