AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Small Hatchback 1.300 cc

Foto : Arizona Sudiro

Komparasi Daihatsu Sirion 1.3 D MT vs Proton Iriz 1.3L Standard MT



Usaha menghidupkan kembali penjualan Proton di Indonesia berawal dari peluncuran Iriz yang menjadi petarung andalannya di segmen Small Hatchback. Kami pun mempertemukannya dengan Daihatsu Sirion (Perodua Myvi) yang kebetulan menjadi pesaing head to head dengan Iriz di negara asalnya, Malaysia.

Ada alasan mengapa kami hanya mempertemukan kedua mobil ini. Walaupun masih ada Honda Brio, Nissan March, Toyota Etios, dan Mitsubishi Mirage di kelas Small Hatchback ini. Adalah kubikasi mesin berkapasitas 1.300 cc yang diusung keduanya, dan kami beranggapan faktor ini membuat kedua mobil tersebut jadi berimbang.

Syarat berikutnya adalah soal pilihan transmisi dan sebuah Small Hatchback sudah sewajarnya jadi mobil yang menyenangkan untuk dikemudikan. Transmisi otomatis jelas memberikan kenyamanan dan kepraktisan saat harus menghadapi kemacetan, namun transmisi manual memberikan kendali penuh perpindahan gigi pada pengemudi dan praktis meningkatkan faktor kesenangan berkendaranya.

Kemudian ada fakta yang menyebutkan transmisi manual tak memerlukan konverter torsi seperti transmisi otomatis. Karenanya tak banyak energi yang terbuang sebagai efek dari absennya pompa hidraulik. Tak hanya punya bobot lebih ringan, transmisi manual umumnya lebih irit. Maka dari itu, kami memilih varian bertransmisi manual untuk pertemuan kali ini.

Kami menjamin duel Small Hatchback ini akan seru dan sangat menarik untuk diikuti karena kedua kandidat tersebut terlihat menjanjikan dan berimbang di atas kertas. Dua syarat telah ditentukan dan kedua mobil sudah siap untuk diadu. Tunggu apalagi? Langsung kita gelar komparasi Small Hatchback 1.300 cc bertransmisi manual!


On The Road

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan desain Sirion karena kehadirannya yang jauh lebih dulu dibanding Iriz. Hal ini yang membuat Iriz terkesan unik karena bentuknya yang tak lazim dan populasinya yang sangat minim.

Keindahan kaki-kaki sangat berperan penting untuk kedua mobil ini. Desain pelek Sirion secara drastis mengangkat unsur sporti yang diusungnya. Sangat berbeda dengan Iriz, Ia harus puas punya desain pelek yang konservatif dan justru membuat ia terkesan jadul dengan proporsi cingkrang.

 

 

365/44-49(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 8 November 2016

Proton Iriz Akan Meluncur di Indonesia Pada Juni 2017

PT Proton Edar Indonesia akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia di akhir semester 1 tahun 2017. Proton Iriz sudah berhasil melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

bisnis

Jumat, 16 September 2016

Perkiraan Harga Proton Iriz di Indonesia

Apabila benar akan beredar di Indonesia, tentunya Proton Iriz menjadi opsi hatcback terjangkau. Inilah perkiraan harga Proton Iriz di Indonesia

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

umum

Kamis, 14 Juli 2016

Mencoba Daihatsu Sirion di HTD 2016

Kami mencoba Daihatsu Sirion di HTD 2016 kali ini. Daihatsu Sirion dibekali mesin bertipe K3-VE, DOHC VVT-i dengan kapasitas 1.298 cc 4-silinder bertenaga 92 dk dan torsi 120 Nm

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

special-test

Kamis, 14 Juli 2016

Desain Kabin Daihatsu Sirion Terasa Pas dan Nyaman Untuk Perjalanan HTD 2016

Desain kabin Daihatsu Sirion terasa pas dan nyaman untuk perjalanan HTD 2016. Tidak hanya menawarkan perubahan eksterior, Daihatsu Sirion juga menawarkan perubahan desain interior yang membuatnya semakin nyaman, aman dan menyenangkan

knowledge

Kamis, 14 Juli 2016

Tampilan Luar Daihatsu Sirion Terlihat Keren di HTD 2016

Tampilan luar Daihatsu Sirion terlihat keren di HTD 2016 ini. Daihatsu Sirion membawa banyak perubahan pada tampilannya, Ia menawarkan desain yang lebih segar, stylish dan sporty, dipadu dengan sistem keamanan terbaik saat ini

road-test

Jumat, 24 Mei 2013

Daihatsu Sirion, Low Tech Rules

Bermodalkan teknologi 'biasa saja', Daihatsu Sirion mampu bertengger di posisi ke-6. Apa rahasia suksesnya?