AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Fitur Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Dari segi fitur, Toyota Calya kembali menunjukan tajinya. Bagaimana tidak, sejumlah fitur penting sudah terpasang pada MPV Rp 150 juta ini.

Pertama kami ulas soal sistem hiburan di kabin. Kedua mobil ini samasama dilengkapi head unit model double DIN, meski belum dilengkapi layar monitor. Keduanya sama-sama bisa memutar CD serta memainkan lagu digital lewat port USB atau AUX.

Kelebihan hadir pada head unit yang digunakan Toyota Calya. Di dalamnya sudah tersemat fitur dual Bluetooth. Melalui fitur ini, Anda bisa koneksikan dua smartphone sekaligus meski hanya bisa digunakan secara bergantian.

Untuk fitur keselamatan, keduanya memang sama-sama dilengkapi Dual SRS Airbags. Tapi jika bicara seatbelt, Calya lebih lengkap. Setiap penumpang di semua bangku mendapatkan seatbelt tiga titik.

Sementara Brio Satya untuk penumpang tengah di bangku baris kedua hanya mendapatkan jatah seatbelt dua titik. Bagi Anda keluarga baru yang punya anak kecil, Calya juga melengkapi dirinya dengan ISOFIX di bangku baris kedua yang berfungsi untuk pengunci atau pegangan childseat.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Head unit Brio mendukung koneksi iPod AC digital membuat dasbor Brio terlihat mewah

Bangku baris ketiga milik Toyota Calya, tentu juga jadi fitur berharga. Fitur ini juga mustahil dimiliki atau ditambahkan pada Honda Brio.

Sebagai mobil 7 penumpang, tak salah jika Calya dilengkapi rear air circulator. Fungsinya tentu saja untuk mempercepat embusan udara dingin yang merata hingga ke bangku baris ketiga.

Brio Satya memang tidak membutuhkan rear air circulator. Sebagai gantinya, mobil ini disematkan sistem AC digital yang membuatnya lebih terlihat mewah untuk kelas mobil LCGC.

Oh ya selain itu, Calya juga punya fitur one touch tumble di bangku baris kedua. Hanya sekali sentuhan saja, bangku di baris kedua bisa terlipat sempurna ke depan, sehingga mempermudah akses masuk dan keluar penumpang yang ada di bangku baris ketiga.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik di Calya, untuk penumpang di bangku baris kedua tersedia pula lighter charger. Jadi tak perlu berebut dengan penumpang depan untuk mendapatkan slot power supply untuk mengisi ulang daya smartphone.

Soal bagasi pun Toyota Calya punya kelebihan. Saat kami menyetel Toyota Calya hanya punya dua baris bangku seperti Honda Brio, kapasitas bagasi Toyota Calya pun jauh lebih besar dibanding Honda Brio.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Head unit Calya punya duak koneksi Bluetooth Rear Air Circulator mempercepat embusan udara dingin di kabin


HONDA BRIO SATYA E CVT: 3 bintang
TOYOTA CALYA G AT: 4 bintang

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar