AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Hyundai Tucson XG CRDi Vs Chevrolet Captiva 2.0 LTZ FWD

Foto : Noor Zaenuri

Adu Fun To Drive Hyundai Tucson XG CRDi VS Chevrolet Captiva 2.0 LTZ FWD



Bermodal tenaga lebih besar, Hyundai Tucson terasa lebih menyenangkan ketika dipacu. Meski punya torsi sama, empasan tenaga lebih terasa saat injak pedal gas Tucson CRDi.

Meski sama-sama pakai 6 percepatan, transmisi Hyundai Tucson CRDi terasa lebih cekatan. Apalagi Tucson punya mode berkendara yang khusus didedikasi untuk kesenangan berkendara, yaitu Sport. Pilih mode ini, dan rasakan sendiri betapa responsifnya tenaga yang disalurkan.

Captiva juga sebenarnya punya mode berkendara, hanya saja tidak sebanyak Tucson CRDi. Di Captiva hanya ada mode berkendara Eco dan Normal. Beruntungnya Captiva juga punya transmisi mode manual seperti Tucson CRDi. Dengan ini, setidaknya Anda diberi keleluasaan berganti gigi di putaran mesin paling optimal untuk performa.

Bagaimana soal handling? Keduanya boleh dibilang hampir mirip. Hampir. Karena nyatanya kedua mobil ini memang tidak punya handling seasyik Mazda CX-5 misalnya.

Karena berdimensi lebih tinggi, kami merasa Captiva cenderung lebih punya body roll dan kikuk saat menikung kencang. Kemudian soal posisi duduk. Captiva punya posisi duduk yang tinggi, sehingga visibilitas lebih leluasa. Sementara Tucson CRDi lebih rendah sehingga lebih mendukung saat bermanuver.

Skor kesenangan mengemudi Tucson CRDi hampir sempurna, kalau saja tidak dinodai turbo lag. Meski sudah pakai embel-embel eVGT, tetap saja gejala mesin kurang responsif saat turbo mulai spooling-up tetap terasa. Sayang sekali.


Chevrolet Captiva 2.0 LTZ AT FWD: 3 bintang
Hyundai Tucson XG CRDi: 3,5 bintang


374/52-59(23Agts-5Sep2017)

 

Komentar

Berita Terkait

umum

Rabu, 12 Juli 2017

Mitsubishi Outlander Sport Action dan Pajero Sport Dakar CKD Resmi Meluncur

Mitsubishi Outlander Sport Action dan Pajero Sport Dakar CKD Resmi Meluncur