AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kesimpulan dan Data Tes Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV A/T di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Kesimpulan Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV A/T

Kesimpulan dan data tes Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV A/T di Indonesia. Inilah hasil akhirnya

Kesimpulan dan data tes Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV A/T di Indonesia. Inilah hasil akhirnya.

Other Facts

PILIHAN TIPE DAN MESIN

Soal variannya, Toyota Camry patut berbangga hati karena ia menjadi satusatunya yang memiliki 3 tipe varian. 2.5 G AT, 2.5 V AT dan Camry Hybrid adalah beberapa pilihannya.

Tidak ada perbedaan berarti soal desain eksterior dari ketiganya, yang membedakan hanyalah mesin yang digunakan Camry Hybrid.

Ia menggunakan mesin 4 silinder 2.494 cc yang menghembuskan tenaga 156 dk. Istimewanya, ia juga dibekali dengan motor listrik yang mampu melontarkan 142 dk.

Mesin dan motor listriknya dapat bekerja secara bergantian pada kecepatan rendah. Namun, ia juga dapat bekerja secara simultan saat anda membutuhkan akselerasi cepat.

Mazda6, Honda Accord, dan Nissan Teana hanya memiliki satu varian saja. Tapi Mazda6 diikuti dengan pilihan warna Soul Red yang harus berbeda 3 juta dari varian standarnya.


RENTANG HARGA

Harga tentu menjadi pertimbangan ketika ingin meminang salah satu dari keempat mobil ini. Mari kita mulai dari Toyota Camry, dengan hadirnya 3 pilihan tipe, ia dijual dengan banderol mulai dari Rp 571,9 juta untuk tipe 2.5 G AT, lalu Rp 599,7 juta untuk tipe 2.5 V AT, dan termahal adalah tipe 2.5 Hybrid yang dibanderol Rp 764,75 juta.

Mazda6 dengan satu tipe yaitu 2.5 AT yang dijual Rp 627,7 juta dan Rp 630,7 juta untuk pilihan warna Soul Red. Honda Accord pun mengandalkan satu tipe yang dilego dengan harga Rp 635,5 juta untuk Accord 2.4L VTi-L ES.

Tak lupa Nissan Teana yang juga mengandalkan satu tipe untuk varian flagship-nya. Ia dihargai paling murah dengan banderol Rp 570 juta.
 

 


Kesimpulan

Setiap mobil memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, dalam pertarungan kali ini, Mazda6 tampak mendominasi untuk urusan keasyikan berkendara, performa hingga fiturnya.

Ini semua berkat lontaran tenaganya yang terbilang paling besar. Hebatnya, ia juga menjadi salah satu yang paling efisien dalam mengolah bahan bakar.

Ia mutlak memenangkan pertarungan ini, apalagi mengingat ia yang paling menyenangkan untuk dikemudikan meski harus mengorbankan kenyamanan karena bantingan suspensinya yang keras.

Tak hanya soal ‘rasa’, Mazda meracik 6 dengan fitur yang lengkap di segmen Big Sedan dengan harga jual yang tidak lebih mahal dari sebuah Accord yang dibanderol Rp 635,5 juta.

Tentu Accord harus puas berada di posisi kedua, penyegaran pada eksteriornya tak banyak mendongkrak untuk mengalahkan Mazda6.

Meski fiturnya juga terbilang cukup banyak, ia harus kalah lengkap dengan Mazda6 yang menetapkan standar cukup tinggi di pertarungan ini.

Bukan berarti ia tak memiliki kelebihan, ia masih terasa lebih lembut dari Mazda6 dengan tawaran kesenangan mengemudi yang cukup baik, walaupun bukan yang paling nyaman dan paling menyenangkan untuk dikemudikan.

Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Toyota Camry dan Nissan Teana. Faktor utama yang menjadi penentu adalah fitur dan desain lebih modern yang melengkapi Camry.

Teana memang dijual dengan harga paling murah dan kenyamanan superior. Sayang soal desain ia memang berkesan paling tua dan Anda perlu jasa seorang ‘sopir’ untuk menikmati kenyamanan yang disuguhkan.

Peringkat Akhir
1 2 3 4
Mazda 6 Honda Accord 2,4L VTI-L ES Toyota Camry 2.5V AT Nissan Teana 250 XV
+: Akselerasi, handling, fitur, fun to drive
-: Bantingan suspensi, layanan after sales, harga
+: Desain eksterior, visibilitas, citra merek
-: Harga, kualitas interior, performa
+: Layanan after sales, kualitas interior, pilihan varian
-: Fitur, handling, performa
+: Kenyamanan, konsumsi bbm, harga
-: Desain, fun to drive, fitur

 

352/36-43(19Okt-1Nov16)

Komentar