AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Kesimpulan dan Data Tes Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Kesimpulan

Akhirnya kita tiba di kesimpulan. Siapa yang lebih baik di antara mobil LCGC dengan harga mirip ini? Akhirnya Toyota Calya G AT hadir sebagai juaranya. Mobil ini tercatat punya keunggulan mutlak di parameter yang kami anggap penting di mobil kelas ini.

Dengan harga jualnya, Toyota Calya mampu menawarkan kenyamanan yang lebih unggul. Jangan lupa, Toyota Calya juga punya tiga baris bangku yang mampu menampung total penumpang 7 orang. Hal ini kami anggap penting. Anda punya kemampuan lebih untuk mengangkut sanak saudara lebih banyak, saat ingin bepergian.

Jika bangku baris ketiga dilipat pun, Toyota Calya punya kapasitas bagasi yang lebih besar. Dengan kapasitas kabin yang besar, kami berpikir mobil ini juga bisa dipakai untuk menunjang kebutuhan transportasi usaha kecil. Misalnya untuk mengangkut makanan di usaha catering.

Fitur-fitur Toyota Calya pun menurut kami sudah sangat lengkap, jika menilik dari harga jualnya. Hadirnya rear air circulator, membuat mobil ini terlihat serius dalam menyajikan fitur yang memanjakan seluruh penumpangnya.

Mesin Honda Brio, harus diakui lebih unggul dibanding mesin Toyota Calya. Tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih besar. Akselerasi 0-100 km/jam lebih cepat, konsumsi bahan bakarnya rute tolnya juga luar biasa. Dengan transmisi CVT, penyaluran tenaga Honda Brio juga lebih halus.

Honda Brio juga lebih menyenangkan saat dikemudikan. Handling-nya tajam, dimensinya kompak sehingga terasa lebih lincah. Meski jadi selera personal, desain Honda Brio juga terlihat lebih ‘anak muda’.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan

 

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan


Others Fact

PILIHAN TRANSMISI

Untuk menawarkan fleksibilitas lebih kepada calon konsumen, kedua mobil ini juga menyediakan pilihan transmisi manual. Keduanya juga sama-sama menggunakan transmisi manual 5 percepatan

Untuk Honda Brio, pilihan transmisi manual 5 percepatan hadir pada pilihan tipe S dan E MT. Sementara, pilihan transmisi manual 5 percepatan hadir di Toyota Calya tipe E MT dan G MT

PILIHAN TIPE & RENTANG HARGA

Toyota Calya boleh berbangga hati dalam banyaknya pilihan tipe. Mobil ini ditawarkan dalam total pilihan 4 tipe. E MT, E AT, G MT, dan G AT sebagai tipe termahal. Sementara Honda Brio Satya hanya tersedia dalam 3 pilihan tipe. S MT, E MT, dan E AT sebagai tipe tertinggi.

Toyota Calya dijual mulai dari harga Rp 132,45 juta untuk tipe termurah E MT. Untuk tipe termahalnya, G AT dijual seharga Rp 150 juta. Di tipe paling rendah, Honda Brio Satya S MT dijual lebih murah dari tipe terendah Toyota Calya. Harga jualnya hanya Rp 130,1 juta. Sementara tipe termahal, Brio Satya E CVT dijual seharga Rp 150,1 juta.

 

Peringkat Akhir

1. Toyota Calya G AT
+ Kenyamanan, fitur, bangku tiga baris
- Body roll saat bermanuver, akselerasi, konsumsi BBM tol


2. Honda Brio Sa tya E CVT
+: Performa, handling, transmisi CVT halus
-: Bantingan suspensi, akomodasi bangku baris kedua, bagasi

 

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar