AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Desain Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Desain Calya G A/T, Sigra R Deluxe AT dan GO+ Panca T

Komparasi Desain Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia. Pada parameter ini, Datsun GO+ Panca yang lahir lebih awal rasanya akan tertinggal jauh

Komparasi Desain Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia. Pada parameter ini, Datsun GO+ Panca yang lahir lebih awal rasanya akan tertinggal jauh. Dimensi bodi yang ‘tanggung’ membuatnya lebih terlihat seperti estate daripada sebuah MPV.

GO+ juga nampak lebih konvensional tanpa ada tarikan garis tegas seperti terlihat di Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. GO+ hanya bermodalkan lampu utama berukuran cukup besar yang masih halogen.

Sementara di bagian tengah ada gril jaring yang dibingkai unsur krom. Hal ini tentu berbeda dibanding wajah Calya dan Sigra. Keduanya cukup banyak mengaplikasi unsur krom seperti di gril maupun rumah lampu kabut hingga nampak lebih elegan.

Tongkrongan Calya dan Sigra juga terlihat kian sporti berkat dukungan pelek alloy multi palang berukuran 14 inci. Jelas lebih baik dibanding GO+ yang hanya menggunakan pelek kaleng berukuran 13 inci.

Lalu di belakang, ketiganya tampil aerodinamis karena sudah mengadopsi spoiler. Namun sayang pada GO+ belum ada wiper seperti yang sudah diaplikasi oleh Calya dan Sigra.

Masuk ke kabin, Datsun memang tidak pernah mengklaim ini mobil 7 penumpang, melainkan 5+2. Jadi yang Anda dapatkan ialah konfigurasi jok untuk 5 penumpang. Plus tambahan jok lipat mini untuk 2 penumpang tambahan yang tingginya disarankan tidak lebih dari 150 cm.

Hal ini tentu berbeda dengan Calya dan Sigra yang murni untuk 7 penumpang. Kedua mobil ini juga menawarkan ruang pandang yang lega dengan dasbor datar bermotif two tone. Pada Sigra kombinasi hitam dan putih, sementara pada Calya menggunakan warna krem dan hitam.

Sementara dasbor GO+ memang simpel. Ornamen bulat cukup mendominasi seperti pada kisi AC dan juga tombol AC. Menariknya, posisi tuas persneling Sigra dan Calya seolah menuruti jejak tuas persneling GO+ yang ditempatkan di area dasbor.

Desain tuas rem parkir Sigra dan Calya pun kami anggap lebih modern dari Go+. Posisinya berada di area konsol tengah sementara Go+ berada di bawah dasbor dengan sistem tarik yang konvensional.
 

350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar