AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Small Hatchback 1.300 cc

Foto : Arizona Sudiro

Adu Performa Daihatsu Sirion 1.3 D MT vs Proton Iriz 1.3L Standard MT



Berdasarkan literatur masing-masing mobil, Proton Iriz sejatinya punya tenaga lebih besar yang bersumber dari mesin 4 silinder 1.332 cc. Ia mampu menghasilkan 94 dk dan torsi 120 Nm, sedangkan Sirion hanya dapat mencapai 90 dk dengan torsi 117 Nm dari mesin 4 silinder 1.298 cc.

Namun, hasil tes kami mencuatkan fakta yang berbeda. Sirion justru punya kemampuan akselerasi statis yang jauh lebih baik dari Iriz. 0-100 km/jam dituntaskan dalam tempo 10,9 detik saja, Mesin K3-VE secara basis digunakan oleh Daihatsu Xenia yang menggunakan penggerak roda belakang (RWD).

Mesin ini terasa sangat instan ketika diinstruksikan untuk menjadi penggerak roda depan yang lebih minim power loss. Kedigdayaan mesin ini sudah mulai terasa sejak mulai putaran bawah. Berpadu dengan rasio gir rendah memberi keuntungan tersendiri soal kecepatan penghantaran tenaga dari mesin untuk melajukan mobil.

Sementara Iriz harus puas dengan raihan angka akselerasi 0-100 km/jam yang tuntas dalam 12,4 detik. Hal ini menjadi janggal ketika melihat figur tenaganya lebih besar dari Sirion. Setelah kami dalami, salah satu penyebabnya adalah powerband yang kurang merata.

Iriz punya kecenderungan torsi dan tenaga yang baru terasa pada rentang putaran mesin menengah ke atas. Sehingga Anda wajib mempertahankan putaran mesin tinggi untuk mendapat performa terbaiknya.

Pun begitu soal kemampuan olah BBM-nya, Iriz masih harus mengakui keunggulan Sirion di rute dalam kota. Ia dapat berjalan sejauh 14,9 km/l, sementara Sirion 15,2 km/l. Penantang asal negeri jiran ini baru dapat berbangga saat berbicara tentang efisiensi BBM di rute tol. Meski hanya selisih 0,1 km/l, angka 19,3 km/l untuk Iriz dan 19,2 km/l untuk Sirion jadi satu-satunya kelebihan Iriz dalam hal performa.


Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT: 4 bintang
Proton Iriz 1.3L Standard MT: 3 bintang

 

365/44-49(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

umum

Kamis, 14 Juli 2016

Mencoba Daihatsu Sirion di HTD 2016

Kami mencoba Daihatsu Sirion di HTD 2016 kali ini. Daihatsu Sirion dibekali mesin bertipe K3-VE, DOHC VVT-i dengan kapasitas 1.298 cc 4-silinder bertenaga 92 dk dan torsi 120 Nm

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

special-test

Kamis, 14 Juli 2016

Desain Kabin Daihatsu Sirion Terasa Pas dan Nyaman Untuk Perjalanan HTD 2016

Desain kabin Daihatsu Sirion terasa pas dan nyaman untuk perjalanan HTD 2016. Tidak hanya menawarkan perubahan eksterior, Daihatsu Sirion juga menawarkan perubahan desain interior yang membuatnya semakin nyaman, aman dan menyenangkan

knowledge

Kamis, 14 Juli 2016

Tampilan Luar Daihatsu Sirion Terlihat Keren di HTD 2016

Tampilan luar Daihatsu Sirion terlihat keren di HTD 2016 ini. Daihatsu Sirion membawa banyak perubahan pada tampilannya, Ia menawarkan desain yang lebih segar, stylish dan sporty, dipadu dengan sistem keamanan terbaik saat ini

road-test

Jumat, 24 Mei 2013

Daihatsu Sirion, Low Tech Rules

Bermodalkan teknologi 'biasa saja', Daihatsu Sirion mampu bertengger di posisi ke-6. Apa rahasia suksesnya?