AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Fitur Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Fitur Calya G A/T, Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T

Berikut hasil komparasi fitur Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia. Sebagai varian pamungkas, baik Calya G AT dan Sigra R Deluxe AT tentunya harus memberikan perbedaan khusus

Umumnya mobil LCGC, tentu tak terlalu banyak fitur diberikan. Namun sebagai varian pamungkas, baik Calya G AT dan Sigra R Deluxe AT tentunya harus memberikan perbedaan khusus. Terlebih rival yang dihadapinya, GO+ sudah beredar lebih dulu yang menyuguhkan fitur apa adanya.

Seperti kebanyakan mobil modern, GO+ memang sudah mengadopsi Electric Power Steering (EPS). Namun hal tersebut juga sudah diaplikasi kedua rivalnya Sigra dan Calya.

Urusan hiburan, sistem audio Calya dan Sigra sudah menggunakan head unit lebih lengkap. Sedangkan pada GO+ masih mengusung model Single DIN berkemampuan CD player plus tambahan port USB dan AUX.

Sementara itu, suguhan informasi berken dara yang tersaji di MID GO+ memang cukup baik. Selain ada rata-rata konsumsi BBM, tersedia juga MID real time untuk mengatur ritme berkendara.

Instrumen cluster Calya dan Sigra lebih atraktif Pada Sigra dan Calya tersedia power outlet 12V di bangku baris kedua Tersedia satu tuas untuk melakukan pelipatan bangku

Setali tiga uang, MID di Calya dan Sigra juga sudah didesain sederhana namun cukup informatif. Bahkan tambahannya ada indikator Eco yang memandu pengendara untuk mengemudi secara efisien.

Soal fitur keselamatan pada kabin, Toyota Calya menjadi yang terbaik dengan menerapkan seatbelt 3 titik pada seluruh penumpang.

Sigra menerapkan seatbelt 3 titik hanya pada baris pertama dan kedua, yang baris kedua pun hanya di kanan dan kiri sementara di bangku tengahnya 2 titik. Lalu untuk bangku baris ketiga, Sigra menggunakan seatbelt 2 titik saja.

Sedangkan GO+ Panca, seatbelt 3 titik ada pada dua penumpang depan dan di baris kedua kanan-kiri. Sisanya, di baris kedua yang tengah dan baris ketiga hanya mendapat seatbelt 2 titik.

Kemudian untuk sistem pengereman, pada Calya dan Sigra juga sudah meng adopsi rem ABS yang notabene tidak dimiliki GO+.

Calya dan Sigra sudah tersedia rem ABS Headunit Calya dan Sigra model Double din terasa lebih lengkap Pengaturan power window di GO+ hanya untuk satu pintu

Keduanya juga sudah dilengkapi dual airbags di sisi pengendara dan penumpang depan. Hal ini tentu lebih baik dimana GO+ Panca T Option ini belum satu sisipun menggunakan airbag.

Namun, untuk kemudahan parkir, baik GO+, Calya dan Sigra sudah menanamkan sensor parkir di belakang. Bahkan pada Calya dan Sigra juga sudah ditempatkan di bagian bumper depannya.

Tambahan lain di Calya dan Sigra sudah ada soket power 12V di bangku baris kedua agar penumpang bisa mengisi ulang daya gadgetnya.

Fitur tambahan yang diberikan Calya dan Sigra ialah air circulator yang berfungsi untuk membantu mendistribusikan udara dingin dari depan ke penumpang belakang. Ini menjadi nilai lebih karena Go+ hanya meng andalkan ventilator dari depan.

 

350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar