AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Adu Kenyamanan Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX-4 S-Cross

Foto : Purwandana Budyandaka

Adu Kenyamanan Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX-4 S-Cross



Beberapa waktu lalu, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris Heykers. Compact Hatchback ini didandani TAM agar tampil tangguh layaknya SUV. Dengan itu, Yaris Heykers akan berhadapan dengan Suzuki SX-4 S-Cross yang juga membawa gaya serupa.

Bagaimana dengan kenyamanan keduanya? Saat masuk ke dalam kabin S-Cross, kami disambut jok fabrik yang cukup empuk. Kami sangat mengapresiasi posisi dasbor yang cenderung melandai sehingga kami mendapatkan ruang pandang yang semakin jelas, pun saat sudut alas kursi berada di posisi paling rendah.
 
Pembenahan dimensi yang dilakukan Suzuki dibanding versi terdahulunya berimbas baik pula dengan kenyamanan. Ruang kaki dan kepala cukup melimpah untuk semua penumpang. Bantingan suspensi empuk juga berdampak amat positif untuk kenyamanan S-Cross. Mobil terasa meluncur tenang, saat melintas jalan bergelombang.

Sekarang beralih ke Heykers. Dimensi yang kalah panjang, menjadi titik serangan empuk bagi S-Cross. Suguhan legroom Yaris Heykers memang tidak sempit. Tapi jika dibandingkan dengan S-Cross, Heykers kalah lega. Pun begitu soal headroom kali ini tidak terlalu beda signifikan.

Penyematan set suspensi baru TRD Sportivo berkelir merah, memberi keasyikan lebih bagi pengemudi. Yup, pengendaliannya lebih tajam dan mereduksi gejala limbung, Namun hal ini berimbas pada bantingan yang terasa keras, terutama di bagian belakang.

Akibat kerasnya, kami merasa bagian belakang mobil bergeser saat melintasi deretan speed trap. Saat melintas jalan bergelombang, bodi mobil pun terasa sedikit terlontar dari aspal.

Jok semi bucket di depan, juga membuat kesan ‘sempit’ bagi yang mendudukinya. Beruntung bagi Heykers, mobil ini punya kesenyapan kabin lebih baik. Setidaknya road noise dan engine noise lebih sedikit menyusup ke kabin.

 

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Minggu, 18 Desember 2016

Tes Drive Awal Toyota Yaris Heykers Manual di Indonesia

Auto Bild melakukan tes drive awal Toyota Yaris Heykers Manual di Indonesia. Tawarannya cukup menggiurkan. Apakah ia dapat mengangkat pamor Toyota Yaris generasi ke-2 yang sempat kurang diminati?

first-drive

Rabu, 7 Desember 2016

Mencoba Toyota Yaris Heykers A/T di Indonesia

Menyelami zaman, melumat waktu, Toyota terus berbenah untuk penggawanya di kelas Compact Hatchback, Yaris. Inilah evolusi teranyarnya. Kami pun mendapatkan kesempatan mencoba Toyota Yaris Heykers A/T di Indonesia

mobil-baru

Jumat, 25 November 2016

Honda Belum Berencana Hadirkan WR-V Pesaing Toyota Yaris Heykers

Munculnya Toyota Yaris Heykers semakin meramaikan pasar crossover di Indonesia. Tetapi PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek Honda belum berencana hadirkan WR-V pesaing Toyota Yaris Heykers yang sebenarnya sudah diluncurkan di Brazil.

bisnis

Rabu, 16 November 2016

Daftar Mobil Baru Seharga Toyota Yaris Heykers di Indonesia

Harga Toyota Yaris Heykers mencapai Rp 277,3 juta. Ternyata dengan harga nyaris Rp 300 juta tersebut ada pilihan lain mobil baru dengan harga yang lebih murah atau sedikit lebih mahal. Inilah daftar mobil baru seharga Toyota Yaris Heykers di Indonesia

umum

Selasa, 2 Oktober 2012

Suzuki S-Cross Concept Siap Menggantikan SX4

Suzuki S-Cross Concept mungkin jadi generasi penerus SX4

umum

Selasa, 12 Februari 2013

Suzuki S-Cross Generasi Penerus SX-4

S-Cross merupakan bentuk Crossover terbaru yang lebih modern dari Suzuki

mobil-baru

Rabu, 6 April 2016

Suzuki S-Cross Masuk Indonesia Bulan April 2016

Suzuki S-Cross ini adalah sebagai penerus SX-4 di masa lalu. Dan kabarnya, Suzuki S-Cross masuk Indonesia bulan April 2016

knowledge

Rabu, 6 April 2016

Mengintip Interior Suzuki S-Cross

Mari kita mengintip interior Suzuki S-Cross. Suzuki S-Cross sebagai penerus Suzuki SX-4 selain memiliki tampilan yang menarik dan aerodinamis, di bagian interior pun diklaim akan lebih nyaman

knowledge

Rabu, 6 April 2016

Berapa Harga Suzuki S-Cross di Indonesia?

Kabarnya Suzuki S-Cross akan diluncurkan bulan April 2016 ini untuk menarik perhatian konsumen. So, berapa harga Suzuki S-Cross di Indonesia?