AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Desain Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Bila merujuk pada desain, kedua mobil ini jelas jauh berbeda. Tapi tetap saja, keduanya sama-sama menawarkan desain yang segar untuk ukuran mobil seharga Rp 150 jutaan.

Selera dan kebutuhan berperan besar ketika melihat desain kedua mobil ini. Brio Satya punya gaya sporti layaknya hatchback. Bentuknya mungil namun punya desain yang khas utamanya di bagian belakang yang bisa dilihat dari pintu bagasi yang semuanya terbuat dari kaca.

Mobil LCGC dari Honda ini baru saja mendapatkan penyegaran luar dalam. Di sisi eksterior Brio Satya mendapatkan paket baru di bagian bumper depan. Desainnya lebih dinamis berkat hadirnya aksen guratan pada ujung bumper.

Saat Anda beranjak ke interior, kesan mobil murah pun seketika musnah. Desain dasbornya kini didominasi tarikan garis tajam dan meninggalkan aura membulat di generasi sebelumnya, yang sudah terlihat ketinggalan jaman.

Head unit double DIN dikelilingi panel hitam mengilap pun membuat Honda Brio Satya tampil sedikit mewah. Meski belum menggunakan AC climate control, panel AC digital Brio terlihat lebih sedap dipandang mata.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Garis-garis tajam mendominasi dasbor Honda Brio Dasbor Toyota Calya kompak dan melandai

Nuansa kabin nan cerah, terpancar dari warna ivory pada bagian dasbor dan juga doortrim. Meski terlihat cerah, pilihan warna ini sangat rentan dari serangan noda.

Calya tentu saja punya desain yang benar-benar fresh di segmen LCGC. Desain gril trapezoidal dengan bahasa desain Keen Look khas Toyota juga dipancarkan di mobil ini. Area air dam pun terlihat cukup besar, sehingga menampilkan aura sporti yang cukup terasa.

Tampilan belakang juga tidak kalah menarik, utamanya berkat penggunaan lens extender di bagian lampu yang mengesankan mobil ini menjadi lebih lebar.

Jika diperhatikan, desain lampu ini mirip sekali kepunyaan Toyota Kijang Innova. Setidaknya, hal ini seolah jadi katrol bagi citra Calya, untuk tidak terkesan murahan.

Coklat menjadi warna dominasi di bagian interior. Mulai dari bagian bangku hingga sebagian warna dasbor yang membedakannya dengan sang kembaran, Daihatsu Sigra.

Semua panel yang terpusat di tengah mulai tuas transmisi hingga panel AC membuat mobil ini jadi sangat ergonomis. Desain dasbor yang landai pun membuat pandangan pengemudi menjadi lebih lapang. Head unit pun sudah mengusung double DIN yang membuatnya kian apik.


HONDA BRIO SATYA E CVT: 3,5 bintang
TOYOTA CALYA G AT: 3,5 bintang

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Rabu, 3 Agustus 2016

Mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan harga murah. Namun Honda Brio Satya E CVT harganya saat ini dibanderol Rp 149,6 juta dan menjadi LCGC termahal. Kami pun dapat kesempatan mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

test-drive

Minggu, 9 Oktober 2016

Tes Drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Menyandang status LCGC, mobil ini banyak bertingkah. Namun selayaknya anak muda, dari situlah ia meraih eksistensi diri. Auto Bild lakukan tes drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

umum

Senin, 17 Oktober 2016

Perbandingan Performa Honda Brio RS Dengan Honda Brio Satya

Kami melakukan perbandingan performa Honda Brio RS dengan Honda Brio Satya. Di atas kertas, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS memiliki spesifikasi mesin yang serupa. Keduanya menggunakan mesin 1.198 cc 4-silinder dengan tenaga 90 dk

umum

Jumat, 3 Juni 2016

Inilah Sebab Supensi Honda Brio RS Lebih Keras Daripada Honda Brio Satya

Inilah sebab suspensi Honda Brio RS lebih keras daripada Honda Brio Satya. Selain perubahan eksterior, interior dan mesin, khusus pada Honda Brio RS mempunyai pengaturan suspensi yang lebih rigid dari Honda Brio Satya

first-impresion

Selasa, 13 September 2016

Mencoba Impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia

Auto Bild mencoba impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia. Mengambil basis dari Agya, kami pikir style Toyota Calya akan senada dengan adiknya tersebut. Ternyata dugaan kami salah. Mengapa?

mobil-baru

Selasa, 24 Mei 2016

Toyota Calya Adalah Nama MPV LCGC Toyota Terbaru di Indonesia

Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut